Menghilangkan Iklan di Windows dengan Mudah

Beberapa hari yang lalau saya melihat postingan seseorang anggota grup komputer di facebook tentang keluhannya di windows 10. Keluhannya itu berupa adanya iklan yang sering muncul di pemberitahuan yang tentunya sangat mengganggu, namun bingung bagaimana menghilangkan iklan di windows sehingga tidak menganggu

Sukur sukur iklannya yang baik baik, coba kalau iklannya berbau negatif tentu sangat jelek. Hal yang sama pernah saya alami juga waktu dulu awal awal memiliki laptop.

Mungkin anda bertanya tanya apakah iklan itu berbahaya?

Bisa jadi iya dan bisa juga tidak. Tergantung iklan itu bersumber dari mana. Sebenarnya tidak hanya iklan yang bisa muncul, tetapi bisa berupa pemberitahuan facebook, email berita atau chat di web whatsapp.

Mungkin muncul sebuah pertanyaan bagaimana bisa iklan iklan itu muncul? Apakah laptop kiya terkena serangan virus?

Ketika anda memiliki antivirus sekalipun bisa saja iklan itu tetap muncul jika memang teridentifikasi bukan sebagai virus. Tentunya saja makin bingung, sudah pasang antivirus tetap saja ada iklan yang muncul.

Usut punya usut ternyata itu terjadi dikarenakan kita sendiri.

Ketika anda mengunjungi sebuah website, biasanya akan muncul jendela kecil yang bertombolkan setuju dan tidak. Kalau dalam bahasa inggris biasanya tulisannya accept dan deny.

Tanpa disadari anda biasa langsung mengklik tombol accet atau setuju tanpa membaca apasih yang akan anda setujui itu.

Coba perhatikan gambar dibawah.

Notif situs

Kebanyakan orang ketika muncul notif seperti diatas tanpa mikir panjang langsung menekan tombol “Ya”. Padahal jelas tulisannya akan mengirimkan Anda notifikasi jika ada berita baru.

Terkadang ada pengguna website yang memasang iklan dengan cara seperti ini. Sehingga ketika ada orang menekan tombol ya atau setuju maka akan menampilkan pemberitahuan berupa iklan yang mungkin sangat menganggu.

Selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara mengatasi dan menghilangkan iklan dan pemberitahuan yang mengganggu. Diakhir juga akan diberitahu bagaimana solusi agar hal yang sama tidak akan terulang lagi.

Cara menghilangkan iklan muncul

Untuk menghilangkan iklan yang muncul dapat dilakukan melalui peramban web atau yang biasa kita kenal sebagai browser. Karena setiap orang memakai berbeda browser maka kita akan membuat tutorial melalui cara di Chrome dan Firefox.

Melalui browser Firefox

1. Silahkan buka browser firefox anda, lalu masuklah ke pengaturan atau options yang berbentuk gerigi.

pengaturan firefox

2. Pada halaman pengaturan selanjutnya pilih Privacy & security

3. Pada tambilan privacy & secutity cari dan klik tombol Manage permissions..

Pengaturan firefox

4. Di jendela manage permissions akan tampil situs yang sering memperlihatkan iklan dan pemberitahuan. Untuk menghapus langsung saja klik tombol Remove all website, atau anda bias melakukannya satu satu.

Firefox

5. Jika cara diatas sudah anda lakukan dengan benar, maka seharusnya laptop anda sudah tidak akan menampilkan iklan lagi.

Melalui browser Google chrome

1. Bagi pengguna chrome, menghilangkan iklan dapat dilakukan dengan cara terlebih dagulu membuka menu pengaturan atau setting dengan cara klik ikon menu di kiri atas kanan.

2. Lalu masuk ke tampilan setting dan buka pengaturan advanced letaknya ada pada bagian paling bawah. Pada bagian Privacy and security pilij Content settings

Pengaturan Chrome

3. Pada halaman content setting pilih menu Notifications. Pada halaman notifications akan terlihat daftar situs yang menampilkan pemberitahuan dan iklan pada bagian allow. Selanjutnya klik menu pengaturan pada sisi kanan situs yang berbentuk titik titik tegak, lalau pilih remove atau block untuk memblokir.

Pengaturan perijinan

4. Jika cara diatas sudah benar anda lakukan, maka seharusnya iklan dan pemberitahuan sudah tidak ada lagi.

Cara memblokir iklan melalui pengaturan Windows 10

Selain dengan cara diatas, anda juga bias menonaktifkan atau memblokir pemberitahuan yang muncul dan bias saja berupa iklan langsung dari aplikasinya. Misalkan saja anda merasa bahwa iklan yang muncul itu bersumber dari browser Chrome, maka anda bias langsung memblokir pemberitahuan yang berasal dari Chrome dan berlaku untuk seluruh jenis pemberitahuan.

Cara ini lebih efektif dan simple menurut admin sendiri, karena bias memblokir notif yang muncul secara keseluruhan. Tentu saja ini juga membuat memori laptop terasa lebih ringan. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

1. Masuk ke pengaturan windows atau yang biasa dikelan dengan settings dengan cara klik menu start lalu tekan tombol gerigi untuk masuk ke pengaturan.

2. Di halaman pengaturan selanjutnya klik menu System.Lalu pilihlah bagian Notifications & actions.

Pengaturan windows 10

3. Pada bagian get notificatiosn from these senders silahkan nonaktifkan aplikasi yang dianggap sumber iklan yang muncul, contoh adalah Chrome. Silahkan tekan tombol on menjadi off untuk mematikannya.

Pengaturan notifikasi windows 10

4. Jika cara diatas sudah anda lalukan dengan benar, maka seharusnya laptop anda sudah aman dari iklan dan pemberitahuan tidak jelas.

Menghindari kejadian yang terulang

Setelah anda berhasil menghilangkan semua iklan dan pemberitahuan yang tidak penting, saatnya anda juga harus tahu bagaimana cara agar kejadian yang sama tidak akan pernah terulang lagi. Untuk menghindari kejadian tersebut tidaklah rumit.

Yang perlu anda lakukan adalah kehati hatian dan teliti ketika browsing di internet. Kejadian ini bermula ketika muncul popup pemberitahuan dan tanpa piker Panjang anda biasanya langsung mengkil tombol Ya, atau accept atau setuju, atau yes. Lihat gambar di bawah.

notifikasi situs

Perhatikan juga gambar ini,

Permintaan ijin notifikasi

Dari kedua gambar diatas, ketika tampilan itu muncul, para pengunjung suatu web biasanya langsung mengklik ya dan allow. Dalam gambar contoh diatas, pemberitahuan yang akan muncul bukanlah iklan melainkan berita terbaru, namun cara diatas juga berlaku bagi situs yang ingin menampilkan iklan.

Untuk selanjutnya sebaiknya anda mengabaikan pemberitahuan yang muncul atau silahkan klik tidak atau blok sekaligus. Ini ditujukan agar anda merasa nyaman tanpa munculnya pemberitahuan yang tidak anda inginkan. Satu hal yang enting bahwa hal tersebut bukanlah virus.

Salah siapakah ini?

Ini bukanlah salah siapa siapa, bukan salah anda pula dikarenakan anda mungkin belum memahaminya, juga bukan salah pemilik website karena ini adalah salah satu strategi marketing di internet.

Demikianlah article kali ini, semoga pembahasan ini bias memberi manfaat dan pemahaman kepada pembaca. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar untuk memberi masukan dan saran ke situs ini.

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

Satu tanggapan untuk “Menghilangkan Iklan di Windows dengan Mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share