4 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

4 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi – Salah satu ciri apabila bayi anda mengalami gangguan hidung tersumbat, maka sang bayi akan menjadi rewel dan sangat sulit untuk menyusui. Hal tersebut dikarenakan kondisi sang bayi akan kesulitan bernapas dan ia hanya bisa mengambil nafas melalui mulut sehingga Anda akan melihat sang Buah Hati selalu membuka mulutnya dan pastinya hal ini sangat mengganggu kenyamanan untuk si kecil. Maka jika anda mengalami masalah tersebut, di bawah ini adalah cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang bisa dilakukan oleh siapapun.

Mengatasi hidung tersumbat pada bayi tidak begitu sulit untuk dilakukan di mana gangguan hidung tersumbat pada sang Buah Hati Ini walaupun tidak ditanggulangi maka akan hilang dalam beberapa Minggu, akan tetapi jika dibiarkan pastinya tetap mengganggu terhadap kesehatan si bayi. Dikarenakan bayi belum bisa membuang lendir sendiri dan oleh karena itu, maka bisa mencoba tips di bawah ini.

Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kalian lakukan supaya bisa Menghilangkan lendir dari hidung sang bayi dan pastinya mereka akan kembali lega dan tidak rewel.

Coba Kenali Hidung Tersumbat Pada Bayi

Dikarenakan bayi belum bisa bernapas lewat mulut dengan optimal, maka masalah hidung tersumbat yang terjadi pada bayi menjadi sebuat masalah serius, apalagi pada masa menyusui. Penyebab yang sering terjadi adalah dikarenakan lendir atau ingus, untuk itu Kamu harus memberiskannya dengan cara yang aman dan efektif.

Baca Juga   Jasa Perawat Home Care Terbaik di Indonesia

Menggunakan Penyedot Lendir (Nasal Aspirator)

Bentuknya seperti botol karet berukuran kecil berfungsi sebagai penyedok yang cara penggunaannya dengan dimasukan ke dalam lubang hidung. Untuk mendapatkannya bisa ke apotik dan gunakan hanya yang khusus bayi.

Menggunakan Tissue

Bila tidak ada aspirator, Kamu dapat memanfaatkan tissue untuk digunakan membersikan ingus bayi. Caranya dengan melipas tissue sehingga ujung tissue jadi lebih runcing, sebaiknya disesuaikan dengan lubang hidung bayi, kemudian masukan secara perlahan-lahan ke lubang hidung dan keluarkan ingusnya.

Tetes Larutan Saline

Untuk mendapatkan larutan saline bisa kunjungi apotik, bila kesulitan mendapatkanya bisa Kamu membuatnya sendiri dengan cara mencampur ¼ sendok teh garam dan ½ cangkir air hangat. Kemudian dimasukkan dalam botol semprotan / tetes hidung. Lalu taruh bayi di permukaan datar, dan kamu tetesi lubang hidungnya sebanyak 2 tetes. Bisa dilakukan sebanyak tiga kali sehari. Cara ini bisa mengatasi hidung tersumbat pada bayi, dikarenakan larutan garam (NaCl) dapat membuat encer ingus bayi.

Kapan Harus ke Dokter ?

Cara alami atau perawatan yang Kamu lakukan dirumah terkadang tidak cukup untuk meredakan hidung yang tersumbat, apalagi jika penyebabnya merupakan penyakit yang cukup serius. Dalam kasus seperti ini, perawatan medis dengan dokter perlu Kamu lakukan, apalagi jika sudah cukup menyakitkan dan mengganggu aktivitas.

Oleh sebab itu Kamu perlu hubungi dokter, jika :

  1. Hidung tersumbat yang sudah berlangsung lebih dari 10 hari
  2. Hidung tersumbat dengan demam tinggi yang sudah berlangsung lebih 3 hari
  3. Lendir atau ingus yang berwarna kehijauan diiringi dengan nyeri sinur dan demam
  4. Mengalami cedera kepala yang menyebabkan keluarnya ingus bercampur darah
  5. Setelah Kamu mengunjungi dokter dan telah ditentukan penyebab dari hidung tersumbab, maka dokter kan merekomendasikan pengobatan.
Baca Juga   Tidak Suka Makan Sayur? Ini 5 Buah yang Aman Dikonsumsi untuk Menurunkan Gula Darah

Obat Hidung Tersumbat Untuk Bayi

  1. Semprotan hidung yang memiliki kandungan antihistamin, seperti azelastine
  2. Antihistamin oral bermanfaat untuk mengobati alergi, seperti cetirizine dan loratadine
  3. Steroid hidung, seperti flutikason dan mometasone.
  4. Antibiotik (karena infeksi, seperti sinusitis)
  5. Obat melegakan hidung tersumbat yang ada dijual dipasaran atau dekongestan, yaitu memiliki kandungan pseudoefedrin, efedrin dan phenylpropanolamine (Harus berhati-hati bila memiliki darah tinggi).

Nah diatas merupakan artikel yang bisa kami informasikan kepada teman-teman semua mengenai cara menghilangkan hidung tersumbat pada bayi, silakan dicoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share