8 Cara Mengatasi Sayangnya Gboard Telah Berhenti di HP Android

WEARE.ID – Mengatasi Sayangnya Gboard Telah Berhenti Bagi kalian semua para pengguna smartphone Android dan aplikasi bawaan untuk mengetik tulisan baik tulisan indonesia-inggris sampai Arab dengan menggunakan Gboard maka biasanya akan mengalami salah satu maintenance yaitu sebuah peringatan dengan tulisan sayangnya aplikasi telah berhenti. Maka apabila kalian mengalami masalah tersebut, di bawah ini adalah cara cara mengatasi sayangnya gboard telah berhenti untuk semua tipe HP baik Xiaomi, redmi, vivo, realme, sampai Oppo.

Mengatasi sayangnya gboard telah berhenti sebetulnya sangat mudah untuk dilakukan dan kalian pun tidak harus merasa kebingungan untuk memperbaiki nya dikarenakan ketika peringatan pertama muncul dengan tulisan sayangnya aplikasi telah berhenti, maka kalian bisa melakukan beberapa langkah berikut ini agar bisa memperbaiki nya dengan aman cepat dan work 100%.

Peringatan error pada aplikasi Gboard, sebetulnya menjadi peringatan ketika adanya maintenance saat para pengguna smartphone Android memakai aplikasi mengetik tersebut dan ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar Gboard bisa kembali normal dan selanjutnya dapat kalian gunakan seperti biasa.

Mengatasi Sayangnya Gboard Telah Berhenti

Untuk kalian yang belum mengetahui tentang bagaimana cara mengatasi peringatan ” sayangnya gboard telah berhenti”, maka di bawah ini adalah tutorial lengkap untuk solusi memperbaiki permasalahan tersebut dan dijamin berhasil 100%.

Gboard Telah Berhenti 
Gboard Telah Berhenti

Membersihkan Cache aplikasi

Cara pertama yang bisa kalian lakukan dalam memperbaiki aplikasi tersebut yaitu dengan melakukan pembersihan sampah yang ada pada aplikasi ini dan untuk caranya adalah sebagai berikut:

  1. Silakan Buka aplikasi dan selanjutnya buka pengaturan di HP Android
  2. Selanjutnya cari menu aplikasi dan Silahkan pilih aplikasi Gboard
  3. Selanjutnya Silahkan pilih aplikasi dan ketika menu terbuka maka kalian pilih di bagian storage dan selanjutnya kalian tinggal memilih tombol clear cache.

Menghapus data aplikasi

Selanjutnya telah yang bisa kalian lakukan supaya aplikasi Gboard dapat kembali normal yaitu dengan menghapus seluruh data dari aplikasi tersebut dan untuk caranya tidaklah sulit yaitu kalian bisa melakukan langkah berikut ini.

  1. Silakan buka menu setting
  2. Selanjutnya silakan kalian cari aplikasi terinstal dan setelah itu pilih aplikasi Gboard
  3. Selanjutnya pilih di bagian menu paksa berhenti dan terakhir pilih hapus data.

Melakukan update

Selanjutnya merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan supaya dapat memperbaiki Gboard yang mengalami maintenance yaitu dengan melakukan update melalui Google Play Store dan untuk cara updatenya sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Silakan kalian membuka aplikasi Google Play Store dan selanjutnya pilih menu garis 3 di sisi kiri atas
  2. Setelah itu silakan pilih menu aplikasi dan game saya
  3. Selanjutnya pilih di bagian aplikasi yang ingin di update dan kalian tinggal mencari aplikasi Gboard lalu pilih update.

Menginstal ulang aplikasi Gboard

Untuk acara selanjutnya yaitu direkomendasikan apabila cara diatas tidak mau perbaiki permasalahan kalian maka direkomendasikan untuk menginstal ulang aplikasi keyboard dengan cara menghapus aplikasi tersebut dan kalian tinggal unduh kembali di Google Play Store. Biasanya permasalahan bisa selesai sampai di sini.

Wipe Cache Partition

Langkah selanjutnya merupakan langkah yang lumayan ekstrem dan pastinya kalian harus waspada dan biasanya langkah ini dapat saya lakukan di smartphone Xiaomi untuk memperbaiki sayangnya aplikasi gboard telah berhenti.

  1. Matikan HP Xiaomi
  2. Selanjutnya ketika posisi HP mati maka kalian tinggal masuk ke menu recovery mode dengan cara menekan tombol power dan volume up secara bersamaan
  3. Apabila memasuki logo Mi maka kalian tinggal melepaskan tombol power dan selanjutnya tahan tombol power up
  4. Nantinya secara otomatis kalian akan dibawa dibagian recovery mode dan kalian tinggal memilih bahasa Inggris
  5. Selanjutnya kalian tinggal melakukan Wipe Cache di bagian Wipe Cache Partition dan selanjutnya tunggu sampai selesai dan karena tinggal merestar HP.

Factory Reset

Langkah selanjutnya termasuk ekstrem yaitu kalian tinggal melakukan factory reset dengan mengikuti cara di bawah ini.

  1. Silakan kalian membuka aplikasi pengaturan atau di bagian setting dan selanjutnya pilih menu backup dan reset
  2. Setelah itu silahkan memilih dibagian menu factory data reset
  3. Biasanya sistem akan melakukan konfirmasi untuk melakukan reset dan silakan pilih yes dengan menekan reset device
  4. Biasanya untuk proses membutuhkan waktu sampai 10 menit dan kalian tunggu sampai selesai di mana biasanya HP melakukan restart sendiri dan nantinya smartphone kalian akan dibawa ke pengaturan awal.

Menjadikan aplikasi Gboard menjadi Default

Ketika kalian memilih keyboard bawaan dari smartphone maka jika terjadi kesalahan pada aplikasi ini kalian tinggal menjadikan aplikasi ini sebagai aplikasi default dan untuk caranya sangatlah mudah.

  1. Silakan buka pengaturan dan setelah itu kalian tinggal mencari menu bahasa dan input
  2. Silahkan pilih di bagian keyboard saat ini dan nantinya kalian tinggal memilih Gboard untuk menjadi aplikasi bawaan atau aplikasi default.

Restart HP

Walaupun banyak dari para pengguna smartphone yang meremehkan restart HP atau mematikan hp, ternyata salah ini bisa menjadi solusi untuk memperbaiki banyak masalah pada smartphone seperti internet yang lelet dan lain sebagainya termasuk permasalahan ketika Gboard mengalami maintenance.

Kalian tinggal merestar HP dan selanjutnya kalian coba pada aplikasi yang mengalami kerusakan tersebut dan apabila beruntung maka aplikasi akan kembali normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share