7 Cara Memperbaiki Speaker HP Kemasukan Air

WEARE.ID – 7 Cara Memperbaiki Speaker HP Kemasukan Air Bagi kalian yang sekarang ini mengalami salah satu insiden yang sangat tidak diharapkan yaitu HP kemasukan air terutama di bagian speaker, maka alangkah baiknya untuk mengikuti tutorial kami berikut ini tentang cara memperbaiki speaker HP kemasukan air dimana cara ini menjadi salah satu cara terbaik dalam memperbaiki speaker HP tersebut dan pastinya bisa kalian coba di rumah.

Memperbaiki speaker HP kemasukan air memang menjadi salah satu hal yang pastinya sangat sulit untuk dilakukan akan tetapi kalian bisa mencoba beberapa cara berikut ini untuk mengatasi speaker HP kemasukan air yang dijamin bisa dilakukan oleh siapapun dan cara ini merupakan langkah terbaik yang harus kalian lakukan apabila mengalami masalah tersebut. Apalagi sekarang ini, sejumlah daerah sedang musim hujan dan bisa saja HP yang kalian miliki terjatuh dan selanjutnya kemasukan air maka solusi yang harus kalian lakukan yaitu dengan mengikuti langkah berikut ini.

Ketika smartphone kemasukan air maka biasanya akan memunculkan berbagai masalah pada speaker smartphone seperti fungsi yang terganggu, suara yang menjadi kecil, munculnya noise, dan yang paling parah sistem suara pada smartphone kalian malah tidak berfungsi dan tidak bisa lagi mengeluarkan suara.

Memperbaiki Speaker HP Kemasukan Air

Untuk kalian yang penasaran tentang bagaimana cara mengatasi dan memperbaiki speaker HP yang kemasukan air, maka silahkan untuk mengikuti beberapa langkah berikut ini dan dijamin mudah untuk dilakukan.

Baca Juga   4 Langkah Menonaktifkan Windows Update

Cek volume handphone

Langkah pertama yang harus kalian lakukan ketika handphone terkena air maka kalian harus melakukan check volume handphone terlebih dahulu apakah suara jika volume dinaikan akan normal dengan suara yang tinggi atau malah tetap saja atau semakin pelan. Untuk langkah pertama ini kalian harus fokus pada sistem suara yang ada pada smartphone sehingga kalian bisa mengetahui terkait kerusakan yang ditimbulkan pada sistem suara smartphone yang terkena air tersebut.

Speaker dengan kode

Selanjutnya kalian pun dapat melakukan uji coba untuk melakukan tes speaker handphone yaitu dengan kode rahasia dan untuk cara ini bisa digunakan pada beberapa smartphone dan untuk kodenya yaitu dengan sarah sebagai berikut:

  1. Silakan buka dial-up
  2. Selanjutnya ketik kode berikut ini: *#*# 64663#*#*
  3. Selanjutnya kalian akan dibawa ke pengaturan bawaan Smartphone untuk kode test speaker dan di lokasi tersebut kalian bisa mengetahui apakah speaker handphone rusak atau tidak dikarenakan dengan melakukan kode ini maka speaker HP akan dipaksa untuk menyala.

Membersihkan speaker

Langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan apabila speaker terkena air atau kemasukan air maka kalian harus membersihkan di bagian stiker di Smartphone baik menggunakan jarum atau sejenisnya dan selanjutnya kalian bisa membersihkan di bagian luar agar bisa menghilangkan suara kresek dari speaker.

Harus kalian ingat untuk membersihkan speaker haruslah hati-hati jangan sampai terlalu keras akan tetapi membersihkan secara pelan agar sisa air bisa hilang.

Mengeringkan menggunakan hair dryer

Apabila kalian mempunyai hair dryer maka alat ini bisa digunakan untuk mengeringkan smartphone yang terkena air dengan cara kalian tinggal menyalakan hair dryer dan selanjutnya Arahkan ke bagian stiker smartphone untuk mengeringkan dan lakukan hal tersebut sampai dikira smartphone kalian sudah kering.

Baca Juga   Cara Transfer Pulsa Sesama Telkomsel

Mengeringkan menggunakan kipas angin

Jika kalian tidak mempunyai hair dryer maka kipas angin yang ada di rumah bisa digunakan untuk mengeringkan HP yang terkena air walaupun pastinya sangat direkomendasikan untuk membuka casing terlebih dahulu agar luar dan dalam bisa cepat kering dan selanjutnya kalian fokuskan untuk mengeringkan di bagian speaker smartphone.

Mengeringkan dengan beras

Cara yang paling banyak dilakukan ketika smartphone masuk ke dalam air atau smartphone terkena air yaitu mengeringkan dengan lap, atau menggunakan beras dengan cara yang sangat mudah.

Silakan kalian mempersiapkan beras secukupnya atau sekitar 1 mangkuk setelah itu silakan lepas casing HP bersama baterai apabila baterai bisa dibuka Dan untuk baterai tanam kalian tinggal memasukkan HP ke dalam mangkuk beras dan silakan timbun HP di dalam beras dalam waktu semalaman, namun yang paling direkomendasikan sampai 3 hari.

Selanjutnya smartphone kalian apabila beruntung biasanya akan nyala kembali dan tanpa menyisakan air di dalam HP.

Membawa ke tukang service

Jika seluruh langkah diatas tidak bisa memperbaiki dan mengatasi speaker HP kemasukan air, maka yang sangat direkomendasikan untuk langkah terakhir yaitu dengan membawa ke tukang service smartphone dikarenakan bisa saja ada Beberapa elemen HP yang harus diganti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share