Perbedaan Artikel dengan Berita

Perbedaan Artikel dengan Berita – Artikel apa berita? Saat membaca sebuah tulisan apakah kalian tahu perbedaan artikel dan berita? Bagi kalian yang sering membaca ya pasti mudah membedakannya. Tapi bagi siswa yang malas membaca ketika ada tugas dari sekolah atau jika sedang ditanya guru di kelas ya pasti agak kebingungan. Nah, untuk membantu kalian saya akan share perbedaan artikel dengan berita.

Setiap hari kita bisa melihat berbagai berita di televisi. Namun tentu yang kita bahas disini bukanlah berita yang ada di YV, sebab sudah jelas bahwa itu adalah berita. Namun bagaimana kalau kita membaca sebuah koran? Tulisan yang dimuat di koran yang dibaca tentu tidak semua memuat berita. Bisa saja sebuah karangan atau opini saja.

Nah, untuk itu perlu juga kita pahami pengertian artikel dan berita sehingga kita dengan mudah membedakannya. Setelah mengetahui pengertiannya tentu belum cukup, kita juga harus mengetahui apa saja perbedaannya.

Pengertian Artikel dan Berita

Perbedaan Artikel dengan Berita

Pengertian artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu untuk dipublikasikan melalui koran, majalah, atau internet dan bertujuan untuk menyampaikan gagasan dan fakta yang meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

Sedangkan pengertian berita adalah informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan lewat bentuk cetak, siaran, Internet, atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau orang banyak. Lalu, apa perbedaan antara berita dengan artikel? Berikut ini akan dibahas

Perbedaan Artikel dengan Berita

  1. Berita mengimformasikan suatu peristiwa yang aktual sedangkan artikel mengimformasikan suatu kejadian yang faktual. Aktual artinya Terkini dan Faktual artinya Nyata
  2. Berita tidak disertai analisis tentang informasinya, sedangkan artikel disertai dengan analisis tentang informasinya.
  3. Berita dibuat oleh redaksi (pengelola media) sedangkan artikel dibuat oleh ahli pada bidangnya atau pemerhati masalah.
  4. Berita memenuhi konsep 5W + 1H sedangkan artikel memenuhi konsep 2W + H (What, Why, dan How)
  5. Dalam berita, how hanya menjelaskan proses kejadian sedangkan artikel bukan hanya proses kejadian tetapi mengemukakan solusi untuk permasalahan yang dibahas
  6. Artikel bersifat tetap, sedangkan berita bersifat sementara
  7. Artikel berupa ilmu pengetahuan, sedangkan berita berupa peristiwa dan fakta.
Baca Juga   Belajar Hukum Perdata (Hukum Bisnis)

Perbedaan artikel dan berita dalam bentuk tabel

Penjelasan perbedaan antara artikel dan berita yang sudah dijelaskan di atas bisa kita ringkas dalam bentuk tabel sehingga lebih mudah untuk dipahami. Untuk melihat perbedaanya bisa simak tabel berikut ini.

No ArtikelBerita
1Informasi faktual/suatu kejadian Informasi Aktual
2Desertai analisis informasi Tidak disertai analisis informasi
3 Dibuat oleh ahli dibidangnya Dibuat oleh redaksi/media
4 2W + H (What, Why, dan How) 5W + 1H
5 How menjelaskan proses mengemukakan solusi untuk permasalahan yang dibahas Dalam berita how hanya menjelaskan proses kejadian
6 Bersifat tetap Bersifat sementara
7 Berupa ilmu pengetahuan Berupa peristiwa atau fakta

Contoh berita dan artikel

Untuk menambah wawasan kita tentag perbedaan artikel dengan berita, maka beringut ini ada contoh berita dan artikel yang dapat kalian baca.

Contoh berita:

Indonesia Libas Filipina dalam Piala AFF U18 2019

Pertandingan perdana Timnas U-18 berjalan dengan mulus setelah berhasil melibas pertahanan timnas Filipina pada ajang AFF 2019 di Vietnam. Timnas Indonesia menghadapi Filipina di stadion Di An Football Field, Ho Chi Minh City, Selasa, 6 Agustus 2019. Skuad Garuda Muda berhasil menang telah dengan skor 7-1 atas Filipina. Kendati kondisi lapangan yang kurang bagus, namun Timnas yang berkostum merah itu tetap ganas melawan tim dari Filipina.

Pada babak pertama, Tim Garuda Muda bermain dengan terus menyerang pertahanan tim lawan. Lima gol tercipta di babak pertama. Dua gol berasal dari Bagus Kahfi Alfikri, sisanya dari Sutan Zico, M Fajar Fathur dan David Maulana. Pada babak kedua, Indonesia bermain lebih santai. Beberapa kali peluang pun bermunculan hingga menambah kolesi dua gol. Tidak ingin ketinggalan, tim Filipina mempersempit ketertinggalan dengan balasan satu gol. Hingga pertandingan berakhir tidak ada gol tambahan lainnya.

Contoh artikel

Baca Juga   Sosiologi Ekonomi : Pengertian, Pendekatan dan Fenomena

Pengaruh Penggunaan Handphone Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X IPS PGRI 2 Kota Jambi

Prestasi belajar siswa kelas X IPS Prestasi belajar siswa kelas X IPS mata pelajaran sejarah di SMA PGRI 2 Kota Jambi masih tergolong rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa adanya penggunaan handphone yang kurang dimanfaatkan oleh siswa dalam proses belajar mengajar yang berdampak pada prestasi belajar siswa.

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) untuk mengetahui peningkatan prestasi siswa dengan menggunakan handphone sebagai media dalam pembelajaran sejarah siswa kelas X IPS SMA PGRI 2 Kota Jambi. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA PGRI 2 Kota Jambi tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 106 siswa.

Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Data tentang prestasi belajar dengan menggunakan handphone sebagai alat ataupun metode dalam proses dalam belajar mengajar dikumpulkan melalui kuesioner. Sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui dokumentasi yaitu nilai ujian semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat penggaruh penggunaan handphone terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IPS SMA PGRI 2 Kota Jambi antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen yang mana sebelum menggunakan handphone dalam proses belajar prestasi siswa masih kurang atau belum mencapai atas rata-rata, tapi setelah adanya pengunaan handphone dalam proses belajar mengajar nilai siswa naik secara signifikan dan bisa di lihat dari hasil data yang diperoleh dari hasil angket siswa dengan menggunakan uji-t terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan juga eksperimen yaitu (X1) 26,85 dengan menggunakan handphone dalam proses belajar sedangkan dengan tidak menggunakan handphone (Y) 10,43 jarak kenaikan prestasi belajar dengan menggunakan handphone yaitu 16.42.

Baca Juga   Penggunaan Ejaan dalam Bahasa Indonesia

Jurnal oleh :Alifzal, Fazri

Setelah membaca kedua contoh artikel diatas, apakah teman teman menemukan perbedaan artikel dengan berita? Saya yakin kalian bisa menemukannya.

Demikianlah Pelajaran Bahasa Indonesia pada hari ini tentang Perbedaan Berita dengan Artikel dan semoga bermanfaat bagi anda semua. Jika memiliki pertanyaan atau ada sesuatu yang kurang dimengerti mengenai topik ini, bisa teman teman tanyakan pada kolom komentar.

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share