3 Tips Sehat dan Cantik Dengan Kedelai

3 Tips Sehat dan Cantik Dengan Kedelai – Bagi kamu semua yang sering mengkonsumsi susu dan daging setiap hari? Akan tetapi masih merasa khawatir dengan dampak buruknya terhadap kesehatan namun tetap membutuhkan asupan protein teratur? Tenang saja, ganti saja daging dan susu dengan produk-produk olahan kedelai yang sehat dan lezat. Karena ternyata kacang kedelai mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan yang belum diketahui dan oleh karena itu silakan kalian mencoba tips sehat dan cantik dengan kedelai berikut ini.

Sehat dan cantik dengan kedelai adalah salah satu solusi yang sangat tepat untuk kalian yang ingin mempunyai kecantikan alami dan juga tubuh yang sehat dikarenakan kacang kedelai terdapat beberapa zat yang bisa membantu tubuh menjadi bugar dan juga membuat kulit wajah menjadi cerah dan pastinya beberapa manfaat lain yang bisa anda dapatkan saat mengkonsumsi kacang kedelai.

Sehat dan Cantik Dengan Kedelai

Sebelum kalian mengetahui tips tentang sehat dan cantik dengan mengkonsumsi kacang kedelai, maka alangkah baiknya melihat apa saja yang berkaitan dengan kedelai berikut ini.

Mengenal kedelai lebih dekat

Kedelai telah dibudidayakan di China sejak 13.000 tahun yang lalu. Kacang kedelai sarat protein juga kaya akan mangan, selenium, potasium, fosfor, zat besi, kalsium, folat, vitamin B6, riboflavin, thiamin dan vitamin K yang semuanya baik bagi tubuh. Kandungan serat dalam kedelai juga cukup tinggi sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat diet karena tentu saja, serat yang tinggi dan tidak mudah larut dalam tubuh akan menimbulkan rasa kenyang lebih lama.

Baca Juga   7 Resiko Kehamilan Pada Usia 40 Tahun

Kedelai juga dikenal dapat meringankan gejala PMS karena kandungan isoflavonnya mampu menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh juga menurunkan risiko endometriosis dan kanker payudara. Fungsi penyeimbang hormon ini juga sangat baik untuk perempuan yang mulai memasuki masa menopause dan mengalami penurunan produksi hormon alami. Bagi pria, kedelai juga mampu menurunkan risiko kanker prostat.

Kedelai untuk tubuh sehat dan kulit cantikmu

Konsumsi serat yang tinggi sangat disarankan untuk semua orang, baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan maupun mereka yang sudah puas dengan berat badannya karena serat mengenyangkan dalam waktu lama juga menyerap lemak dan kolesterol. Manfaat ini bisa kamu dapatkan dari kedelai yang kaya serat.

Selain membantu proses diet, kedelai juga memiliki kandungan protein nabati yang kaya, mampu mencukupi kebutuhan protein harianmu sehingga kamu bisa mengganti susu dengan susu kedelai dan daging dengan produk olahan kedelai seperti tahu, tempe dan miso. Vitamin C dan vitamin E dalam kedelai juga penting bagi proses pembentukan kolagen, perbaikan jaringan dan pemeliharaan kulit. Konon produk-produk perawatan kulit berbahan dasar kedelai merupakan anti-aging sekaligus pencerah kulit yang efektif dan mampu mengurangi jerawat sehingga banyak direkomendasikan oleh ahli kecantikan. Kandungan isoflavon juga mampu menyembuhkan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari sehingga kedelai kerap digunakan sebagai salah satu bahan dasar sunblock dan sunscreen.

Manfaat kedelai bagi tubuh masih ada lagi lho, yaitu sebagai nutrisi rambut yang akan memancarkan kilau sehat rambutmu.

Tips sehat mengkonsumsi kedelai

Untuk mendapatkan manfaat kedelai secara maksimal, kamu harus memperhatikan beberapa faktor ini saat mengkonsumsinya:

  1. Kedelai harus dikonsumsi matang karena kedelai mentah mengandung alergen yang berdampak buruk bagi tubuh, terutama bagi mereka yang memiliki alergi terhadap kacang-kacangan.
  2. Kamu bisa menggunakan susu kedelai tawar sebagai hairmask, terutama untuk rambut kering dan bercabang agar kembali sehat berkilau. Cukup dengan memijat lembut rambut dan kulit kepalamu dengan ½ gelas susu kedelai tawar selama lima menit, diamkan selama dua puluh menit dan bilas dengan air hangat suam-suam kuku. Lakukan terapi hairmask kedelai ini 1-2 kali seminggu untuk hasil maksimal.
  3. Sajikan kedelai rebus atau edamame sebagai camilan sehat sehari-hari. Caranya sangat mudah: rebus kedelai (kamu bisa membeli kedelai mentah maupun kedelai beku yang banyak terdapat di supermarket) dalam air mendidih. Jika dietmu cukup longgar, kamu bisa menambahkan garam sebagai perasa. Untuk kedelai kecil yang lebih lembut, cukup direbus selama tiga menit, sementara kedelai yang lebih besar dan lebih keras akan membutuhkan 5-6 menit.
  4. Untuk kedelai beku, waktu perebusan yang umum adalah 4-5 menit saja.
    Variasikan tahu, tempe dan miso sebagai bagian dari menu harianmu. kamu bisa mendapatkan resep-resepnya dengan mudah di internet. Bereksperimenlah sesuai kreativitasmu.
Baca Juga   7 Efek Samping Minum Spirulina Yang Jarang Diketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share