14 Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kanan Yang Harus Diketahui

14 Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kanan Yang Harus Diketahui –  Nyeri dada dapat saja terjadi dan hal ini harus kita perhatikan. Dada diibaratkan rumah untuk berbagai organ tubuh seperti jantung, paru-paru, kerongkongan, tulang rusuk, otot, dan lainnya. Setiap masalah yang terjadi pada salah satu dari organ dapat memicu nyeri dada. Sehingga timbul berbabagi macam nyeri dada seperti nyeri dada sebelah kiri, nyeri dada sebelah kanan, nyeri dada bagian tengah, nyeri dada kiri atas, nyeri dada sebelah kanan tembus ke belakang, nyeri dada kiri bawah dan nyeri dada kiri seperti ditusuk-tusuk. Lalu, apa saja Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kanan? Maka silahkan anda membaca penjelasan kami dibawah ini.

Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kanan sedikitnya ada 14 macam, sehingga sangat rekomended anda ketahui sejak dini. Nyeri di sebelah kiri biasanya disebabkan karena ada hubungannya dengan masalah-jantung, sedangkan nyeri di sebelah kanan sebagian besar tidak terkait dengan jantung. Namun, nyeri dada sebelah kanan tidak boleh diabaikan.

Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kanan

Berikut ini adalah kemungkinan penyebab nyeri yang terjadi pada sisi kanan dada.

Infeksi Virus

Infeksi Viral Infeksi virus seperti flu, pilek, dll, juga dapat menyebabkan kita mengalami nyeri dada di sisi kanan. Rasa sakit akan terasa diarea dada kanan ketika kalian menghirup udara dan terkadang kalian akan batuk.

Pneumotoraks

Pneumotoraks adalah kondisi di mana paru paru mengalami kebocoran. Ketika paru-paru mengalmi kerusakan, ia melepaskan udara ke dalam rongga dada. Hal ini menyebabkan nyeri dada akan semakin buruk saat kita bernapas. Hal ini sering disebabkan oleh cedera pada dada.

Baca Juga   Cara Alami Menyembuhkan Mata Rabun

Hepatitis

Hepatitis juga dapat menjadi menyebabkan nyeri pada bagian dada. Rasa nyeri juga dapat di rasakan pada bahu kanan, pada tulang rusuk di kanan atau di belakang. Ada 2 jenis hepatitis; hepatitis kronis, yang berlangsung lebih dari 6 bulan, dan hepatitis akut, yang berlangsung kurang dari enam bulan.

Pleuritis (Peradangan Selaput Dada)

Pleuritis, juga dikenal sebagai pleurisi, adalah peradangan atau iritasi pada lapisan paru-paru dan dada. Rasa sakit yang tajam dapat terjadi saat kita saat bersin, bernafas atau batuk. Infeksi virus atau bakteri, pneumotoraks dan emboli paru adalah penyebab umum nyeri dada pleuritis.Selain itu, hal ini juga dapat terjadi karena penyebab langka seperti kanker, lupus dan rheumatoid arthritis.

Tumor

Munculnya tumor ternyata juga bisa menjadi penyebab dada kanan terasa sakit dan pastinya harus anda waspadai, karena hal ini bisa saja malah akan membuat lebih parah.

Otot Tertarik

Ligamen yang tertarik ataupun mengalami cedera di area tulang rusuk maka hal ini pun menjadi penyebab kenapa dada kanan terasa sakit dan menyakitkan. Rasa akan semakin sakit jika anda beraktivitas dan dalam beberapa kasus malah dapat sembuh dengan sendiriya.

Kostokondritis

Ini adalah peradangan tulang rawan dan sendi tulang dada. Kostokondritis adalah menyakitkan, tapi tidak sangat berbahaya. Rasa sakit mungkin bergeser ke tempat yang berbeda di sisi kanan dada, tetapi tidak akan melakukan perjalanan ke berbagai bagian tubuh. kompres hangat dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit ini.

Gangguan kardiovaskular

Rasa nyeri di sisi kanan dada dapat menunjukkan adanya masalah kardiovaskular seperti serangan jantung, angina atau kardiomiopati.

Stress

Nyeri dada di sisi kanan juga sering disebabkan karena seseorang mengalami stres yang bisa ia alami di tempat kerja, sekolah, atau karena masalah pribadi. Trauma adalah penyebab utama nyeri dinding dada.

Baca Juga   10 Penyebab Hidung Tersumbat dan Cara Mengatasinya

Penyumbatan Makanan

Jika makanan atau cairan tersedak kerongkongan, dapat mengakibatkan saluran makanan tersumbat, yang dapat memicu rasa sakit di sisi kanan dada. Karena kerongkongan berdekatan dengan saraf pada dada. Oleh karena itu, masalah dengan kerongkongan cenderung berdampak pada dada.

Subluksasi Tulang Rusuk

Subluksasi Tulang Rusuk perpindahan satu atau lebih dari tulang rusuk. Kondisi ini merupakan penyebab umum nyeri dada sebelah kanan dan bagian atas. Saat tubuh kita membungkuk akan menambah rasa nyeri. Meski demikian, kondisi ini membaik dengan sendirinya dalam satu atau dua minggu. Jika tulang rusuk patah, rasa sakit akan semakin terasa saat kita bernafas atau batuk

Disfungsi Pankreas

Pankreas terletak di perut bagian atas, oleh karenanya, ketika peradangan pankreas terjadi dapat mengakibatkan nyeri dada. Penyebab ini biasanya diabaikan. Namun, pemeriksaan lebih lenting untuk melihat kondisi pankreas. Rasa nyeri ini akan menjadi semakin buruk ketika berbaring .

Penyakit kandung empedu

Peradangan kandung empedu juga dikenal dengan istilah Cholecystitis. Hal ini terjadi jika batu empedu menghalangi saluran cystic. Kolesterol dan empedu, bersama-sama mengkristal, menyulut kandung empedu, membentuk batu empedu. Seseorang juga mungkin menghadapi nyeri di perut kanan atas atau sternum, disertai dengan perasaan kenyang, yang dihasilkan dari penyakit kandung empedu.

Masalah paru-paru

Paru kanan dan bronkus (saluran pernafasan) yang terletak di sebelah kanan rongga dada. masalah paru-paru seperti asma, bronkitis dan emfisema, dapat menyeabkan nyeri dada. penyakit serius lainnya termasuk emboli paru, kanker, pneumonia, dan infeksi tuberkulosis, yang mengakibatkan nyeri tajam serta akan lebih buruk saat kita menghirup udara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share