Solusi Absensi Bagi Karyawan Lapangan

Dalam bekerja di perusahaan, tidak setiap hari karyawan ditempatkan bekerja di kantor. Ada hari tertentu, dimana karyawan akan ditugaskan untuk bekerja langsung di project lapangan maupun survey lokasi. Baik berkerja di kantor maupun lapangan, setiap karyawan wajib melalukan absensi daftar hadir. Perlu adanya solusi absensi karyawan yang memenuhi kegiatan harian yang penggunaannya sangat efektif dan bisa dilakukan dimana saja. Saat bekerja di lapangan, sebagian besar perusahaan menggunakan sistem absensi secara manual, karena pemasangan fingerprint juga tidak memungkinkan.

Sistem absensi manual tentu tidak efektif lagi, apalagi daya yang dihasilkan dari absensi manual kurang akurat, khususnya berkaitan dengan waktu. Waktu kehadiran atau kepulangan dapat dimanipulasi oleh setiap individu, karena pihak perusahaan tidak memantau setiap saat. Kini kecurangan tersebut bisa diminimalisir dengan hadirnya absensi berbasis online dalam bentuk aplikasi yang bisa diinstal pada setiap perangkat smartpone karyawan.

absensi karyawan

Aplikasi Absensi Online sebagai Solusi Absensi Karyawan Lapangan

Hadirnya aplikasi absensi Android sangat membantu dan mempermudah karyawan dalam melakukan absensi kehadiran saat sedang bekerja di lapangan. Karyawan tidak perlu lagi menuliskan absensi dalam buku tulis secara manual. Melalui smartphonenya, karyawan dapat melakukan absensi kehadiran sesuai waktu dan tempat.

Mengurangi Tindak Kecurangan

Walaupun bekerja di lapangan dan tidak dipantau oleh atasan setiap saat, karyawan tidak dapat melakukan kecurangan, khususnya dalam kedisiplinan waktu. Karyawan tidak dapat dapat terlambat atau pulang lebih awal dengan memanipulasi data absensi. Dengan absensi berbasis aplikasi ini, Anda tidak dapat melakukan absensi sebelum sampai di lokasi kerja Anda, karena aplikasi ini menggunakan sistem GPS yang dapat menampilkan informasi tempat.

Mempermudah Perusahaan Memantau Keberadaan Karyawan

Data absensi yang dilakukan karyawan melalui smartphonenya, akan langsung terinput ke dalam sistem database aplikasi absensi yang ada di komputer kantor. Data tersebut akan menampilkan waktu dan tempat karyawan berada. Sehingga perusahaan bisa mengetahui bahwa karyawan yang ditugaskan bekerja di lapangan benar-benar berada di lokasi tersebut sesuai dengan waktu kerjanya.

Meningkatkan Semangat Kerja Karyawan

Aplikasi absensi berbasis online secara tidak langsung akan meningkatkan kinerja karyawan dalam bekerja, termasuk para karyawan lapangan. Walaupun tidak bekerja di kantor, namun perusahaan bisa memantau kedisiplinan karyawan melalui data absensi yang dilakukan karyawan yang bersangkutan. Hal inilah yang secara tidak langsung membuat karyawan lebih bersemangat dalam bekerja untuk disiplin waktu.

Meningkatkan Produktivitas Karyawan dalam Bekerja

Absensi menggunakan aplikasi membutuhkan waktu yang singkat, karena karyawan hanya perlu membuka aplikasi dan log in dengan ID atau data diri karyawan ke dalam sistem sebagai bukti kehadiran. Tidak perlu mengantri seperti saat melakukan absensi secara manual. Hal ini akan membuat karyawan lebih bisa memaksimalkan waktu yang ada untuk melakukan aktivitas lain yang berkaitan dengan pekerjaannya.

Jadi, itulah mengapa aplikasi absensi berbasis online dan terinstall dalam smartphone sangat penting diterapkan. Aplikasi tersebut sangat membantu kemudahan karyawan lapangan melakukan absen saat berada di lokasi kerja.

Salah satu aplikasi absensi berbasis android yang telah banyak digunakan oleh perusahaan adalah LinovHR, Dengan aplikasi absensi dari LinovHR proses absen hanya perlu menggunakan smartphone karyawan, akurasi dan keamanan data yang terjamin adalah salahsatu keunggulan LinovHR dari software absensi lain nya.

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share