5 Langkah Mengaktifkan Fitur 2FA Aplikasi Zoom

Mengaktifkan Fitur 2FA Aplikasi Zoom – Bagi kalian yang biasa menggunakan aplikasi Zoom untuk berinteraksi baik dengan teman sepekerjaan ataupun teman media sosial dan juga teman sekolah, maka Belum lama ini perusahaan Zoom kembali melakukan update terbaru mereka terutama untuk bagian security yaitu dengan menambahkan fitur keamanan autentikasi dua faktor atau yang biasa dikenal dengan Fitur 2FA. Maka bagi kalian yang belum mengetahui bagaimana cara mengaktifkan Fitur 2FA aplikasi Zoom, bisa melihat tutorialnya yang akan kami bahas pada artikel kali ini.

Mengaktifkan Fitur 2FA Aplikasi Zoom terbilang sangat mudah dikarenakan kalian tinggal mengikuti 5 langkah yang akan kami bahas pada artikel kali ini dan dengan mengaktifkan fitur keamanan terbaru dari aplikasi meeting online tersebut, maka bagi kalian para Admin Zoom bisa lebih leluasa dan juga bisa lebih nyaman dan aman untuk mengaktifkan fitur ini ini dikarenakan bisa memberikan kemudahan bagi para pengguna untuk melindungi data yang ada pada aplikasi tersebut.

Fitur autentikasi dua faktor pertama kali dirilis pada hari Senin 14 September 2020 dimana melalui website resmi mengatakan jika fitur keamanan ini direkomendasikan untuk diaktifkan bagi para pengguna aplikasi Zoom supaya mereka bisa membuktikan kepemilikan akun melalui dua atau lebih bukti yang sahih atau yang benar sehingga ketika menggunakan aplikasi ini tidak digunakan untuk hal yang tidak baik.

Selanjutnya untuk autentikasi ini bisa berupa sesuatu yang diketahui oleh para pengguna misalnya saja kata sandi atau penggunaan pin ataupun para pengguna bisa menggunakannya melalui sidik jari sampai security wajah. Sehingga dengan adanya Zoom 2FA, akan memberikan keamanan yang lebih ketat bagi siapapun yang menggunakan aplikasi meeting online tersebut.

Baca Juga   Cara Menghapus Glance Wallpaper Xiomi Termudah 2020

Fungsi Fitur 2FA Aplikasi Zoom

Untuk kalian yang belum mengetahui Apa saja fungsi dan juga pengertian dari fitur terbaru yang belum lama ini dirilis oleh perusahaan aplikasi Zoom, maka penjelasannya adalah sebagai berikut.

Fungsi Fitur 2FA Aplikasi Zoom yaitu akan memberikan perlindungan keamanan ganda dari tindak kejahatan cyber dengan menambahkan lapisan keamanan super extra yang berfungsi bisa mencegah pelaku kejahatan untuk melakukan akses kepada akun Zoom seperti menebak sandi atau mendapatkan akses ke perangkat karyawan maupun siswa dan selanjutnya dengan adanya opsi tersebut bisa membantu sebuah organisasi dalam memenuhi kewajiban mereka yaitu melindungi data sensitif dan informasi penting dari para pengguna secara gratis dan dipastikan aman dan nyaman.

Selanjutnya dengan mengaktifkan fitur ini, para pengguna aplikasi Zoom bisa memberikan tingkat keamanan tambahan yang menghindarkan para pengguna dari manajemen kata sandi yang konstan dan tidak kuat sehingga kenyamanan dalam penggunaan aplikasi ini dapat terjamin.

Sebagai fitur faktor kedua untuk proses autentikasi akun dalam penggunaan fitur 2FA, maka para pengguna mempunyai opsi untuk memakai aplikasi yang mendukung protokol time based on time password atau TOTP misalnya saja Google authenticator Microsoft authenticator dan free OTP, malahan untuk aplikasi Zoom nantinya akan mengirimkan kode akses melalui SMS ataupun melalui panggilan telepon.

Langkah Mengaktifkan Fitur 2FA Aplikasi Zoom

Di bawah ini adalah cara yang bisa kalian lakukan untuk mengaktifkan fitur ini dan untuk caranya terbilang sangat mudah yaitu melakukan beberapa hal berikut ini.

Mengaktifkan Fitur 2FA Aplikasi Zoom

  • Silakan kalian login dan masuk ke aplikasi Zoom
  • Selanjutnya pada bagian menu navigasi, silakan kalian pilih Advanced
  • Selanjutnya silakan kalian memilih di bagian security
  • Selanjutnya pastikan kalian sudah mengaktifkan opsi: Sign in with Two-Factor Authentication
  • Selanjutnya kalian tinggal memilih salah satu opsi untuk mengelompokkan pengguna dalam mengaktifkan 2FA yaitu beberapa pilihan sebagai berikut:
  1. All users in your account: 2FA nantinya akan aktif bagi seluruh pengguna akun Zoom
  2. Users with specific roles: 2FA nantinya akan aktif untuk pengguna dengan peran khusus di mana kalian bisa memilih ikon pensil lalu pilih peran dan pilih oke.
  3. Users belonging to specific groups: 2FA nantinya akan mengaktifkan bagi pengguna yang menjadi anggota grup tertentu dan untuk melakukan pengeditan kalian bisa memilih ikon pensil selanjutnya pilih grup dan pilih ok.
  • Langkah terakhir silakan kalian save dan selesai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share