Cara Merubah Gambar JPG ke Webp di WP Update 2020

Merubah Gambar JPG ke Webp di WP – Ketika kalian berkunjung ke salah satu website dan ingin mencari gambar akan tetapi gambar yang kalian lihat biasanya mempunyai Ujung .png atau .JPG namun suatu saat kalian melihat pada beberapa website sudah menggunakan .WebP dan biasanya kalian akan bertanya Bagaimana langkah convert gambar dari JPG ke WebP di WordPress, karena kebanyakan bagi yang baru mengenal format gambar tersebut mereka kebingungan di saat mereka bisa melihat gambar secara online akan tetapi ketika gambar tersebut didownload maka tidak bisa dibuka. Apabila kalian penasaran dengan permasalahan tersebut, maka pada artikel akan memberikan informasi Bagaimana cara Merubah Gambar JPG ke Webp di WP convert jpg ke webp.

Merubah Gambar JPG ke Webp di WP atau wordpress terbilang sangat mudah di mana kalian tinggal menggunakan plugin yang sudah disediakan oleh beberapa Developer di laman wordpress dan selanjutnya kalian tinggal menginstal plugin tersebut Lalu memakainya akan tetapi pastinya sebelum melakukan langkah tersebut alangkah baiknya kalian lebih mengenal dulu format gambar Webp yang Memang sekarang ini sudah mulai banyak digunakan baik bagi blogger yang sudah lama ataupun blogger yang baru dikarenakan mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri jika dibandingkan dengan gambar yang tidak di convert.

Merubah Gambar JPG ke Webp di WP

Sebelum kalian mengetahui bagaimana cara mengubah gambar ekstensi apapun ke ekstensi webp maka alangkah baiknya kalian mengetahui pengertian supaya lebih paham tentang ekstensi gambar yang sudah ada sejak tahun 2010 tersebut.

Baca Juga   3 Tips Menulis Artikel Blog Agar Pembaca Tidak Bosan

Pengertian gambar Webp

Seperti dikutip dari laman Wikipedia, Webp adalah Format gambar yang menggunakan kompresi lossy dan lossless dan sekarang ini dikembangkan oleh perusahaan Google yang menganut teknologi yang didapatkan dari hasil pembelian dari On2 Technologies.

Format gambar tersebut pertama kali diumumkan dan diperkenalkan kepada pengguna yaitu pada tanggal 30 September 2010 sebagian standar terbuka terbaru untuk dunia grafis warna asli terkompresi Rossi di website yang menghasilkan file lebih kecil dengan kualitas gambar yang sedang akan tetapi sebanding dengan skema JPG yang lebih lama.

Kelebihan menggunakan Webp

Di bawah ini adalah beberapa kelebihan yang bisa didapatkan oleh siapapun yang menggunakan ekspresi gambar Webp di website WordPress diantaranya adalah:

  • Bisa mempercepat loading website
  • Ukuran lebih kecil jika dibandingkan ukuran gambar ekstensi lain
  • Tidak bisa dibuka ketika offline dengan menggunakan aplikasi biasa
  • Gambar lebih terjaga keamanan originalnya
  • Walaupun ukuran kecil akan tetapi kualitas sangat baik
  • Akan memberikan spek besar pada hosting ketika menggunakan ekstasi tersebut.

Cara convert JPG ke Webp di WP

Apabila kalian penasaran Dengan cara bagaimana convert gambar JPG ke Webp di WordPress, maka silakan untuk mengikuti langkah mudahnya berikut ini.

convert JPG ke Webp
convert JPG ke Webp
  1. Silahkan kalian login terlebih dahulu ke alamat WordPress yang kalian miliki
  2. Selanjutnya silahkan kalian masuk ke bagian dasbor
  3. Setelah itu pilih kebagian plugin dan jangan lupa klik add new
  4. Selanjutnya cari di Kolom pencarian dengan menggunakan kata kunci: webp express maka di sana kalian akan menghasilkan salah satu plugin ya memang sudah banyak digunakan dan Selanjutnya silakan kalian install now
  5. Setelah login aktif dan terinstal selanjutnya kalian tinggal membuka login tersebut.
  6. Silakan buka di bagian Settings – WebP Express dan silakan atur sesuai keinginan anda akan tetapi sangat direkomendasikan mengikuti pengaturan berikut ini.

Pengaturan plugin WebP Express

Setelah kalian menginstal plugin ini maka di bawah ini adalah recommended Bagaimana cara mengatur plugin ini supaya bisa lebih bagus di WordPress kalian dan untuk caranya adalah sebagai berikut.

  • Untuk Operation mode: CDN friendly
  • Untuk Scope: Upload only
  • Destination folder: Mingled
  • Selanjutnya untuk pengaturan lain kalian bisa memilih default.
  • Untuk WebP encoding: Lossy
  • Quality for lossy: Fixed quality dan silakan ubah angka ke-60 dikarenakan semakin kecil maka semakin kecil ukuran file akan tetapi gambar kualitas sedikit menurut
  • WebP encoding: Lossless
  • Quality for lossless: Apply preprocessing selanjutnya silahkan kalian ubah angka ke 60
  • After HTML silakan kalian centang.
  • Terakhir silakan pilih Save settings and force for new .httaccess rules supaya pengaturan dapat tersimpan dengan baik.

Biasanya ketika pengaturan di atas telah kalian coba maka untuk setiap gambar yang kalian unggah ke artikel WordPress akan langsung berubah di mana Tugu ini bekerja untuk mengubah gambar dengan format apapun menjadi WebP dan akan muncul bagi mereka yang mencarinya di Google dan selanjutnya gambar asli akan tersimpan di dalam direktori file posting kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share