Pengertian dan Fungsi UPS Komputer Update 2020

Pengertian dan Fungsi UPS Komputer – Bagi kalian semua yang saat ini merencanakan untuk membeli ups untuk komputer yang kalian miliki, maka alangkah baiknya untuk lebih mengenal dulu apa pengertian UPS, fungsi UPS, harga UPS, dan UPS terbaik di tahun 2020. Dikarenakan ketika kalian sudah lebih mengetahui tentang barang tersebut maka kalian pun bisa lebih bisa memilih Ups mana yang harus Kalian beli dan juga lebih mengetahui fungsi yang ada pada Ups tersebut, apakah hanya bisa digunakan untuk PC komputer ataupun untuk barang elektronik lain dan pada artikel akan membahasnya untuk anda semua.

Pengertian dan fungsi ups yang akan kami bahas pada artikel kali ini bertujuan supaya memberikan edukasi bagi kalian para pengguna PC komputer yang sekarang ini berencana membeli salah satu barang elektronik yang memang sangat bermanfaat untuk masalah kelistrikan tersebut dikarenakan banyak manfaat yang bisa kalian dapatkan ketika menggunakan ups untuk PC komputer. Ups di dalam istilah kelistrikan adalah suatu perangkat yang mempunyai fungsi sebagai backup power listrik di saat terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba dan juga mempunyai manfaat bisa menjaga peralatan PC komputer lebih awet jika dibandingkan tidak memakai ups.

Penggunaan ups kebanyakan diperuntukkan hanya bagi PC komputer dikarenakan perangkat tersebut sangat rentan terhadap under maupun over voltage atau yang biasa kita kenal dengan istilah naik turun tegangan listrik terutama ketika mati lampu dengan tiba-tiba dikarenakan hal tersebut bisa membuat HD dari motherboard cepat rusak. Selanjutnya dengan menggunakan ups ketika kalian mengalami mati lampu, maka tenaga listrik akan terbakar pada perangkat Ups dan kalian pun bisa menggunakan dalam waktu yang ditentukan pada PC komputer tersebut sehingga tidak akan padang dan komputer tetap awet.

Pengertian ups

Ketika Anda bertanya apa itu ups? Maka jawabannya adalah ups yaitu singkatan dari uninterruptible power supply dan artinya sumber daya listrik tanpa gangguan atau hambatan dimana gangguan dari mati lampu yang mendadak bisa di selesai dengan alat ini dan selanjutnya ketika lampu di rumah kalian selalu naik dan turun tegangan maka dengan alat ini bisa terselesaikan dengan sempurna.

Untuk memakai Ups sendiri alat ini menggunakan energi yang sumbernya dari baterai kering yang selanjutnya diubah menjadi tegangan AC dan memakai rangkaian inverter dikarenakan kapasitas baterai yang terbatas maka pastinya Ups tidak bisa menggantikan listrik PLN secara penuh dan hanya digunakan dalam beberapa saat seperti sampai 15 menit.

Walaupun tidak begitu lama, akan tetapi Ups sudah bisa menggantikan listrik yang mati dikarenakan biasanya pemadaman listrik di beberapa daerah tidak begitu lama sehingga kalian pun yang biasa bekerja di depan PC komputer bisa tetap lanjut bekerja.

Jenis ups

Dasar klasifikasi Ups dibedakan atas dua macam yaitu diantaranya Ups rumahan atau perusahaan dengan skala kecil dan Ups perusahaan atau perusahaan dengan skala besar.

  • Biasanya untuk Ups rumahan mempunyai kapasitas daya antara 700 voltase ampere sampai 1200VA.
  • Akan tetapi untuk Ups perusahaan besar maka biasanya mempunyai kapasitas daya sampai 300KVA.

Sehingga bisa disimpulkan, apabila ups adalah perangkat tambahan ya memang tidak wajib dimiliki oleh setiap orang akan tetapi sangat direkomendasikan bagi kalian yang mempunyai tegangan rumah yang suka naik turun ataupun kalian yang berada di daerah yang sering mati lampu supaya perangkat elektronik terutama PC komputer dan laptop bisa awet dan tahan lama.

Baca Juga   Lenovo ThinkBook Plus, Review Spesifikasi dan Harga 2020
Pengertian dan Fungsi UPS
Pengertian dan Fungsi UPS

Fungsi ups

Di bawah ini adalah beberapa fungsi Ups yang mungkin kalian belum ketahui dan pastinya Menurut kami sangat bermanfaat sekali ketika kalian mempunyai Ups dan untuk fungsinya adalah sebagai berikut.

  1. Bisa menstabilkan tegangan listrik yang masuk supaya lebih aman Apabila terjadi naik turun arus listrik
  2. Menjadi alat untuk backup power atau backup listrik atau charger ketika listrik mati dengan tiba-tiba ataupun terjadi naik turunnya tegangan listrik sehingga PC komputer bisa lebih awet dan tidak mudah rusak.
  3. Beberapa UPS dengan teknologi terbaru dan termasuk Ups pabrikan atau yang biasa digunakan oleh perusahaan besar dan kantoran biasanya berfungsi untuk mengamankan perangkat listrik dari beberapa hal yang tidak diinginkan dan seperti spike frekuensi listrik yang tidak sesuai dan lainnya.
  4. Bisa mengamankan PC komputer anda dari petir dan ini untuk Ups tertentu yang mempunyai fuse pengaman anti petir.

Harga UPS terbaru 2020

Di bawah ini adalah beberapa harga terbaru dari Ups komputer yang kami rangkum dari berbagai sumber di internet.

  • Harga UPS APC BX650Li ms Rp300.000
  • Harga UPS APC BX800li Rp200.000
  • Harga Smart UPS APC BR550GI Rp650.000
  • Harga smart ups apc br1500gi pro inverter Rp1.000.000

Itulah penjelasan kami tentang pengertian dan fungsi Ups komputer yang update di tahun 2020 semoga artikel yang kami bahas pada hari ini, dapat menjadi referensi untuk kalian yang ingin membeli Ups tersebut dan pastinya banyak sekali manfaatnya yang dapat kalian peroleh ketika menggunakan ups.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share