Relasi Antar Tabel Dengan Foreign Key

Assalamualaikum wr.wb bertemu lagi bersama saya mimin, dan kali saya akan memberikan informasi tentang bagaimana cara membuat relasi antar tabel dengan foreign key, okelah tidak usah banyak cincong, kita mulai saja.

Dalam membangun relasi antar tabel database, perlu diketahui tentang istilah-istilah dalam relasi database sebagai berikut :

  1. Primary Key adalah sebuah field/atribut yang ditandai sebagai kunci utama dari sebuah tabel dengan tujuan untuk membuat nilai dari field Primary key sebagai nilai yang unik. Sebagai nilai yang unik, maka setiap data yang disimpan dalam field primary key tidak akan memiliki nilai yang sama.
  2. Foreign key adalah sebuah field dalam sebuah tabel dimana field tersebut berasal dari field primary key dari sebuah tabel lain dengan tujuan untuk membuat relasi dengan tabel tersebut.

Setelah itu anda harus membuat :

  1. Buatlah database dari Entity Relational Diagram (ERD) dibawah :

2. Setelah selesai membuat ERD kemudian kita membuat tabel seperti dibawah ini :

3. Setelah selesai membuat tabel diatas maka di lanjutkan dengan pembuatan tabel seterusnya :

4. Dan yang terakhir kita langsung membuat tabel relasi menggunakan foreign key :

Mungkin cukup sekian sedikit pengetahuan saya semoga bermanfaat buat saya dan buat kalian semua, terimakasih dan tetap semangat meraih ilmu setinggi tingginya 🙂 Keep Smile Keep Strong 🙂

Farid Syaumi

Berbagilah Semampu mu :) Keep Smile And Keep Strong :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.