3 Penyebab Perut Sakit Setelah Makan

3 Penyebab Perut Sakit Setelah Makan – Seharusnya, normalnya itu sakit perut langusng menghilang sesudah Anda selesai makan. Itu karena tidak ada gesekan yang terjadi di antara dinding lambung. Tapi, apa jadinya jika setelah makan perut terasa sakit? Apa yang menjadi penyebab dari masalah yang satu ini? Maka, bagi yang masih belum pahham, pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan 3 Penyebab Perut Sakit Setelah Makan yang pastinya masih banyak yang belum mengetahuinya.

Ternyata Penyebab Perut Sakit Setelah Makan tersebut bukannya tanpa alasan. Namun, berdasarkan dari hasil sebuah penelitian, menyatakan bahwa bisa jadi Anda terkena masalah dyspepsia atau disebut juga dengan mengalami masalah pencernaan. Masalah ini akan mengakibatkan terjadinya sakit perut, merasa kembung, penuh terasa penuh sesudah makan.

Penyebab Perut Sakit Setelah Makan

Di samping masalah itu, di bawah ini adalah beberapa alasan setelah makan perut terasa sakit, antara lain:

GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease

Masalah ini bisa saja terjadi saat asam lambung telah mengalami iritasi sampai dibagian lapisan kerongkongan seseorang. Sehingga, hal inilah yang kemudian menyebabkan terjadinya penyakit maag. Masalah GERD ini umumnya dikarenakan Anda suka sekali mengkonsumsi makanan yang pedas sampai berlebihan. Dengan begitu, bila Anda mengalami masalah GERD ini, sebaiknya kurangi saja makanan pedas, jangan mengkonsumsi kafein dan juga alkohol.

Maag ini bisa juga terjadi dikarenakan stress yang berlebihan. Sehingga, hal ini membuat asam lambung menjadi meningkat dan terjadilah penyakit maag. Meskipun penyakit ini terlihat sepele, namun perlu diketahui bahwa sudah banyak korban dari penyakit ini yang berakhir dengan kematian. Maka dari itulah, sebaiknya jangan abaikan penyakit maag ini.

Baca Juga   Cara Alami Meluruskan Rambut Keriting

Jika Anda merasa ada yang tidak beres dengan perut Anda, sebaiknya segeralah periksakan diri Anda ke dokter terdekat.

Mengalami Irritable Bowel Syndrome

Masalah yang satu ini disebut juga dengan IBS. Masalah ini adalah dimana telah terjadi sebuah sindrom yang telah mengiritasi bagian usus besar. Sehingga, hal ini mengakibatkan terjadinya rasa sakit di bagian perut, lambung, diare, bergas, dan bisa juga mengakibatkan terjadinya konstipassi. Setelah makan perut terasa sakit ini bisa saja terjadi dikarenakan Anda mengalami irritable bowel syndrome.

Masalah ini bisa saja terjadi dikarenakan Anda sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan juga sering telat makan. Maka dari itulah, agar tidak terjadi sindrom ini, sebaiknya konsumsi makanan yang sehat yang kaya dengan serat. Misalnya saja seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Keduanya ini sangat efektif sekali untuk mencegah terjadinya konstipasi yang berlebihan. Karena jika masalah ini dibiarkan begitu saja, hal ini akan berdampak lebih parah lagi untuk Anda nantinya.

Penyakit Celiac

Masalah ini adalah dimana telah terjadi reaksi sesudah Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten yang tinggi. Sehingga, hal ini membuat usus kecil mengalami sebuah peradangan. Karena akibat dari peradangan inilah tak heran jika setelah makan perut terasa sakit. Maka dari itulah, sebaiknya konsumsi saja makanan yang secukupnya dan jangan berlebihan. Karena apapun yang dikonsumsi secara berlebihan itu pada dasarnya tidak baik.

Maka dari itulah, bila setelah makan perut terasa sakit, itu bisa jadi Anda mengalami salah satu hal yang telah kami sebutkan di atas. Agar tidak terjadi masalah yang demikian, sebaiknya jangan terlalu mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas secara berlebihan, jangan mengkonsumsi alkohol, jangan mengkonsumsi kafein yang berlebihan, dan selalu jaga lambung Anda dengan baik. Karena sebenarnya masalah ini dikarenakan masalah pada bagian lambung, sehingga Anda merasa sakit sesudah makan.

Baca Juga   5 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share