4 Penyebab dan Cara Mengatasi Telinga Berdengung

4 Penyebab dan Cara Mengatasi Telinga Berdengung – Telingan adalah salah satu dari panca indra yang perlu kita jaga, telinga kita sudah menjadi anggota tubuh yang sangat penting, tanpa tentu nantinya telinga manusia dapat mengalami tuli dan menyebabkan sulit untuk berkomunikasi. Maka, ketika anda mengalami masalah ini sangat direkomendasikan untuk mengetahui penyebab dan cara Mengatasi Telinga Berdengung

Mengatasi Telinga Berdengung tidaklah sulit untuk anda lakukan. Harus anda ketahui, apabila hampir sama saja dengan organ tubuh lainnya yang terkadang akan mendapat gangguan yang cukup membuat kita merasa terganggu olehnya. Biasanya gangguan berupa dengungan ataupun dengingan yang kita dengar berada di dalam telingan kita, yang tanpa disebab oleh sesuatu bahkan tanpa sumber suara. Hal seperti ini tentu sangat menganggu apalagi bila terjadi ketika kita sedang melakukan aktivitas.

Mengatasi Telinga Berdengung

Berikut ini ada beberapa hal yang harus anda ketahui sebelum mengatasi permasalahan ini diantaranya adalah mengetahui penyebab yang mengakibatkan mata berdengung diantaranya adalah:

Penyebab Telinga Berdengung

Kenapa telinga berdengung ? Telingan yang berdengung di dalam dunia medis dapat disebut dengan tinnitus. Dimana hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa orang yang memiliki aktivitas dilingkungan yang bising lebih besar kemungkinannya akan mengalami hal ini.

Lalu Apa Penyebab Telinga Berdengung ? Berikut ini akan Kabar Dokter ulas penyebab telinga berdengung diantaranya :

Aktivitas Didalam Ruangan Bising

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya orang yang beraktivitas di dalam ruang yang memiliki suara bising akan memiliki resiko yang lebih tinggi. Ketika telingan kita mendengar suara bising dalam jangka waktu yang cukup lama dan terus menerus akan mengakibatkan sel sensorik akan mengalami kerusakan, sel ini memiliki fungsi sebagai sel yang pengirim suara ke otak kita.

Baca Juga   7 Penyakit Dengan Gejala Kuku Kaki Rusak dan Hitam

Kotoran Di Telinga

Kotoran pada telinga kita mempunyai manfaat untuk membuat telinga kita terbebas dari kuman dan bakteri. Walaupun mempunyai manfaat yang cukup baik tetapi jika kotoran telinga kita tidak dibesihkan maka akan menyebabkan dampat buruk bagi kesehatan telinga yaitu berupa kuping berdengung.

Menumpuknya kotoran telinga bisa mengakibatkan gangguan pada pendengaran, iritasi di gendang telinga dan dapat menyebabkan tinnitus.

Efek Samping Dari Obat-Obatan

Obat menjadi salah satu penyebab telinga berdengung, akibat efek samping obat ini kamu bisa terkena tinitus ringan sampai berat.

Inilah beberapa obat yang bisa mengakibatkan telinga kamu jadi berdengung, diantaranya :

  • Efek samping dari antibiotik
  • Efek samping dari obat kanker
  • Efek samping dari obat tramadol
  • Efek samping dari obat antidepresan

Akibat dari penyakit

Penyakit dapat menjadi penyebab telinga berdengung terus menerus atau kamu menderita tinnitus. Di sebagian orang bisa saja telinga berdengung akan dialami hanya sementara tetapi di sebagian lagi dapat bertahan lebih lama atau sampai beberapa waktu.

Jika kamu sedang mengalami telinga yang berdengung bisa saja penyebabnya yaitu karena adanya penyakit, seperti berikut:

  • Vertigo
  • Gangguan sendi rahang
  • Diabetes
  • Cedera kepala
  • Kanker di kepala atau otak
  • Kolesterol tinggi
  • Darah tinggi
  • Trigliserida tinggi
  • Asam urat tinggi

Cara Mengatasi Telinga Berdenging

Kamu dapat mencoba berkonsultasi atas kondisi telinga berdenging pada dokter spesialis THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan) untuk mengatasi telinga berdengung. Biasanya dokter akan memeriksa menggunakan otoskop untuk memeriksa untuk memastikan penyebab telinga berdengung. Selain dari pada itu, bisa juga dilakukan test untuk pendengaran (audiometri) agar melihat kemungkinan dari adanya gangguan pendengaran kita.

Alat yang akan digunakan untuk memeriksa anak biasanya berupa otoacoustic emissions (microphone yang akan dimasukkan dalam telinga) dan untuk memeriksa orang dewasa menggunakan pure tone audiometry (berupa headphone). Untuk test lebih lanjut bisa juga menggunakan scan pada otak. Hal seperti itulah yang biasa dilakukan dokter sebagai cara menyembuhkan telinga berdengung.

Baca Juga   4 Rahasia Manfaat Air Untuk Tubuh Manusia

Langkah-langkah berikut ini juga bisa dilakukan sebagai cara mengobati telinga berdengung.

Relaksasi

Cemas ataupun stres akan mengakibatkan tinnitus menjadi parah. Jadi cobalah berpikirlah positif serta lakukan relaksasi agar dapat mengurangi stres.

Mengkonsumsi obat antidepresan

Bila stres yang diakibatkan oleh tinnitus tidak mudah untuk dihilangkan dengan menggunakan relaksasi, Kamu bisa coba mengkonsumsi obat antidepresan yang sesuai petunjuk dokter.

Hindari ruangan hening

Coba menghindari ruangan hening karena akan kamu semakin jelas mendengar dengungan atau dengingan. Lebih baik mendengar suara yang akan membuat kamu nyaman dan menyenangkan dengan menggunakan volume rendah. Hal ini dapat membantu agar mengalihkan pendengaran. Bisa memcoba lakukan juga ketika menjelang tidur.

Gunakan alat bantu pendengaran

Ketika sudah berkonsultasi dengan dokter, kamu bisa saja menggunakan alat bantu pendengaran. Setelah menggunakannya, suara yang normal terdengar lebih jelas lagi dan akan mengalahkan suara dengungan. Alat seperti ini dapat digunakan sebagai cara menghilangkan telinga berdengung untuk mereka yang mempunyai gangguan pada pendengaran seperti tinnitus dan tuli.

Bila kamu mengalami telinga berdengung, coba periksalah ke dokter THT supaya penyebab telinga berdengung dapat segera diketahui dan diberikan obat telinga berdengung agar tidak menjadi semakin parah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share