Sudah Siap Mengikuti IELTS Tes? Ikuti 8 Persiapannya Disini

IELTS Tes – Bisakah Kita mempersiapkan diri untuk mengikuti tes IELTS hanya dalam satu bulan saja? Tentu saja bisa, semua tergantung bagaimana cara kamu mempersiapkan diri.

Ada baiknya kamu jangan mendaftar untuk langsung mengikuti tes tanpa persiapan. Kesiapan diri dalam tes akan menentukan hasil skor yang didapatkan. 

Jangan sampai karena meremehkan soal persiapan ini, kamu gagal masuk ke universitas yang diidamkan hanya disebabkan skor IELTS yang rendah.

Karena hampir sebagaian besar Universitas- Universitas, skor IELTS menjadi patokan utama untuk mengetahui kemampuanmu dalam berbahasa Inggris. Mengapa? Karena kemampuan ini akan digunakan untuk mengikuti perkuliahan. 

Jika kemampuan berbahasa Inggrismu tidak mencukupi, maka kesulitan dalam menerima perkuliahan memiliki resiko yang besar. Kamu bisa saja tidak bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu dan tidak paham materi yang disampaikan oleh dosen. Jadi sebaiknya persiapkan diri untuk menempuh tes IELTS dengan persiapan IELTS di Jakarta dari sekarang. 

Persiapan Tes IELTS yang Tepat untuk Dilakukan

Persiapan Tes IELTS

Kapan sebaiknya kamu mengikuti tes IELTS? Waktu yang tepat bisa ditentukan dari pendaftaran terakhir universitas. Kamu bisa mengikuti tes minimal dua bulan sebelum pendaftaran terakhir. 

Karena sertifikat atau hasil tes akan didapatkan 13 hari setelah tes berlangsung. Artinya kamu harus menunggu setengah bulan untuk mendapatkan hasilnya. 

Kemudian dari waktu tes, sebaiknya kamu mempersiapkan diri empat atau enam bulan sebelumnya. Lamanya persiapan ini tergantung dengan sejauh mana saat ini kamu memahami soal tes. Cara paling mudah adalah dengan mengikuti kursus sambil tetap belajar di luar kelas. 

Ada beberapa persiapan yang bisa kamu lakukan dalam mempersiapkan diri, lalu apa sajakah tipsnya itu? Jika pensaran maka berikut ini adalah ulasan singkatnya:

1. Berlatihlah Mengerjakan Soalt IELTS Sesering Mungkin

Supaya terbiasa dengan tipe-tipe soal yang biasa muncul pada IELTS akan lebih baik jika kamu lebih sering berlatih dalam mengerjakan soal soal tes IELTS.

Di tempat kursus IELTS biasanya akan dilakukan latihan tes setiap beberapa minggu sekali. Kesempatan ini harus dimanfaatkan untuk mengetahui perkembangan pemahaman tes dari minggu ke minggu. Di luar kelas, kamu juga bisa membeli buku kumpulan soal tes IELTS dan mengerjakannya.

2. Sering menulis Dalam Bahasa Inggris

Sesi tes writing dalam tes IELTS tidak bisa dikuasai tanpa melatih diri dalam menulis dan hal ini tidak mungkin Kamu kuasi dalam hitungan hari atau dalam hitunggan minggu saja, namun jangan khawatir karena ada banyak cara untuk mengasah kemampuan menulismu

Seperti membuat buku harian tentang kegiatan sehari-hari dalam bahasa Inggris yang bisa dikoreksi setiap akhir pekan. Cobalah untuk menulis ulang berita yang sudah kamu dengarkan. Cara ini juga bisa mengasah kemampuan listening kamu.

3. Mendengarkan Banyak Tipe berita

Tipe selanjutnya yang bisa Kamu persiapkan sebelum menyambut IELTS tes adalah dengan mendengarkan banyak tipe berita berbahasa Inggris.

Berita yang dimaksud adalah dengan menggunakan logat Amerika dan British, karena pada sesi listening tes IELTS logat yang akan kamu dengarkan adalah logat British.

Jadi akan lebih baik kamu membiasakan telinga mendengarkan berita yang menggunakan logat British seperti berita dari channel BBC.

Tapi tidak ada salahnya juga mendengarkan bahasa Inggris dengan logat Amerika atau Australia. Kamu akan dengan lebih mudah membedakan logatnya.

4. Belajarlah Bahasa Inggris Dengan Teman

Demi mengasah kemampuan speaking, kamu membutuhkan teman untuk belajar. Akan lebih baik jika kamu mendapatkan teman belajar native speaker.

Belajarlah untuk membicarakan topik-topik tertentu, karena dengan seringnya berlatih akan menguntungkanmu dalam menghadapi sesi tes speaking. Jika mengalami kesulitan, kamu bisa menuliskan terlebih dahulu kalimat yang ingin dibicarakan.

5. Membuat strategi dalam mengerjakan tes

Kamu harus menciptakan strategi pada saat mengerjakan tes supaya bisa berpacu dengan waktu. Pastikan kamu mampu mengerjakan semua soal sesuai dengan waktu yang telah disediakan tanpa melewatkan satu soal sekalipun.

Pada sesi reading, belajar bagaimana teknik skimming dan scanning supaya bisa langsung mengetahui pokok bahasan sesuai dengan pertanyaan. Melalui teknik ini kamu bisa mengerjakan soal dengan lebih cepat.

6. Bermainlah game

Bermain game sangatlah menyenangkan apalagi jika Kamu bermain game kesukaanmu, namun bermain game juga jangan berlebihan yak arena tidak baik.

Namun, siapa yang menyangka game akan menjadi hiburan sekaligus media belajar yang sangat efektif untuk Kita semua, karena melalui game kamu bisa mengasah ingatan akan berbagai vocabulary yang harus dihafalkan

Beberapa aplikasi game bahasa Inggris bisa dimanfaatkan pada saat sedang jenuh menerima materi atau latihan mengerjakan soal tes.

7. Beristirahatlah dengan cukup

Kesalahan yang sering dilakukan oleh para peserta tes adalah memforsir diri untuk belajar. Sehingga pada saat hari tes, kesehatan menurun. Selama melakukan persiapan selalu ingat bahwa tubuh tetap membutuhkan istirahat. Jangan memaksakan diri untuk belajar terus-terusan dan tetap beristirahat pada malam hari.

8. Berdoa Kepada Sang Maha Pencipta

Tips menghadapi IELTS tes yang terakhir adalah berdoa kepada  Sang Maha Kuasa karena tanpa keridhoannya segala apa yang Kita usahakan bisa saja percuma maka dari itu cobalah untuk rajin ibadah dan meminta doa kepada Nya dan juga meminta doa kepada kedua orang tua ya.

Sekianlah pembahasan singkat mengenai berbagai macam tips menhadapi IETS tes dan semoga saja tips singkat yang Saya jelasakan di atas tadi dapat bermanfaat untuk Kita semua ya, selamat belajar dan salam kesuksesan untuk Kita semua. 

Baca Juga   Tips Menghilangkan Rasa Bosan dan Jenuh di Tempat Kerja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share