Pengertian dan Konsep Data Mining

Pengertian dan Konsep Data Mining – Data Mining merupakan teknologi baru yang sangat berguna untuk membantu perusahaan-perusahaan menemukan informasi yang sangat penting dari gudang data mereka. Kakas data mining meramalkan tren dan sifat-sifat perilaku bisnis yang sangat berguna untuk mendukung pengambilan keputusan penting. Analisis yang diotomatisasi yang dilakukan oleh data mining melebihi yang dilakukan oleh sistem pendukung keputusan tradisional yang sudah banyak digunakan. Data Mining dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan bisnis yang dengan cara tradisional memerlukan banyak waktu untuk menjawabnya. Data Mining mengeksplorasi basis data untuk menemukan pola-pola yang tersembunyi, mencari informasi pemrediksi yang mungkin saja terlupakan oleh para pelaku bisnis karena terletak di luar ekspektasi mereka.

Data mining didefinisikan sebagai satu set teknik yang digunakan secara otomatisuntuk mengeksplorasi secara menyeluruh dan membawa ke permukaan relasirelasiyang kompleks pada set data yang sangat besar. Set data yang dimaksud disini adalah set data yang berbentuk tabulasi, seperti yang banyakdiimplementasikan dalam teknologi manajemen basis data relasional. Akan tetapi,teknik-teknik data mining dapat juga diaplikasikan pada representasi data yanglain, seperti domain data spatial, berbasis text, dan multimedia (citra). Data miningdapat juga didefinisikan sebagai “pemodelan dan penemuan polapola yangtersembunyi dengan memanfaatkan data dalam volume yang besar”. Data miningmenggunakan pendekatan discovery-based dimana pencocokan pola (patternmatching)dan algoritmaalgoritma yang lain digunakan untuk menentukan relasirelasikunci di dalam data yang diekplorasi. Data mining merupakan komponenbaru pada arsitektur sistem pendukung keputusan (DSS) di perusahaanperusahaan.

Beberapa pengertian data mining yang berhasil penulis himpun dari beberapa pendapat adalah sebagai berikut.

  1. Secara sederhana dapat didefinisikan bahwa Data mining adalah ekstraksi informasi atau pola yang penting atau menarik dari data yang ada di database yang besar sehingga menjadi informasi yang sangat berharga[1].
  2. Data mining merupakan proses penemuan yang efisien sebuah pola terbaik yang dapat menghasilkan sesuatu yang bernilai dari suatu koleksi data yang sangat besar[2].
  3. Data mining adalah suatu pola yang menguntungkan dalam melakukan search pada sebuah database yang terdapat pada sebuah model. Proses ini dilakukan berulang-ulang (iterasi) hingga didapat satu set pola yang memuaskan yang dapat berfungsi sesuai yang diharapkan [3].
  4. Data mining adalah sebuah class dari suatu aplikasi database yang mencari pola-pola yang tersembunyi di dalam sebuah group data yang dapat digunakan untuk memprediksi prilaku yang akan datang[7].
  5. Data mining adalah suatu kelas aplikasi database yang berfungsi melakukan pencarian pola-pola tersembunyi di dalam suatu kumpulan data yang bias digunakan untuk memprediksikan trend atau perilaku yang akan datang.

Berdasarkan beberapa pengertian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa data mining adalah suatu algoritma di dalam menggali informasi berharga yang terpendam atau tersembunyi pada suatu koleksi data (database) yang sangat besar sehingga ditemukan suatu pola yang menarik yang sebelumnya tidak diketahui. Oleh sebab itu istilah data mining sering disalahgunakan untuk menggambarkan perangkat lunak yang mengolah data dengan cara yang baru. Sebenarnya perangkat lunak data mining bukan hanya mengganti presentasi, tetapi benarbenar menemukan sesuatu yang sebelumnya belum diketahui menjadi muncul diantara sekumpulan data yang ada. Bahkan dengan menggunakan data mining dapat memprediksikan prilaku dan tren yang akan terjadi kemudian, sehingga bias membuat para pengusaha menjadi lebih proaktif dan dapat mengambil keputusan dengan benar.

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
+1