7 Tips Mengurangi Sakit Tumbuh Gigi Bayi Yang Jarang Diketahui

WEARE.ID – 7 Tips Mengurangi Sakit Tumbuh Gigi Bayi Yang Jarang Diketahui Tumbuh Gigi pada bayi mengacu pada proses dimana gigi bayi berurutan muncul melalui gusi. Munculnya total set gigi susu adalah proses bertahap. Dibutuhkan sekitar 2-3 tahun untuk total set dua puluh gigi susu muncul melalui gusi. Tahap awal tumbuh gigi bisa menjadi masa yang sulit bagi balita. Ketika bayi yang berbaring di kelompok usia 3-9 bulan mulai air liur berlebihan, atau mulai menggigit atau menarik-narik telinga, orang tua biasanya menganggap bahwa anak mereka tumbuh gigi. Apabila memang hal ini benar, maka ada cara yang dapat anda lakukan untuk Mengurangi Sakit Tumbuh Gigi Bayi yang akan kami bahas pada artikel kali ini.

Mengurangi Sakit Tumbuh Gigi Bayi sebetulnya tidaklah sulit untuk anda coba di rumah terutama ketika sang buah hati sedang tumbuh gigi. Biasanya, ketika bayi tampak marah dan rewel dan biasanya mengunyah atau menggigit apa pun yang mereka bisa mendapatkan. Mereka mungkin menarik di telinga mereka juga. Namun, ada kebutuhan untuk memastikan bahwa ini bukan tanda-tanda infeksi telinga. Sejak beberapa gejala tumbuh gigi dan infeksi telinga tumpang tindih, itu sangat penting untuk menyingkirkan kemungkinan infeksi telinga. Sementara gigi adalah proses alami, yang dapat ditangani dengan mengikuti pengobatan tertentu untuk membantu bayi bermasalah, pemeriksaan medis yang tepat diperlukan untuk pengobatan infeksi telinga juga.

Saat gigi si kecil mulai tumbuh kebanyakan batita akan menjadi rewel dan gampang nangis karena merasakan sakit dan nyeri pada gusinya. fakta ini kerap membuat para orang tua bingung dan dengan sesegera munkin membawanya si kecil ke dokter.

Mengurangi Sakit Tumbuh Gigi Bayi

Namun tidak ada salahnya jika anda mencoba beberapa alternatif dibawah ini untuk meredakan sakit dan nyeri pada si kecil ketika mulai tumbuh gigi. ini dia beberapa alternatif yang dapat anda coba :

Gum Massage

Sentuh dan tekan pelan-pelan dengan lembut pada gusi si kecil untuk meringankan rasa sakit yang dirasakannya. namun ingat, pastikan jari anda dalam keadaan bersih untuk melakukan cara ini untuk menghindari kuman masuk kedalam mulut si kecil.

Sendok dingin

Sebenarnya cara ini cukup unik. Caranya adalah dengan menempelkan bagian bulat sendok kebagian gusi si kecil, gunanya yaitu untuk membantu menurunkan rasa sakit dan nyeri pada gusi. namun sebelumnya dinginkan terlebih dahulu sendok didalam kulkas. (bukan di freezer)

Makanan dingin

Berilah si kecil makanan padan dan dingin jika si kecil suda bisa makan makanan yang pada, cobalah untuk memberikan dia makanan yang dingin dan pada, yakni berupa yogurt dan saus apel. khasiatnya dapat membantu dan meringankan rasa nyeri dan sakit pada gusi si kecil.

Alihkan perhatian

Jika anak mulai rewel cobalah alihkan perhatiannya, perubahan kegiatan juga dapat membantu si kecil lupa akan rasa nyeri dan rasa sakit yang ia rasakan, setidaknya itu untuk sementara waktu. selain itu cobalah untuk memandikan si kecil dengan air hangat agar agar pikirannya rileks. Namun ada yang paling sederhana, yakni ajaklah si kecil jalan-jalan dengan memeluknya di pangkuan agar ia merasa nyaman dan tertidur.

Menyusui

Menyusui si kecil juga bisa menjadi alternatif untuk meringankan rasa sakit dan nyeri pada gusinya. akan tetapi pada beberapa kasus. menyusui juga dapat memperparah rasa sakit dan nyeri pada gusinya. karena beberapa bayi mempunyai gara dan cara menyusu yang berbeda. Namun, terkadang ada juga beberapa bayi yang lebih suka memainkan puting dengan gusinya. namun jika si kecil lebih suka menggigit puting susu dengan kencang, sebaiknya gosokan jari anda ke gusinya sebelum dan sesudah menyusuinya.

Baca Juga   3 Tips Menulis Artikel Blog Agar Pembaca Tidak Bosan

Mainan

Terkadang ada pula bayi yang merasakan gatal pada gusinya ketika giginya akan tumbuh. Untuk mengatasi rasa gatal pada gusinya terkadang bayi suka menggigit sesuatu. Sebagai respon giginya yang gatal, bayi biasanya lebih suka menggigit-gigit sesuatu. Nah, berilah si kecil mainan yang aman dan bisa digigit misalnya mainan dari karet dan berbahan plastik. Namun, sebelumnya anda harus memastikan mainan tersebut tidak terbuat dari bahan berbahaya.

Jangan memberi roti atau sayuran kering

Sebaiknya dalam masa pertumbuhan gigi si kecil jangan berikan dia makanan yang sedikit keras atau kaku, seperti keripik, kue kering, pisang yang di dinginkan karena bisa membuat si kecil tersedak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share