5+ Cara Memperkecil Ukuran File PDF Termudah

Selamat datang dan selamat membaca disitus blog yang saya cintai ini. Baiklah teman teman sekalian pada tulisan kali ini saya akan membahas bagaimana cara memperkecil ukuran PDF dengan mudah, baik yang bisa dilakukan secara offline, maupun secara online. Mengecilkan ukuran file PDF bukanlah hal yang rumit, bisa dilakukan dengan mudah hanya dalam satu menit saja.

Pernah lihat atau bahkan merasakan sebuah persyaratan dokumen yang akan diupload harus memiliki ukuran yang kecil? Saya kira Anda yang membaca ini pasti pernah, sehingga melihat dan membaca tutorial kita ini. Ketika ukuran suatu file dikecilkan, maka dengan mudah file itu di transfer serta menghemat data penyimpanan.

Sebelum melangkah jauh, saya akan memberikan sedikit fungsi ataupun tujuan kenapa sih harus dikecilkan ukurannya. Padahal mengecilkan itu memperpanjang waktu kerja.

Fungsi mengecilkan ukuran file PDF

  1. Menghemat penyimpanan memori
  2. Menghemat penggunaan data yang banyak saat mengirim dan menerima file
  3. Mempermudah dan mempercepat transfer file
  4. Lebih memudahkan dalam pengolahan ketika jumlah banyak
  5. Untuk mengurangi beban kerja mesin komputer atau server

Teman teman bakalan banyak menjumpai hal hal yang berkaitan dalam mengecilkan file PDF ini. Sebut saja ketika mengirimkan lamaran kerja, mempublish makalah atau jurnal, dan masih banyak lagi.

Memperkecil ukuran PDF gratis dengan mudah

Ada banyak seklai aplikasi dan tools yang bisa digunakan untuk mengecilkan file PDF. Mengecilkan ukuran file bisa secara offline mnggunakan aplikasi yang sudah diinstall di komputer. Juga seara offline tersedia banyak tools untuk melakukan compress file PDF dengan mudah dan gratis. Baiklah langsung saja ke tutorialnya dibawah ini.

Baca Juga   Cara Mengubah PDF ke Word Lengkap

Mengecilkan file PDF secara offline

Untuk melakukan compress secara offline atau internet, maka Anda harus menginstall salah satu aplikasi yang akan Anda ikuti tutorialnya seperti dibagian bawah. Pada tutorial kali ini, compress file pdf hanya bisa dilakukan melalui perangkat komputer atau laptop.

Menggunakan Microsoft Office Word (2013 – Terbaru)

Saya yakin semua orang tidak asing lagi dengan Microsoft office. Kita bisa mengecilkan ukuran PDF dengan menggunakan Office word dengan versi 2013 ke atas. Tapi lebih cocok menggunakan versi office word terbaru. Caranya adalah sebagai berikut.

1. Bukalah aplikasi Microsoft Word Anda, setlah itu klik menu open, jika tidak ada menu open buka dari menu file lalu pilih open, lalu klik browse untuk mencari filenya.

memperkecil ukuran pdf

2, Langkah selanjutnya, bukalah file PDFnya, jika muncul peringatan klik saja tombol OK. Setelah filenya terbuka, maka otomatis berubah menjadi dokumen word.

3. Selanjutnya adalah simpan dokumen wordnya dengan cara klik menu file, lalu pilih bagian Save as atau klik Ctrl + S, cari folder dimana ingin disimpan dan buat nama filenya agar mudah diingat.

Perhatikan bagian Optimize for, pilih yang Minimum size (publishing online), lalu simpan. Maka sekarang file PDF sudah berhasil disimpan dan diperkecil. Silahkan lihat perbandingan ukuran filenya.

memperkecil ukuran pdf dengan word

Perbandingan hasil kompres ukuran file PDF menggunakan word sebelum dan sesudah. Ukuran awal adalah 4,6 MB, setelah dikecilkan menggunakan word menjadi 2,9 MB. Jika cara ini kurang memuaskan coba cara selanjutnya.

Menggunakan Free PDF Compressor

Aplikasi ini adalah aplikasi yang gratis dan aman digunakan. Cara menggunakannyapun sangat mudah karena aplikasi ini didesain dengan sederhana dan mudah dipahami. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

1. Silahkan donwload aplikasinya di freepdfcompressor.com, setelah didownnload langsung saja install dan buka aplikasinya.

2. Setelah aplikasinya terbuka, maka pada bagian PDF file silahkan cari dan pilih file pdf yang akan dikecilkan ukurannya. Lalu pada output file klik tombol save as dan simpan di folder yang diinginkan, jangan lupa beri nama agar mudah mencari filenya.

3. Langkah terakhir adalah klik tombol Compress, tunggu prosesnya selesai. Jika sudah selesai carilah filenya, dan bandingkan ukurannya dengan aslinya.

memperkecil ukuran pdf dengan FPC

Pada percobaan ini, saya mengkompres PDF dengan ukuran awal 4,6 MB, setelah dikompres ukurannya menjadi 3,3 MB. Jika cara ini belum memuaskan, coba lagi cara selanjutnya.

Mengecilkan file PDF secara online gratis

Kita juga bisa memperkecil ukuran sebuah file PDF secara online dan gratis. Yang perlu dipersiapkan adalah koneksi internet yang cukup dan file PDF yang akam dikompres. Karena cara ini terbilang mudah, jadi langsung saja kita ke tutorialnya seperti dibawah ini.

Menggunakan Smallpdf

Tools pertama yang bisa Anda gunakan untuk mengecilkan file PDF adalah smallpdf. Smallpdf ini sudah sangat terkenal dikalangan masyarakat karena memang banyak digunakan. Berikut ini cara mengecilkan ukuran pdf menggunakan smallpdf secara online.

1. Langkah pertama adalah kunjungi situs smallpdf.com dan pilih bagian Compress PDF.

2. Klik di bagian drop file here dan cari file PDF yang ingin dikecilkan ukurannya. Tunggu proses upload selesai.

memperkecil ukuran pdf smallpdf

3. Jika proses upload selesai, maka proses kompres sudah selesai, dan klik tombol downloadnya,

Jika sudah berhasil didownload cari filenya dan lihat ukuran setelah di kompres. Pada percobaan ini saya mengkonversi PDF yang ukuran awalnya 4,6 MB, setelah dikecilkan dengan smallpdf menjadi 2,8 MB. Jika cara ini belum memuaskan, coba lagi cara berikutnya.

Menggunakan ILovePDF

ILovePDF adalah tools untuk mengolah pile PDF secara online dengan mudah. Tools ini jugalah sebagai andalan dan favorit saya dalam mengolah file PDF untuk berbagai keperluan. Adapun langkah langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Silahkan kunjungi situs ilovepdf.com untuk mengkompres ukuran file PDF. Pada halaman yang muncul klik bagian compress PDF.

2. Klik tombol select PDF file, lalu pilih pdf yang akan di compress. Lalu klik tombol compress PDF lalu tunggu proses kompres selesai.

memperkecil ukuran pdf menggunakan ilovepdf

3. Jika sudah silahkan download file hasil kompres dengan menekan tombol downloadnya. Lalu cari filenya dan lihat ukuran hasil compressnya.

Pada percobaan ini saya mengecilkan pdf dari ukuran awal 4,6 MB, setelah dicompress dengan ilovepdf menjadi 2,6 MB.

Menggunakan PDFResizer

PDFResizer adalah tools yang dapat Anda gunakan untuk mengecilkan file PDF. Saya juga sudah mencobanya dan hasilnya sangat memuaskan. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

1. Silahkan kunjungi situs pdfresizer.com/resize dan buka tab Resize PDF. Selanjutnya klik browse dan pilih pdf yang ingin dikecilkan, lalu klik tombol Upload

memperkecil ukuran pdf dengan pdfresizer

2. Pilih bagian low seperti gambar berikut, lalu klik look good…. dan pdf hasil kompres bisa dilihat beserta ukurannya. Klik tombol download untuk menyimpannya. Terlihat ukuran wal PDF adalah 4,6 MB (sebenarnya 4.600 Kb, biar mudah saya tulis 4,6 MB) dan hasilnya adalah 2,4 MB.

Kita sudah berhasil melakukan compress ukuran file PDF dengan berbagai jenis tools diatas. Sebagai perbandingan dan kesimpulan, dibawah ini saya tampilkan perbandingan ukuran PDF setelah di kecilkan menggunakan cara diatas. Perbandingan ini bertujuan memberikan kesimpulan kepada Anda tools mana yang lebih cocok untuk digunakan.

Perbandingan ukuran hasil kompres

Demikianlah tutorial kita kali ini. Jika Anda masih bingung atau gagal jangan lupa beritahu dan berikan masukan Anda lewat kolom komentar di bawah postingan ini.

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share