Cara Mendaftarkan Website atau Blog ke Google Webmasters

Mendaftarkan website atau blog ke Google Webmasters bukanlah hal yang sulit. Memang terdapat perbedaan sekarang dengan yang dulu. Webmasters sendiri adalah tools yang digunakan untuk melihat perkembangan situs di pencarian Google. Bukan hanya itu, dengan webmasters kita bisa melakukan pengindekan terhadap situs blog agar cepat tercrwal oleh serp Google.

Bagaimana cara agar blog banyak pengunjung? Bagaimana cara agar blog saya ada dihalaman pertama? Dan masih banyak lagi pertanyaan pertanyaan yang sering kita jumpai di forum blogger. Jawaban sederhana dari ertanyaan tersebut adalah dengan cara verifikasi blog ke Google Webmasters. Selain itu, salah satu tips meningkatkan SEO adalah mendaftarkan blog ke webmasters tools. Itulah sebabnya kita penting untuk mendaftarkan dan melakukan verifikasi doain ke webmasters.

Cara Mendaftarkan Website atau Blog ke Google

Sebelum mendaftar pastikan Anda sudah memiliki akun gmail. Karena kita menggunakan akun gmail sebab ini adalah produk google.Tanpa panjang lebar, disini saya langsung menjelaskan bagaimana cara mendaftar ke webmasters. Berikut ini langkah langkahnya.

Mendaftarkan Blogger ke Webmasters

1. Gunakan akun gmail Anda, jika belum silahkan daftarkan dulu. Cara Mendaftarkan Gmail Di HP Android

2. Kunjungi dan masuk ke halaman https://www.google.com/webmasters/

3. Selanjutnya klik masuk, maka jika akun masih baru akan terlihat halaman selamat datang di Google Webmasters. Pilih pada bagian kanan awalan URL dan masukkan alamat blog kamu.

Mendaftarkan Website atau Blog ke Google

4. Selanjutnya akan muncul permintaan verifikasi. Scroll ke bawah dan klik pada bagian tak HTML seperti pada gambar dibawah. Selanjutnya salin tak HTMLnya

Mendaftar Webmasters

5. Buka blogger, lalu masuk ke menu Template atau Theme. Dan klik edit HTML

Edit HTMl Blogger

6. Selanjutnya cari tak <head> dan letakkan dibagian bawahnya, atau cari tak </head> dan letakkan diatasnya. Untuk mencari tak, klik dulu di bagian edit html, lalu tekan Ctrl + F di komputer kamu, lalu dikotak tersedia ketikkan tak yang ingin dicari. Biar terlihat rapi, tak HTMLnya diletakkan di bawah meta tak lainnya. Jangan lupa simpan perubahan di blogger.

Verifikasi Blogger ke Webmasters

7. Kembali ke tab Google Webmasters sebelumnya, lalu klik tombol Verifikasi. Tunggu proses pengecekan selesai. Selanjutnya tekan buka properti untuk masuk ke dasbor webmasters.

Verifikasi Blog ke Google Webmasters

Selanjutnya adalah menambahkan sitemap.xml blog agar cepat di indeks oleh google. Caranya bisa dilihat dibagian bawah postingan ini.

Baca Juga   Pengertian dan Cara Menguji Situs Mobile Friendly

Mendaftarkan WordPress ke Webmasters

Sebenarnya cara untuk mendaftarkan blog wordpress ke webmasters sama saja dengan cara di blogger. Namun di wordpress memiliki lebih dari satu metode verifikasi, seperti metode domain, dan juga awalan url dengan cara upload file html.

Metode upload file HTML

1. Seperti langkah pada blogger, masuk ke webmasters, lalau pada bagian kanan awalan URL masukkan alamat blog kamu. Selanjutnya klik next.

Mendaftar Webmasters

2. Lalu download file HTMl yang telah disediakan.

Verifikasi dengan Upload file HTML

3. Masuk ke cpanel dimana wordpress Anda terinstall. Selanjutnya masuklah ke file manager. Klik tombol upload lalu upload file HTML tadi.

Verifikasi Blog ke Google Webmasters

4. Kembali ke halaman webmasters, lalu tekan tombol verifikasi. Jika selesai maka tekan tombol bukan properti untuk menuju ke dasbor.

Metode verifikasi Domain

Metode ini adalah metode terbaru yang dikeluarkan oleh Google. Keuntungan metode ini adalah dengan mendaftarkan domain utama, maka otomatis semua domain dan subdomain yang berinduk ke domain utama terdaftar sehingga tidak perlu mendaftarkan lagi. Metode ini berlaku untuk wordpress, blogger, maupun domain lainnya. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

1. Buka halaman webmasters tools. Selanjutnya pada bagian kiri pada kotak domain masukkan nama domain saja tanpa embel embel https dan www. Selanjutnya klik tombol next

Verifikasi Domain di Webmasters

2. Selanjutnya salin kode TXT yang sudah disdiakan oleh google.

Kode TXT Webmasters

3. Buka akun dimana domain Anda terdaftar. Selanjutnya buka menu setiing DNS atau DNS management Anda. Selanjutnya tambahkan TXT record, ingat jangan sampe salah.

Pengaturan DNS Domain

Pada hostname isi @, dan pada destination atau tujuannya isi dengan kode TXT dari webmasters, selanjutnya klik save.

4. Kembali ke tab webmasters dan klik tombol verifikasi, lalu klik buka properti untuk menuju dasbor webmasters.

Baca Juga   Cara Menulis Artikel Blog Yang Berkualitas

Menambahkan Sitemap ke Webmasters

Sitemap berisikan file url postingan yang ada diblog kita. Dengan menambahkan sitemap.xml maka webmasters lebih cepat mengindex kemungkinan seluruh isi blog kita. Adapun caranya adalah sebagai berikut

1. Buka menu Siteaps di dasbor webmasters. Lalu masukkan sitemap.xml di kolom yang sudah disediakan. Ingat hanya masukkan sitemap.xml saja. Lalu klik submit.

Menambahkan Sitemap di Webmasters

2. Sekarang sitemap blog Anda sudah berhasil ditambahkan ke webmasters dan siap dikirim untuk pengindekan oleh Google.

3. Untuk menguji dan meminta pengindekan, Anda bisa melakukannya di menu inpeksi URL/URL inspection. Lalu masukkan url atau link yang ingin di indeks.

Inpeksi URL Webmasters

Sekarang tutorial kita sudah berhasil. Jika Anda mengalami kendala pastikan membaca petunjuk kembali, jangan ketinggalan satu langkah sekalipun. Jika ada pertanyaan jangan lupa sampaikan di kolom komentar. Demikianlah artikel kali ini, semoga bisa membantu teman teman sekalian.

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

Satu tanggapan untuk “Cara Mendaftarkan Website atau Blog ke Google Webmasters

  • 7 Juli 2019 pada 09:12
    Permalink

    Wah bahasanya nyaman gan dan toturialnya lengkap

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share