7 Cara Merawat Gigi Saat Hamil Yang Jarang Diketahui

7 Cara Merawat Gigi Saat Hamil Yang Jarang Diketahui – Ketika wanita sedang hamil, mungkin ia menyadari kenyataan bahwa ia harus makan makanan bergizi dan mengkonsumsi suplemen asam folat untuk membuat wanita dan bayi tersebut sehat. Namun, banyak wanita hamil lupa bahwa perlu untuk melindungi gusi dan gigi dari penyakit periodontal dan penyakit lainnya pada masa hamil ini. Sehingga, anda pun haruslah Merawat Gigi Saat Hamil supaya tak berpengaruh pada diri anda dan janin.

Merawat Gigi Saat Hamil mungkin suatu hal yang dianggap mengherankan, tetapi memang benar bahwa kesehatan mulut yang buruk dapat memiliki efek buruk tidak hanya pada kesehatan wanita, tetapi juga pada bayi yang sedang dikandungnya. Harus anda ketahui, apabila seorang ibu yang merawat gigi, maka mereka akan menghindarkan dirinya dan janin dari penyakit.

Merawat Gigi Saat Hamil

Semua wanita mungkin menyadari bahwa tidak ingin infeksi gusi atau sakit gigi selama kehamilan karena ketidaknyamanan yang terkait dengan itu. Jadi, untuk mencegah hal semcam ini, wanita harus ingat beberapa hal tentang perawatan gigi pada masa kehamilan. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut:

Pertahankan Perawatan Dasar Dengan Baik

Sikat gigi Anda dua kali sehari untuk membersihkan penumpukan plak dan partikel makanan dari gigi. Gunakan sikat gigi berbulu lembut dan pasta gigi dengan kandungan fluoride untuk menyikat gigi. Anda harus menyikat selama dua menit dan jangan lupa untuk menyikat gusi juga. Hal ini akan mengurangi kemungkinan masalah gingiva . Anda juga harus membersihkan sekali sehari untuk mengambil sisa-sisa makanan yang terjebak di antara gigi yang tidak dapat dihilangkan dengan menyikat saja.

Baca Juga   7 Jenis Makanan Mengandung Progesteron

Melawan Efek Morning Sickness

Bilas mulut Anda dengan air segera setelah muntah tapi tidak menyikat gigi segera sebagai enamel yang lemah dapat aus. Sebaliknya, membilas mulut Anda dengan larutan natrium bikarbonat dianggap lebih baik karena akan menetralisir efek dari komponen asam di dalam mulut. Beberapa wanita mengalami mual saat menggosok gigi dengan pasta gigi biasa. Mereka harus menggunakan pasta gigi yang hambar untuk mengatasi masalah itu.

Carilah Tanda-tanda Masalah Gusi

Periksalah kesehata gusi Anda secara teratur untuk mengetahui apakah mengalami peradangan, nyeri atau perdarahan gusi. Ini semua adalah indikasi bahwa gusi tidak dalam keadaan sehat. Dalam hal ini, Anda harus berkonsultasi dengan dokter gigi Anda tentang pilihan pengobatan yang tepat dan benar. Beberapa wanita mendapatkan benjolan merah menyakitkan disebut ‘tumor kehamilan’ yang tumbuh pada gusi, yang bukan kelompok kanker. Beberapa pembersihan penumpukan plak berlebihan selama trimester kedua atau awal biasanya mengurangi pembengkakan tersebut dan mereka dapat hilang setelah anda melahirkan.

Checkup Gigi Secara Rutin

Banyak wanita hamil cenderung mengabaikan untuk bertemu dengan dokter gigi mereka ketika mereka hamil. Namun, itu tidaklah dibenarkan. Sebaliknya, mereka harus mengunjungi dokter gigi mereka dan mengikuti petunjuk yang diberikan untuk menjaga gigi dan gusi mereka bebas dari penyakit selama kehamilan. Selain itu, pembersihan secara profesional menyeluruh dari gigi pada tahap awal kehamilan mengurangi kemungkinan masalah gigi pada tahap berikutnya. Lakukan kunjungan secara rutin pada dokter gigi Anda sesuai jadwal.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Anda harus mengikuti diet yang sehat dan seimbang, yang terdiri dari banyak buah-buahan segar dan sayuran yang memiliki kandungan vitamin A, C dan D, yang baik untuk kesehatan mulut. Selain itu, beberapa jenis mineral seperti kalsium sangat penting untuk pembentukan gigi bayi yang belum lahir, yang biasanya mulai tumbuh setelah enam minggu kehamilan. Asupan makanan yang kaya kalsium seperti produk susu, keju, yoghurt, dll, akan membantu dalam pertumbuhan gigi dan gusi pada bayi dengan baik.

Baca Juga   5 Manfaat Srikaya Bagi Ibu Hamil

Hindari Makanan Bergula

Banyak wanita mendambakan permen selama kehamilan. Jika Anda makan makanan manis, pastikan Anda menyikat gigi segera setelah itu. Namun, lebih baik untuk menghindari makanan bergula sebanyak mungkin karena dapat menyebabkan kerusakan gigi dan gigi berlubang. Akibatnya, Anda mungkin menderita sakit gigi. Tidak ada yang lebih menjengkelkan daripada memiliki sakit gigi selama kehamilan. Hal ini karena mengatasi rasa sakit ini cukup sulit pada masa kehamilan karena banyak obat-obatan atau prosedur yang digunakan untuk sakit gigi tidak aman untuk bayi.

Berhenti Merokok

Jika Anda memiliki kebiasaan merokok, maka sebaiknya harus segera berhenti merokok. Ada beberapa bahaya merokok selama kehamilan. Salah satunya adalah bahwa hal itu memperburuk kondisi penyakit gusi

Perawatan gigi akan meminimalkan kemungkinan masalah utama pada gigi. Namun, jika Anda menderita sakit gigi atau gusi sakit, maka pergi dokter gigi sedini mungkin. Memberitahu mereka bahwa Anda sedang hamil. Beritahu dokter anda tentang semua obat-obatan yang kita pakai. Dokter mungkin akan meresepkan obat menghilangkan rasa sakit yang aman bagi ibu hamil.

Alasan Ibu Harus Merawat Gigi Ketika Hamil

Wanita hamil rentan terhadap berbagai penyakit terkait dengan gigi. Morning sickness mengganggu banyak perempuan dalam beberapa bulan pertama kehamilan. Sering muntah karena morning sickness adalah hal yang buruk bagi gigi sebagai lapisan paling atas dari enamel terkikis oleh asam lambung. Akibatnya, gigi menjadi sensitif dan rentan terhadap kerusakan. Selain itu, meningkatnya kadar hormon kehamilan membuat jaringan gusi rentan terhadap infeksi bakteri.

Kondisi ini disebut sebagai ‘gingivitis kehamilan’ dan memiliki beberapa gejala yang mengganggu seperti gusi berdarah, radang dan nyeri di gusi, bau mulut, dll. Bakteri yang menyerang gusi dapat mencapai rahim melalui aliran darah dan menyebabkan komplikasi seperti keguguran, persalinan prematur atau berat badan lahir rendah bayi. Untuk menghindari hal semacam ini, perawatan gigi yang tepat adalah hal yang harus dilakukan oleh seorang wanita selama kehamilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share