Mengembangkan Ide dan Menghasilkan Uang dari Menulis

Pernah terbayang bisa menghasilkan uang dari menulis? Jika belum ini saatnya mulai menggali potensi Anda dalam hal menulis. Menulis merupakan salah satu kegiatan untuk menuangkan ide dan pemikiran kedalam bentuk tulisan atau sesuatu yang bisa dibaca oleh orang lain.

Kedengarannya menulis itu sesuatu yang gampang. Tapi sepertinya itu hanyalah kedengaran saja, namun faktanya berbeda. Yang tidak mudah dilakukan adalah memunculkan ide menulis, sehingga tulisan yang kita buat bisa menarik perhatian dan ada yang mau membacanya.

Dalam dunia Blogger, menulis adalah kegiatan utama untuk membangun blog. Tulisan yang berkualitas dan bermanfaatlah yang akan tumbuh menjadi besar serta dikenal orang. Disinilah dibutuhkan kreatifitas ide dalam menulis.

Banyak kita jumpai Blogger pemula yang kebingungan menuliskan apa untuk blognya. Ini bisa kita lihat dari pertanyaan pertanyaan yang sering kita jumpai di forum Blogger. Apa yan menyebabkan? Kurangnya kreatifitas.

Padahal dia bisa saja menulis, tetapi ide tidak punya sehingga bingung mau menulis. Saya sendiri juga masih seperti itu, Jauh jauh mau menulis sebuah topik untuk postingan. Baru dua baris sudah berhenti, mentok tidak tahu mau menulis apa lagi.

Hal tersebut lumrah menurut saya, apalagi bagi pemula. Bukan berarti tidak tahu apa apa. Hanya saja kurangnya kreatifitas. Kalau sudah tidak punya banyak ide menulis, sudah tentu sulit mendapatkan uang dari menulis.

Daftar Isi

Mengembangkann Ide Menulis

Memunculkan ide Menulis

Di artikel ini kita akan membahas bagaimana cara menulis hingga menghasilkan uang dari menulis. Kita awali dari bagaimana cara memunculkan ide menulis. Yuk simak ulasannya:

1. Awali dari Pengalaman

Pengalaman adalah guru terbaik, begitu kata pepatah yang sering kita dengar. Pengalaman ini adalah sesuatu yang pernah kita rasakan langsung, kita terlibat didalamnya. Sehingga sudah pasti kita memahaminya, paling tidak mengetahui.

Anda juga harus tahu bahwa memahami dan mengetahui adalah dua kondisi yang sangat berbeda. Anda mengetahui belum tentu Anda pahami, tetpai ketika sudah dipahami maka pasti mengetahui.

Tipsnya adalah mulailah menulis dari pengalaman yang sudah kita rasakan. Pengalaman apa saja terserah apakah itu;

  • pengalaman meeperbaiki laptop,
  • pengalaman menginstal laptop,
  • pengalaman membuat blog,
  • pengalaman menembak cewek atau pengalaman lainnya.

Jika ini sudah bisa Anda lakukan, jangankan pengalaman diri sendiri, pengalaman orang lain juga bisa Anda tulis.

Kenapa disarankan dari pengalaman? Karena ini sudah pasti Anda lalui, sehingga tidak asing lagi menceritakannya. Toh disekolah kita sudah terbiasa menceritakan pengalaman kita pada pelajaran bahasa Indonesia. Nah, apa susahnya jika diterapkan di dunia menulis lainnya seperti di blog.

2. Perbanyak Membaca dan Tontonan

Membaca merupakan kegiatan menyerap informasi dari tulisan. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan haruslah membaca. Dengan membaca Anda bisa memahami banyak hal dan mengetahui rangkain kata yang digunakan.

Jika ingin menulis dongeng dan cerpen, maka cobalah baca dulu cerpen orang lain. Bagimana dia merangkai kata, kisah apa yang di tarik. Kebanyakan pasti ditulis adalah bagian pertama yang sudah kita bahas tadi (pengalaman penulis)

Coba bandingkan lagi dengan tulisan lainnya dengan tema yang sama, misalnya membaca pengalaman penulis berupa cerpen dan membaca pengalaman penulis berupa informasi. Itu adalah dua hal yang berbeda. Anda akan menemukan dua tema yang sama tapi bentuk yang berbeda. Cerpen sudah tentu ditulis dengan rangkaian pemilihan kata, sedangkan artikel serupa menggunakan bahasa sehari hari.

Jika ingin menjadi penulis blogger, sering sering juga membaca blognya para master. Bagaimana dia bisa menyampaikan gagasannya dengan tulisan yang enak dibaca.

Selain memahami bentuk tulisan dan gaya bahsa, membaca juga menambah pengetahuan. Membaca topik yang benar hingga Anda memahaminya dan bisa dijadikan menjadi pengalaman baru dengan mempraktekkannya.

Contoh, saya baru saja ingin melakukan root pada android saya. Nah saya membaca artikel bahwa yang pertama kali dilakukan adalah mengaktifkan USB debugging. Sudah pasti saya harus mempraktekkannya dari artikel yang saya baca. Ketika saya mempraktekkannya, maka itu menjadi pengalaman baru saya yang sudah saya tuliskan mejadi postingan di blog ini.

Karena itu perbanyaklah membaca, dan jadikan menjadi pengalaman baru. Selanjutnya tuangkan kedalam tulisan.

Bagiaimana dengan menonton? Saya kira sama saja. Kita menyerap informasi dari apa yang kita lihat.

3. Berdiskusi

Punya niat menulis, lalu kehabisa ide ditengah jalan. Hal yang bisa Anda lakukan adalah membaca seperti pada poin diatas, atau lebih enak berdiskusi. Berdiskusi merupakan pertukaran ide tertentu untuk menyamakan persepsi atau menarik kesimpulan.

Sudah pasti punya teman kompak kan. Bisanya kita itu tidak asing berdebat. Ada ada saja yang kita debatkan. Misalnya memperdebatkan bahwa Rafaela bisa Savage dengan mudah, atau kenapa Nana di ban. Hal yang sepele bukan? Tapi itu realita yang kadang kita tidak sadari.

Bagaimana memanfaatkannya? Mulai sekarang Anda harus menyadari jika kalian sedang berdisuksi. Bisa berupa debat atau pertukaran informasi.

Lalu untuk menciptaka Gol, maka perlahan lahan bawa suasana ke topik yang Anda inginkan. Lalu perhatikan respon mereka apakah tertarik atau tidak. Jika tidak, bisa jadi mereka tidak memhaminya. Solusinya bisa mencari yang lain atau mengganti topik.

Kita tidak perlu memberitahu tujuan kita berdiskusi. Lakukan saja seperti nongkrongan biasanya agar suasana bagus. Kalau Anda kasih tahu rasanya garing, seolah olah dipaksakan.

Hasil kesimpulan yang Anda dapatkan nantinya bisa dituangkan kedalam bentuk tulisan.

4. Tulis saja dulu

Ketika sudah ada niat menulis, langsung saja tulis sekecil apapun itu. Cara ini juga sering saya lakukan. Satu artikel siapnya 1 – 2 hari.

Kenapa bisa begitu? Jangan memaksakan diri untuk harus bisa menyelesaikan tulisan. Hasilnya bisa tidak maksimal.

Seperti yang sudah disinggung diawal. Kadang ketika kita memulai menulis, baru 2 baris sudah mentok. Itupun masih pembukaan, belum menyentuk isi.

Dengan keadaan itu, maka dianjurkan tulis saja langsung idenya. Kalaupun saat ini cuma 2 baris, simpan saja. Nanti atau besok bisa dilanjut sembari mendapatkan ide baru.

Singkatnya sih menyicil tulisan tanpa perlu menunggu harus kelar saat itu juga. Kapan ada ide baru langsung dituangkan, sisanya akan muncul dibarengi mencari pengalaman baru atau sekedar meluangkan pikiran.

Menghasilkan Uang dengan Menulis

Menghasilkan Uang dari Menulis

Selanjutnya bagaimana bisa menghasilkan uang? Banyak jalur untuk mencari keuntungan dari tulisan yang kita buat. Salah satunya adalah Freelancer. Freelancer merupakan bekerja untuk orang lain tanpa terikat tempat dan waktu. Artinya kapan saja bisa.

Selain Freelancer apalagi? Menjadi penulis buku, ya sudah pasti. Penulis buku bisa menghasilkan keuntungan dari deviden penjualan buku.

Selain yang diats, menjadi Blogger adalah salah satu jalur yang mudah untuk menghasilkan uang. Bagaimana kalau tidak punya blog? Tunggu, yuk simak berikut ulasannya.

1. Penulis Freelancer

Anda bisa menjual tulisan tulisan ke orang yang membutuhkan. Tidak susah mencari pelanggan, yang susah itu menulisnya. Kalau penggan otomatis ada. Banyak marketnya.

Salah satunya market yang bisa Anda jadikan adalah forum facebook, misalnya grup Blogger. Saya sendiri setiap hari menjumpai ada yang jualan artikel dan semuanya laris.

Peluang Anda pun sangat besar, apalagi punya kualitas tulisan yang baik. Menurut analisa saya, penjual artikel di forum FB yang saya maksud masih kurang memadai, tidak semuanya sih. Artinya market ada dan peluang Anda sangat besar.

Ada yang lain? Silahkan mendaftar di Projects.co.id. Website ini adalah marketplace freelancer terbaik di Indonesia saat ini. Banyak transaksi disana. Setiap hari banyak yang membutuhkan artikel dengan berbagai topik. Anda harus mencobanya.

2. Penulis di Blog Sendiri

Bagi yang punya blog sudah pasti memang tujuannya adalah menulis. Yup, dengan tulisan Anda ini bisa menhasilkan $1000 perhari dan Anda salah satunya. Eh, bukan kaya iklan iklan itu ya.

Bagaimana cara kerjanya? Kalau sudah menulis, maka berlanjut ke membangun blog hingga besar. Setelah blog berhasil di bangun maka akan menghasilkan sesuai yang diharapkan.

Selanjutnya blog didaftarkan ke penyedia jasa iklan. Jasa iklan yang bisa anda coba adalah Adsense yang mana sudah tidak asing lagi.

Selain dari pengiklan, kita juga bisa mendapatkan uang dari promosi artikel, guest post dari orang lain.

Syaratnya adalah blog berkualitas dan dibangun dengan baik. Tidak cukup menulis saja untuk menghasilkan uang di blog kesayangan Anda.

3. Menjadi Penulis di situs blog lain.

Bagi kalian yang ingin mencari pengalaman, atau belum memiliki blog cara ini bisa dicoba. Konsepnya adalah menulis artikel di blog orang lain dan mendapatkan bayaran.

Dimana saya bisa menulis? Banyak situs blog yang menerima penulis. Anda bisa mencoba di situs Bukugue. Situs ini sangat mudah syaratnya, Anda tak perlu kejar target banyak, cukup 1 atau 2 artikel saja perminggu. Tulisan dibayar bedasarkan jumlah kata yang Anda buat.

Untuk memulai, silahkan kunjungi link Bukugue, disana dijelaskan dengan rinci tema apa saja yang dibutuhkan dan berapa yang akan Anda dapatkan setelah menulis disana.

Situs lain yang bisa Anda coba adalah Jalantikus, UcNews dan Projects.co.id. Khusus projects.co.id konsepnya berbeda dan sudah saya jelaskan pada poin sebelumnya.

4. Menjual Buku atau Ebook

Anda juga bisa menghasilkan uang dari buku yang Anda jual yang berisi tulisan sendiri. Saat ini tidak susah menjual buku. Anda bisa lakukan sendiri, mencetaknya sendiri baru melakukan promosi ke sosial media.

Selain itu, bisa memanfaatkan Google Play Book. Disini Anda bisa menghasilkan uang sebanyak mungkin hasil jualan ebook.

Tidak perlu mematok harga mahal, yang perlu dipastikan adalah adanya untung yang didapatkan, adanya pelanggan dan puasnya pembeli.

Kesimpulan

Menulis itu butuh belajar, dia juga butuh pengalaman agar terurai dengan baik, mudah dipahami dan menarik untuk baca. Bahkan penulis yang baik bisa membuat pembaca akan ketagihan atas tulisannya.

Semua diawali dengan belajar, dirasakan dengan pengalaman dan disampaikan dalam bentuk tulisan. Untuk mencapai itu dibutuhkan ketekunan dan niat.

Menciptakan motivasi agar tetap punya semangat menulis. Saya sendiri sering membuat motivasi untuk membuat tulisan di blog ini. Salah satunya adalah jasa backlink di artikel. Motivasi lain adalah bagusnya blog dan mampu bersaing.

Tidak ada hasil yang instan, tapi proses yang baik akan menghasilkan hasil yang memuaskan. Dmikianlah postingan saya kali ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat teman teman semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share