Memperbaiki Unable to Load the Requested File

Assalamualaikum teman teman, selamat datang kembali diblog yang sederhana ini. Kali ini kita akan membahas tentang error yang terjadi pada Framework Codeigniter. Codeigniter adalah salah satu framework website yang berbasis PHP. Error yang akan kita bahas disini adalah unable to load the requested file. Pada beberapa waktu lalu, ada teman grup difacebook yang bertanya tentang upload file webnya ke hosting yang error. Kebetulan waktu itu saya bersedia membantunya, dan saya memberikan hosting saya untuk digunakan mengupload webnya. Sayapun langsung meminta filenya untuk saya upload kehosting dan melakukan konfigurasinya. Sangat mengejutkan, hasilnya adalah error dengan pesan unable to load the requested file: templates/header.php. Saya langsung menuju file error yang ditunjuk, dan sama sekali saya melihat tidak error.

Sayapun mencari cara untuk memperbaikinya melalui mesin pencari. Sudah banyak website saya baca, tetapi tidak ada yang berhasil, atau mungkin saya kurang mengerti karena semua menggunakan bahasa inggris. Saya tidak menyerah begitu saya. Sayapun mencari bantuan ke ahli provider layanan sebuah hosting, saya mempertanyakan dimana kesalahannya. Ketika CS provider melihat error, diapun mencoba melihat dan sangat lama akhirnya dia mengatakan bahwa dia belum menemukan kesalahannya.

Pada akhirnya CS tersebutpun mengatakan bahwa kesalahannya adalah sepele, bukan pada listing scriptnya, melainkan nama filenya tidak sama dengan nama file dipemanggilannya. Dalam kasus ini, errornya adalah unable to load the requested file: templates/header.php, dimana pada controllernya dipanggil dengan nama header, sedangkan namanya adalah Header dengan huruf besar diawal, sehingga terjadi error unable to load the requested file: templates/header.php, artinya file header.php tidak ada, karena yang ada Header.php.

Jadi, jika teman teman mengalami error seperi unable to load the requested file: templates/header.php, maka ubahlah nama file Header.php menjadi header.php dan sebaliknya, begitu juga dengan file file yang lain, cara kerjanya adalah sama. Atau bisa juga mengubah dibagian pemanggilannya, misalnya dalam kasus ini, error unable to load the requested file: templates/header.php memiliki pemanggilan di folder aplication/core/MY_controller.php yang memiliki listing

<?php if ( ! defined('BASEPATH')) exit('No direct script access allowed');
class MY_Controller extends CI_Controller{
	function render_page($content, $data = NULL) {

		$data['header'] = $this->load->view('template/header', $data, TRUE);
		$data['isi'] = $this->load->view($content, $data, TRUE);
		$data['footer'] = $this->load->view('template/footer', $data, TRUE);

		$this->load->view('template/main', $data);
	}
}
?>

Anda bisa mengubah pemanggilan dengan nama file yang benar, jika nama file huruf besar, maka ubah jadi huruf besar, begitupula dengan sebaliknya.

Ini adalah keselahan sederhana, tapi sangat fatal, bisa saja kita oprak aprik listing program jika pemanggilannya salah, maka sama saja akan terjadi error.

Bagi teman teman yang menggunakan Framework Codeigniter agar memperhatikan hal hal sebagai berikut. :
1. Mengubah base_url pada file config.php agar base_url disesuaikan dengan url websitenya. karena banyak yang mengabikan ini ketika beralih dari localhost ke hosting, alih alih akan membuat web berantakan.
2. Agar sangat memperhatikan antara nama file dengan script pemanggilan, jangan sampe nama file huruf besar, tetapi yang dipanggil huruf kecil.
3. Menyesuakian dengan database.

Nah itulah dia cara mengatasi error unable to load the requested file pada Codeigniter. Untuk selanjutnya agar selalu hati hati dan selalu memperhatikan baris program dan menyesukaikan pemanggilan setiap program. Semoga artikel ini dapat membatu.

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

4 tanggapan untuk “Memperbaiki Unable to Load the Requested File

  • 27 Juni 2018 pada 09:22
    Permalink

    Sedikit saja slip membuat runyam urusan ya

    Mungkin kamu tahu kenapa teman-teman yang follow blog saya tdk mendapat pembaruan post di reading list (daftar bacaan)

    Balas
    • 27 Juni 2018 pada 22:23
      Permalink

      Saya mecoba follw blogmu, dan mnamikan artikel kamu tetap artiel lama. Mugki isa diceklewat pemberitahuanaan akun yang ada disudut kanan atas

      Balas
      • 28 Juni 2018 pada 10:16
        Permalink

        Betul gitu sob, cuma artikel lama yang muncul saya jadi bingung

        awalnya saya suka gonta ganti template, berimbas eror di reading list

        Sudah mencoba cari tahu tetap belum berhasil 😞

        Balas
        • 28 Juni 2018 pada 20:59
          Permalink

          Mungkin bisa dicoba template an fulasl tanpa editan dar pihak ketiga. karena anyak yang share template yang sudah diedit edit

          Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.