Cara Menghapus Virus di Komputer Sampai Bersih

Virus komputer adalah sebuah program yang dibuat oleh orang lain dengan tujuan merusak data atau komputer target. Virus komputer ini biasanya disebarkan melalui malware, situs online yang tidak jelas dan situs situs ilegal lainnya. Virus akan merusak data yang dikomputer seperti menghapus atau mengubah isisnya dengan cara enskripsi.

Akhir akhir ini banyak yang dikenal dengan virus ransomware. Virus ini banyak disebar di situs online terutama situs ilegal. Ketika virus ini menyerang komputer Anda, maka data yang ada dikomputer diubah isinya dengan cara dienskripsi. Biasanya terdapat pesan untuk mengembalikan data tersebut harus membayar dengan sejumlah uang. Tentunya orang yang terkena virus ini bisa frustasi apalagi data data yang penting hilang.

Sangat sulit untuk mengembalikan data yang sudah diserang virus. Kalaupun dikembalikan, datanya tidak sepenuhnya kembali bahkan beberapa file memang tidak bisa di recovery lagi. Itulah sebabnya kita sebaiknya menghindari hal hal ini agar data kita selalu aman.

Pada tulisan ini saya akan memberikan bagaimana cara menghapus virus dengan mudah. Selain itu memberikan bebrapa tips aman agar terhindar dari serangan virus.

Tips menghinadri komputer terkena virus

Menghapus Virus di Komputer

Sebelum saya membahas cara menghatasi dan menghapus virus yang sudah menjangkit komputer, saya terlebih dahulu memberikan tips aman dari terjangkitnya virus. Tips ini sangat cocok agar terhindar dari virus. Kata pepatah lebih baik menghindar daripada mengobati. So, jika ingin aman maka hindarilah hal hal yang mungkin mendatangkan virus ke dalam komputer. Berikut ini tips aman terhindar dari serangan virus jahat.

Baca Juga   Memperbaiki Unable to Load the Requested File

Jangan mengunjungi situs ilegal

Virus dan malware banyak disebar disitus situs ilegal. Apa saja sih situs ilegal itu? Situs ilegal berupa situs yang mengandung p*rn*grafi, perj*dian, pish*ng, dan masih banyak lagi. Jika misalkan Anda mengunjungi sebuah situs yang aneh dan banyak sekali iklan dan popup yang membuka jendela baru browser, sebaiknya hindari segera. Karena situs situs seperti itulah malware dan virus banyak disebar. Malware tidak bisa kita lihat proses masuknya, karena biasanya masuk dengan sembunyi sembunyi memanfatkan iklan dan popup yang muncul.

Gunakan aplikasi antivirus

Langkah terbaik yang dapat Anda gunakan untuk menghindari datangnya virus adalah dengan cara menginstall antivirus di komputer. Antivirus ini bekerja dengan cara memblokir file file yang mencurigakan yang ada dan yang akan masuk ke komputer. Beberapa rekomendasi antivirus yang baik untuk menjaga komputer aman dari virus.

1. Avast Free Antivirus

Avast adalah antivirus yang bisa digunakan secara gratis. Aplikasi ini menjadi antivirus terbaik menurut saya. Karena selain grtais, fiturnya sangat bagus untuk menjaga keamanan komputer Anda. Selain sebagai antivirus, avast juga punya pligin atau addons untuk setiap browser seperti Mozila dan Chrome.

Jika Anda ingin aman ketika sedang berselancar dan mengunjungi website, maka sebaiknya install Avast ini. Jangan lupa untuk mengaktifkan ekstensinya di browser agar aman ketika menggunakan internet.

Avast akan secara otomatis memblokir situs yang terdeteksi menggunakan malware atau mengandung virus sehingga komputer Anda akan tetap aman.

2. Avira Free Antivirus

Antivirus gratis selanjutnya adalah avira. Antivirus ini juga sangat baik diinstall untuk menjaga komputer Anda tetap aman. Avira punya keamanan yang real time yang cocok menjaga komputer tetap aman.

Baca Juga   Cara Agar Postingan Grup Tidak Ada Di Beranda

Avira dilengkapi dengan fitur firewall dan web protection untuk melindungi ketika Anda sedang mengakses internet. Bagi kamu yang ingin menggunakan avira langsung saja download melalui link dibawah.

3. AVG Free Antivirus

AVG adalah salah satu antivirus yang sudah lama sehingga tidak asing lagi ditelinga. AVG memiliki fitur yang sama dengan avast juga avira. AVG mampu memblokir situs online yang sedang Anda buka jika mengandung malware dan virus yang akan membahayakan komputer. Bagi Anda yang ingin menginstall AVG silahkan melalui link dibawah.

4. Smadav Free Antivirus

Smadav adalah antivirus tambahan, artinya Anda tetap disarankan menginstall antivirus lainnya. Smadav diprioritaskan untuk virus shortcut di flashdiks. Jadi bagi Anda yang ingin aman secara penuh maka bisa install antivirus lain berbearengan dengan Smadav. Smadav ini adalah antivirus buatan orang Indonesia.

5. Windows Defender

Defender adalah aplikasi bawaan windows 10. Antivirus ini sangat cocok digunakan diwindows 10. Namun Anda tetap disarankan menginstall antivirus lain yang memiliki fitur lengkap.

Nah, itulah beberapa daftar antivirus yang saya rekomendasikan untuk diinstall. Jika komputer Anda terasa berat oleh antivirus, sebaiknya pilih yang paling ringan saja. Khusus untuk Smadav disarankan mempunyai antivirus lain, tetapi jika punya antivirus semisal Avast tidak harus menginstall Smadav lagi

Cara menghapus virus dan malware

Cara menghapus virus di komputer ataupun malware tidak perlu ribet. Silahkan install salah satu aplikasi antivirus yang sudah disebutkan diatas. Karena untuk menghapus virus secara total menggunakan antiviru, atau dengan install ulang. Namun saya sarankan cukup menggunakan antivirus saja.

Pada tutorial ini saya menggunakan avast free antivirus. Nah bagi Anda yang bingung bagaimana caranya langsung saja simak langkah langkahnya sebagai berikut.

Baca Juga   Cara Mengatasi Lag Saat Bermain Mobile Legends

1. Install Avast antivirus atau yang lain, jika sudah maka bukalah aplikasinya. Silahkan klik tombol smart scan

Hapus virus komputer

2. Tunggu proses scan selesai. Pada proses ini komputer Anda akan di scan secara keseluruhan. Jika terdapat virus dan malware amaka otomatis akan terhapus oleh antivirus.

cara hapus virus komputer

3. Jika terdapat celah atau issue, langsung saja tekan tombol Resolve untuk menghapus malware atau menyelsaikan celah yang mungkin akan dimanfaatkan oleh virus dalam menyusupi komputer.

Menghapus Virus di Komputer

4. Jika proses scan sudah selesai, maka komputer Anda sudah aman dan bersih dari virus. Langsung saja tutup komputer, jika Anda melihat tampilan pembayaran cukup close saja. Silahkan jaga komputer Anda dengan cara menghindari hal hal yang akan mendatangkan malware. Gunakanlah terus antivirus dikomputer agar tetap terjaga.

Kesimpulan

Virus sengaja dibuat oleh orang lain dengan tujuan tertentu, misalnya mencuri data, merusak data atau mencari aung dengan meminta sejumlah uang agar datanya kembali. Semua hal ini sebenarnya bisa diatasi jika kita menggunakan komputer dengan baik. Penyebar virus akan memanfaatkan kelalaian pengguna untuk menyebarkan malware mereka. Jika Anda sudah masuk kedalam perangkap mereka, maka data Anda akan terjangkit virus.

Agar terhindar dari malware dan virus tersebut, maka silahkan jalankan tips aman dari virus yang sudah kita bahas tadi. Gunakan komputer secara bijak, hindari hal hal yang merugikan diri sediri dengan tidak mengunjungi situs ilegal. Demikianlah artikel kita kali ini, semoga artikel ini bisa membantu para pembaca sekalian.

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share