3 Cara Ubah Smartphone Jadi Webcam di PC Komputer

Cara ubah smartphone Jadi webcam Apabila kalian mempunyai PC komputer yang memang sudah jadul dan selanjutnya tidak terdapat fitur webcam, maka biasanya anda akan membeli driver webcam yang memang bisa dipasang di PC komputer jadul kalian. Namun Tahukah Anda, apabila ternyata ada tips yang bisa kalian lakukan ketika ingin mempunyai webcam namun kalian tidak harus membeli hardware akan tetapi kalian bisa menggunakan Smartphone Jadi Webcam dan pada artikel kali ini kami akan membahasnya untuk anda semua.

Smartphone Jadi webcam di PC terbilang menjadi cara yang memang sudah lama ada akan tetapi mungkin diantara Anda belum mengetahui terkait cara yang benar supaya kalian mempunyai fitur webcam pada PC jadul hanya dengan menggunakan kamera HP. Tidak bisa dipungkiri apabila fungsi dari webcam memang terbilang banyak selain bisa dijadikan sebagai sarana Anda membuat video tutorial untuk konten YouTube, namun dengan adanya fitur tersebut, kalian pun bisa melakukan live streaming dan juga melakukan interaksi bertatap muka secara virtual dengan teman kerabat Sampai kekasih. Mau Mencoba silahkan ikuti semua langkahnya.

Walaupun sekarang ini untuk webcam sendiri sudah dijual portable ataupun eksternal akan tetapi jika kalian malas dan tidak mau membeli webcam eksternal, maka cara yang bisa kalian lakukan supaya PC komputer jadul anda bisa mempunyai fitur webcam yaitu dengan menggunakan Smartphone dan pastinya hal ini bisa kalian coba di rumah dengan mengikuti step by step langkah yang akan kami bahas pada artikel kali ini.

Peralatan Cara ubah smartphone Jadi webcam

Sebelum mengikuti cara yang akan kami bahas pada artikel kali ini, maka ada beberapa peralatan yang harus kalian sediakan terlebih dahulu agar bisa menjadikan kamera HP Android beralih fungsi menjadi webcam dan untuk peralatannya sendiri adalah sebagai berikut.

  • HP Android
  • PC komputer dengan sistem operasi Windows
  • Aplikasi dari Google Play Store
  • Mempunyai jaringan internet wifi

Cara ubah smartphone Jadi webcam

Setelah kalian mengetahui apa saja bahan yang harus dipersiapkan, maka di bawah ini adalah cara cara menjadikan smartphone Android menjadi webcam dan untuk caranya adalah sebagai berikut:

Mengunduh aplikasi droidcam wireless webcam

Untuk langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu terlebih dahulu mengunduh aplikasi bernama droidcam wireless webcam secara gratis di Google Play Store yang nantinya kalian install di HP milik kalian dan aplikasi ini berfungsi sebagai alat untuk menjadikan kamera HP menjadi webcam.

Untuk mengunduh aplikasi Android droidcam wireless webcam maka silakan untuk mengunduhnya melalui link berikut ini: DroidCam Wireless Webcam

Mengunduh aplikasi droidcam wireless webcam di komputer

Apabila sudah kalian instal aplikasi di atas, maka langkah selanjutnya kalian harus menginstal aplikasi yang nantinya bisa di PC komputer berbasis Windows dengan mengunduh link berikut ini: Droidcam for PC

Cara instal di PC komputer

Untuk cara instalasi aplikasi droidcam wireless webcam di PC komputer maka kalian bisa mengikuti langkah berikut ini:

  1. Silakan kalian unduh aplikasi yang telah kami sediakan dan selanjutnya silakan install aplikasi.
  2. Silahkan kalian pilih di bagian I Agree dan selanjutnya pilih bagian install dan kalian harus memperhatikan jika Windows komputer kalian menampilkan sebuah peringatan saat menginstal driver.
  3. Ketika muncul kotak dialog saat menginstal aplikasi ini maka silakan kalian centang di kotak ‘Always trust software from DEV47 APPS’ selanjutnya silakan kalian pilih install.
  4. Apabila menemukan finish artinya kalian tinggal klik finish dan instalasi selesai di PC komputer.

Cara mengkoneksikan aplikasi di HP ke PC

Apabila aplikasi telah di-install baik di HP dan juga PC, maka langkah selanjutnya anda tinggal melakukan koneksi supaya dari smartphone ke PC komputer dapat tersambung sehingga HP kalian bisa dijadikan sebagai webcam dan untuk caranya adalah sebagai berikut.

Kamera HP jadi Webcam - Google
Kamera HP jadi Webcam – Google
  1. Silakan kalian jalankan aplikasi droidcam yang telah kalian install di smartphone
  2. Selanjutnya apabila ada peringatan untuk menyambungkan dan antara HP dan PC maka silakan kalian tinggal menyambungkan melalui wi-fi
  3. Setelah itu silakan pilih tekan got it
  4. Apabila diminta untuk diizinkan supaya otoritas dari aplikasi bisa bekerja di HP Android, maka silakan kalian izinkan termasuk mengizinkan microphone.
  5. Selanjutnya akan muncul alamat IP yang berbeda ada dimana alamat IP tersebut merupakan alamat IP address yang menjadi area komunikasi dengan smartphone dan juga PC
  6. Kalian tinggal melihat dan memasukkan IP address yang ada di smartphone yang selanjutnya diteruskan ke aplikasi droidcam yang ada di PC komputer
  7. Silakan kembali ke komputer kalian dan selanjutnya jalankan software bernama droidcam client dan silakan lihat kotak device IP yang terlihat kosong dan silakan kalian Masukkan alamat IP dari smartphone dan jangan lupa untuk memastikan watak video dan audio dicentang terlebih dahulu.
  8. Terakhir silahkan kalian pilih klik Star dan jika berhasil maka HP kalian sudah bisa dijadikan menjadi webcam di PC komputer jadul.

Itulah pembahasan kami, tentang tutorial bagaimana cara ubah kamera smartphone Jadi webcam di PC komputer dengan sangat mudah dan siapapun bisa melakukannya. Semoga artikel yang kami bahas pada hari ini, bisa menjadi referensi untuk anda semua dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share