Tidak Suka Makan Sayur? Ini 5 Buah yang Aman Dikonsumsi untuk Menurunkan Gula Darah

Bagi penderita diabetes, makanan yang mereka konsumsi haruslah termasuk dalam kategori makanan penurun gula darah. Menjaga kestabilan gula darah dan mengurangi konsumsi gula berlebih wajib dilakukan agar kadar gula darah tidak melonjak naik. Berbagai penyakit serius bisa saja menyerang tubuh seperti gagal ginjal, gangguan saraf, hingga kehilangan kaki bila kamu tidak betul-betul memerhatikan asupan yang dikonsumsi setiap harinya.

Jika tidak senang mengonsumsi sayur, kamu bisa mengganti dengan makanan penurun gula darah lainnya untuk mencukupi kebutuhan energimu. Contoh sederhananya dengan mengonsumsi buah-buahan. Cita rasa buah yang manis dan kaya akan vitamin sangat disarankan untuk dikonsumsi penderita diabetes. Bukan sembarang buah, ini loh 5 jenis buah untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Alpukat

Menurunkan Gula Darah

Salah satu makanan penurun gula darah yang wajib kamu konsumsi untuk menjaga kestabilan gula darah adalah alpukat. Sebagian orang mungkin mengira buah alpukat tidak layak dikonsumsi penderita diabetes karena kandungan lemak yang tinggi. Jangan salah, justru kandungan lemak jenuhnya mampu mengembalikan kadar gula ke batas normal. Tidak hanya itu saja, khasiat buah yang satu ini dinilai mampu meningkatkan kinerja hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas. Cara penyajiannya juga beragam sesuai selera, kamu bisa mengonsumsinya berupa salad ataupun jus tanpa gula tambahan.

Apel

Hasil gambar untuk apel segar

Selain mudah dicari, apel diyakini sebagai makanan penurun gula darah yang kaya akan serat dan vitamin C. Indeks Glikemik (IG) yang cukup rendah yaitu sekitar 55 menjadikan apel sebagai buah yang tepat untuk dikonsumsi penderita diabetes. Apalagi banyak orang meyakini bahwa mengonsumsi apel secara rutin bisa mencegah berbagai macam penyakit menyerang tubuh. Kamu bisa mengonsumsi apel di pagi hari sebagai menu sarapan. Tidak perlu khawatir dengan kulitnya, karena kandungan nutrisi dan antioksidan pada kulit apel justru yang paling banyak loh. Jadi kamu tinggal mencuci bersih buah apel tersebut tanpa mengupas kulitnya.

Buah Beri

Hasil gambar untuk buah beri

Buah beri dianggap menjadi buah yang paling berpengaruh untuk menurunkan risiko diabetes. Bagaimana tidak, buah tersebut mengandung antioksidan tinggi dan karbohidrat yang tepat untuk dikonsumsi harian. Tiap 100 gram buah beri hanya mengandung 16 gram karbohidrat yang artinya tidak melewati batas konsumsi bagi penderita diabetes. Umumnya, penderita diabetes hanya disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan dengan kadar karbohidrat sebanyak 45 gram saja loh.

Kiwi

Buah Kiwi

Sensasi rasa asam dan manis dari buah mungil satu ini ternyata sangat cocok apabila dikonsumsi penderita diabetes. Buah hijau dengan kandungan serat, vitamin B8 dan C, serta kalium dinilai baik untuk mengontrol kadar insulin dan laju penyerapan glukosa. Cara penyajiannya pun gampang, cukup kamu makan secara langsung ataupun dengan oatmeal yang juga termask makanan tepat untuk menurunkan gula darah.

Mangga

Hasil gambar untuk buah mangga

Makanan penurun gula darah terakhir yang akan kita bahas adalah manga. Buah dengan warna kuning dan cita rasanya yang manis ternyata memiliki kandungan vitamin A dan C yang baik untuk penderita diabetes. Tak hanya itu saja, mangga juga sangat cocok dikonsumsi untuk menjaga sistem pencernaan loh. Selain mudah mencarinya di toko, kamu bisa mengonsumsi mangga dengan memakannya langsung ataupun dijadikan jus segar tanpa gula tambahan.

Nah itulah beberapa buah yang sangat cocok kamu konsumsi untuk menurunkan gula darah. Tidak hanya menjaga pola makan saja, bila perlu kamu harus melakukan tes gula darah rutin di rumah sakit. Karena tingginya kadar gula darah dalam tubuh bisa memicu munculnya penyakit diabetes. Di Indonesia sendiri, penyakit diabetes telah menyerang hampir 50.000 orang di umur 30 keatas dan kerap didominasi oleh wanita.

Penyakit ini tidak hanya bisa terjadi di umur 30an loh, orang-orang dengan kisaran umur 18an keatas juga bisa terserang diabetes bila tidak menjaga pola hidup yang benar. Untuk itu, kamu harus selalu memerhatikan makanan yang dikonsumsi. Sebagai bahan referensi lainnya mengenai makanan penurun gula darah bisa kamu baca melalui link berikut: https://www.cekaja.com/info/hari-diabetes-ini-5-makanan-penurun-gula-darah. Cegah penyakit diabetes untuk hidup yang lebih lama.

Baca Juga   Cara Alami Mengobati Rambut Rontok

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share