Mengenal Android Device Manager, Kembalikan Telepon Anda yang Hilang!

Android Device Manager merupakan salah satu jenis software yang dibuat oleh google. Layanan dari google ini memiliki manfaat yang sangat besar di mana Anda tak perlu lagi repot ketika handphone yang digunakan hilang tanpa jejak. Tenang saja karena ternyata layanan google satu ini memiliki akurasi tinggi dibandingkan dengan aplikasi lainnya.

Android Device Manager

Secara fungsi, layanan google satu ini memiliki manfaat yang begitu mirip dengan find my iphone yang biasa digunakan pada apple phone. Namun, google sangat cerdik dengan meluncurkan jenis aplikasi satu ini. Ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh jenis aplikasi baru ini. Tentu saja kita akan bahas satu persatu pada kesempatan kali ini.

Fungsi Lengkap Android Device Manager

Bagi Anda yang belum pernah menggunakan jenis layanan google ADM, ada beberapa fungsi yang dimiliki oleh aplikasi satu ini. Tentunya fungsi tersebut akan sangat bermanfaat untuk berbagai kepentingan Anda. Salah satunya adalah bisa menemukan smartphone android Anda secara akurat dalam tempo yang sangat cepat.

Berbekal fitur satu ini, Anda bisa melihat lokasi keberadaan smartphone secara detail dengan memanfaatkan dukungan dari gps secara online. Jadi, lokasi terakhir dari hp Anda akan bisa ditemukan dengan sangat mudah dengan layanan google satu ini. Tentunya dengan fitur ini, bertambah lagi satu kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari layanan Google.

Tak hanya mencari lokasi saja, Android Device Manager ini juga bisa mengunci smartphone Anda tersebut dari jarak jauh. Jadi, mereka yang tidak bertanggung jawab tidak akan bisa melihat isi dari smartphone Anda tersebut. Dan bahkan Anda bisa menghapus seluruh file yang ada pada smartphone yang hilang tersebut melalui fitur pencarian google ini.

Tak habis sampai disitu, ada fungsi lain dari jenis layanan google satu ini. Di antaranya adalah mampu membunyikan smartphone Anda yang hilang meskipun berada dalam kondisi silent sekalipun. Jadi jika sudah dekat lokasi Anda menemukannya, Anda bisa langsung mengaktifkan fitur satu ini untuk menemukan smartphone Anda dengan segera.

Cara Penggunaan Android Device Manager dengan Benar

Untuk menggunakan jenis layanan google satu ini caranya sangatlah mudah. Anda hanya perlu memastikan jika smartphone yang dimiliki terkoneksi pada jaringan internet. Pasalnya google memang membutuhkan koneksi internet untuk mengaktifkan layanan satu ini pada smartphone Anda. Adapun mengenai cara akses dan penggunaannya bisa Anda lihat di bawah ini.

  1. Melalui Web Browser

Untuk penggunaan Android Device Manager ini ada beberapa metode yang bisa Anda pilih. Yang pertama adalah dengan menggunakan web browser. Dengan web browser seperti ini Anda hanya perlu mengetik “google find my device” kemudian masukkan akun gmail Anda ke dalam kolom yang tersedia.

Pastikan untuk menggunakan akun gmail yang Anda masukkan ke smartphone yang hilang tersebut. Secara otomatis google akan melakukan sinkronisasi data dan Anda bisa langsung menemukan lokasi terakhir dari smartphone Anda tersebut di dalamnya. Mudah sekali, bukan?

  • Melalui Aplikasi Google Play

Tidak hanya menggunakan web browser saja, Anda juga bisa menggunakan layanan play store di android lainnya. Sama seperti langkah di atas, Anda hanya perlu memasukkan akun google yang terkoneksi dengan android yang hilang dan secara otomatis lokasi terakhir dari smartphone tersebut akan segera ditemukan.

Baik menggunakan web browser atau aplikasi play store, software ini bisa dioperasikan dengan sangat mudah. Bahkan untuk Anda yang tidak pernah menggunakannya sekalipun. Layanan satu ini mulai banyak digunakan karena disinyalir memiliki akurasi yang sangat tinggi sehingga lokasinya jarang salah.

Kekurangan Android Device Manager

Meskipun terbilang mumpuni, ternyata ada beberapa kekurangan dari jenis layanan google satu ini. Di antaranya adalah tidak bisa melakukan remote atau kendali smartphone Anda dari jarak jauh. Padahal fitur satu ini bisa dilakukan pada iphone.

Selain kekurangan tersebut, layanan google satu ini juga tidak bisa menemukan smartphone yang berada dalam kondisi mati. Jika fitur find my iphone bisa menemukan smartphone yang berada dalam kondisi mati dan menyalakannya. Kemudian menemukan lokasinya secara tepat.

Kekurangan selanjutnya ada pada ketidakmampuannya untuk mengakuisisi data pada smartphone yang hilang tersebut. Jadi jika smartphone Anda benar benar hilang, Anda juga akan kehilangan seluruh data yang dimiliki pada smartphone tersebut. Tentu saja ini sangat mengecewakan.

Kekurangan Android Device Manager ini yang terakhir adalah tidak mampu menemukan smartphone yang sudah direset pengaturan pabriknya. Jadi, jika misalkan smartphone Anda tersebut hilang dan sudah ditemukan oleh mereka yang mengerti akan seluk-beluk android, anggap saja Anda tidak bisa menemukannya lagi.

Untuk memaksimalkan fungsi dari fitur layanan google satu ini, pastikan untuk mengistalkannya dari saat ini dan biarkan aplikasi satu ini mendapatkan fasilitas autoupdate pada smartphone Anda. Selain menjaga jika terjadi crash, hal ini juga akan lebih memudahkan Anda untuk mendapatkan versi terbaik dari layanan Android Device Manager ini.

Baca Juga : Aplikasi Android Untuk Membantu Blogger

Baca Juga   Melihat Persaingan Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share