Output Primitif : Komputer Grafik

Output Primitif adalah Paket pemrograman grafika dilengkapi dengan fungsi untuk menyatakan scene dalam bentuk struktur dasar geometri

TITIK DAN GARIS

—Pembentukan titik dilakukan dengan mengkonversi suatu posisi titik koordinat dengan program aplikasi ke dalam suatu operasi tertentu menggunakan output

—Random-scan (vektor ) system menyimpan instruksi pembentukan titik pada display list dan nilai koordinat menentukan posisi pancaran electron ke arah lapisan fosfor pada layer.

—Garis dibuat dengan menentukan posisi titik diantara titik awal dan akhir dari suatu garis.

Algoritma pembentukan garis

Persamaan garis menurut koordinat Cartesian adalah :

y = m.x+b

dimana m adalah slope (kemiringan) dari garis yang dibentuk oleh dua titik yaitu (x1, y1)

dan (x2, y2). Untuk penambahan x sepanjang garis yaitu dx akan mendapatkan

penambahan y sebesar :  y = m.∆x

Algoritma garis DDA

DDA adalah algoritma pembentukan garis berdasarkan perhitungan  ∆x  dan ∆ y, menggunakan rumus  y = m. ∆ x.

Garis dibuat dengan menentukan dua endpoint yaitu titik awal dan titik akhir.  Setiap koordinat titik yang membentuk garis diperoleh dari perhitungan, kemudian dikonversikan menjadi nilai integer.

Langkah-langkah pembentukan menurut algoritma DDA, yaitu :

Contoh :

Untuk menggambarkan algoritma DDA dalam pembentukan suatu garis yang menghubungkan titik (10,10) dan (17,16), pertama-tama ditentukan dx dan dy, kemudian dicari step untuk mendapatkan x_increment dan y_increment.

Penyelesaian :

—x = x1 – x0 = 17-10 = 7

—y = y1 – y0 = 16 -10 = 6

selanjutnya hitung dan bandingkan nilai absolutnya.

—| ∆x| = 7

—| ∆y| = 6

karena | ∆x| > | ∆y|, maka step = | ∆x| = 7, maka diperoleh :

—x_inc = 7/7= 1

—y_inc = 6/7 = 0,86

 

Farid Syaumi

Berbagilah Semampu mu :) Keep Smile And Keep Strong :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
+1