9 Cara Mengamankan Akun GMail Dari Hacker Versi Kabareskrim Polri

Mengamankan Akun GMail Dari Hacker – Seperti diketahui apabila Belum lama ini bareskrim Polri langsung menangani dan terjun dan selanjutnya mengungkap kasus penipuan pembelian alat kesehatan untuk virus Corona covid-19 tingkat internasional di mana ternyata kasus tersebut berawal dari adanya peretasan email atau Gmail oleh hacker yang tidak bertanggung jawab dan oleh karena itu, di depan awak media pihak bareskrim Polri langsung memberikan tips bagaimana langkah mengamankan akun Gmail dari hacker.

Belum lama ini memberikan informasi kepada awak media tentang langkah mengamankan akun Gmail dari hacker supaya para pengguna Gmail ataupun email dari Google bisa lebih aman dan juga nyaman ketika menggunakan untuk media sosial dan lainnya. Ini langsung diinformasikan oleh Komjen pol Listyo Sigit Prabowo selaku kepala Badan reserse kriminal atau Kabareskrim Polri kepada awak media dengan tujuan, supaya masyarakat lebih Waspada dari tindak pidana ya Memang sekarang ini sudah sangat memprihatinkan dan hal ini dikarenakan masyarakat kurang mengetahui tentang bagaimana cara mengamankan email yang baik dan benar dari gangguan hacker atau cracker yang tidak bertanggung jawab.

Apabila untuk mengamankan akun Gmail dari gangguan hacker sedikitnya ada 9 langkah yang dapat dilakukan oleh netizen dimana langkah ini merupakan langkah persuasif dan sangat direkomendasikan ketika mereka ingin mempunyai akun Gmail yang aman ataupun email lain yang aman dari gangguan orang yang tidak bertanggung jawab. Sehingga ketika mengikuti langkah dari pihak kabareskrim Polri, maka sedikitnya bisa membantu keresahan masyarakat yang takut jika akun Gmail diambil orang.

Cara mengamankan akun Gmail dari hacker

Dibawah ini adalah 9 cara yang bisa kalian lakukan untuk mengamankan akun Gmail dari gangguan orang yang tidak bertanggung jawab terutama hacker dan untuk tutorialnya adalah sebagai berikut.

mengamankan akun Gmail
mengamankan akun Gmail

Selalu memeriksa email

Hal pertama yang harus kalian lakukan supaya memperoleh akun Gmail yang aman dan bebas dari gangguan orang lain yaitu secara rutin melakukan pemeriksaan pada Email kalian atau sangat direkomendasikan untuk login setiap hari pada akun Gmail yang kalian gunakan baik di medsos dan lainnya.

Selanjutnya sangat direkomendasikan untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkah atau two Step verification dikarenakan dengan cara ini siapa pun yang ingin membobol akun Gmail akan sangat kesulitan dan jangan lupa untuk menyiapkan nomor ponsel cadangan dan juga menyiapkan rangkaian kode cadangan yang memang sudah disediakan oleh pihak Google.

Membuat kata sandi rumit

Selanjutnya suara kedua yang bisa dilakukan untuk mengamankan akun Gmail yaitu dengan membuat kata sandi yang sangat rumit dan direkomendasikan melakukan kombinasi antara angka huruf dan karakter dan jangan sampai membuat kesan di dari hal yang memang mudah dideteksi seperti tanggal lahir dan lainnya.

Gunakanlah kata sandi walaupun rumit akan tetapi mudah diingat dan jangan sampai membagikan kata sandi kepada orang yang tidak kalian kenal.

Waspada dengan phising website

Selanjutnya sampai kalian login menggunakan email dan juga password untuk memasuki website yang memang tidak dikenal terutama website yang mirip dengan perusahaan tertentu padahal website tersebut adalah website yang mengelabui atau biasa dikenal dengan phising website. Dikarenakan jenis website ini ketika kalian masuk dengan menggunakan email dan juga password yang sama maka akan tersimpan di database sehingga hacker bisa mencuri data kalian.

Selanjutnya kalian pun Jangan tergoda pada website apapun yang menjadikan sesuatu seperti diamond gratis untuk game dan sebagainya.

Pindai Gmail secara berkala

Dikarenakan akun Gmail bisa terkena virus dan juga malware maka sangat direkomendasikan untuk memindai secara rutin menggunakan antivirus.

Memeriksa aktivitas akun terakhir

Selanjutnya silakan kalian menyempatkan untuk melakukan pemeriksaan terkait aktivitas akun terakhir Apakah ada tindakan yang mencurigakan dan jika memang ada silakan langsung ganti password.

Selalu logout dari Browser

Apabila kalian menggunakan smartphone apapun PC komputer maka supaya akun kalian aman dari gangguan hacker maka ketika sudah selesai sangat direkomendasikan untuk logout dari Browser dikarenakan hal ini bisa meminimalisir dari gangguan orang yang tidak bertanggung jawab dan jangan lupa untuk menghapus sampah dan penelusuran kalian.

Kunci layar perangkat

Selanjutnya tips dari Kabareskrim supaya akun Gmail kalian aman dari gangguan hacker yaitu kunci layar perangkat smartphone baik dengan menggunakan sidik jari atau fingerprint atau dengan menggunakan PIN dan password dikarenakan hal ini akan membuat smartphone kalian aman termasuk Gmail.

Batalkan jika email diganti

Apabila ada SMS masuk ataupun pemberitahuan jika Gmail kalian password diganti maka silakan pilih batalkan dan kalian sebaiknya langsung melakukan pengecekan dikarenakan biasanya hal itu ada orang yang ingin masuk ke akun Gmail kalian.

Jika dicurigai ganti password

Apabila kalian mencurigai jika email kalian sudah ada yang masuk dan Kalian bisa melihatnya melalui jejak terakhir maka sangat direkomendasikan untuk langsung mengganti password pada hari tersebut dikarenakan hacker sekarang ini lebih canggih sehingga kalian pun harus waspada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share