6 Jenis Tabungan Pendidikan untuk Masa Depan Anak

Tabungan pendidikan adalah salah satu solusi dari perbankan buat orang tua menghadapi tingginya biaya pendidikan dengan cara memberikan tabungan yang membantu orang tua melakukan perencanaan pendidikan sejak dini.

Biaya pendidikan yang terbilang tidak sedikit, mengharuskan setiap orang bekerja keras untuk mencukupinya. Namun, tidak selamanya tubuh cukup kuat dan sehat. Oleh karena itu, mulai saat ini sisihkan pendapatan dan gunakan untuk mengisi tabungan pendidikan. Ini dilakukan agar buah hati dapat bersekolah setinggi mungkin.

Beberapa Pilihan Tabungan Pendidikan

Jenis Tabungan Pendidikan untuk Masa Depan Anak

Pendidikan merupakan hak yang harus diterima oleh seluruh warga di Indonesia agar mewujudkan generasi yang maju dan berkarakter. Namun, hal tersebut tidak diimbangi dengan tingginya biaya yang ada. Solusinya adalah dengan membuka tabungan berikut ini (sumber data):

1. Tabungan Berjangka BCA

Tabungan Berjangka bank BCA memberikan pilihan waktu menabung mulai dari 1-20 tahun. Setoran bulanan dimulai Rp.500.000,- per bulan, dengan kelipatan Rp.50.000,-. Tahapan tersebut dilengkapi perlindungan asuransi jiwa senilai Rp 1,5 miliar per nasabah.

Jika dana tidak mencukupi pada tanggal jatuh tempo, pendebetan akan dilakukan ulang pada akhir bulan berjalan. Namun, jika terjadi kegagalan hingga tiga bulan berturut-turut, rekening Tahapan Berjangka BCA akan otomatis ditutup dan dana dikembalikan ke rekening sumber dana.

2. BNI Tapenas

BNI Tapenas merupakan tabungan berjangka  BNI untuk membantu perencanaan keuangan, termasuk biaya pendidikan anak. Hal ini dilengkapi dengan perlindungan asuransi gratis. Anda juga dapat menentukan sendiri setoran rutin mulai dari yang terkecil Rp.100.000,-.

Setoran ini dilakukan dengan menarik rekening afiliasi pada tanggal 5 setiap bulan. Jika ingin menambah dana tabungan di luar setoran rutin, bisa dilakukan dengan menyetor langsung ke rekening BNI Tapenas.

Dana tambahan ini dapat ditarik sewaktu-waktu dengan maksimum penarikan sebesar 30 persen dari setoran tambahan. Sementara, untuk setoran rutin bulanan dan bunga didapatkan hanya bisa ditarik saat jangka waktu berakhir.

3. Tabungan Rencana Mandiri

Tabungan Rencana Bank Mandiri menawarkan setoran bulanan mulai dari Rp.100.000,-, dengan jangka waktu tabungan mulai dari 1 hingga 20 tahun. Bank Mandiri bekerja sama dengan PT AXA Mandiri Financial Services untuk memberikan perlindungan asuransi gratis senilai Rp.5.000.000,- per bulannya.

Dengan tabungan pendidikan ini, Anda juga dapat mengubah setoran rutin bulanan sesuai keinginan. Misalnya, setoran bulan pertama sebesar Rp.200.000,-, lalu pada bulan ketiga, bisa saja mengubahnya menjadi Rp.400.000,-.

4. Tabungan Siap BTN

Tabungan BTN Siap merupakan produk simpanan dari Bank BTN untuk perencanaan masa depan, mulai dari biaya pernikahan hingga dana pendidikan. Tabungan ini dilengkapi perlindungan asuransi utama dan perlindungan asuransi tambahan.

Asuransi tambahan berupa santunan duka akibat kecelakaan dan perlindungan dari penyakit tropis. Setoran rutin bulanan mulai dari Rp.100.000,- (dan kelipatannya), dengan simpanan dari 1 hingga 15 tahun.

5. Tabungan Britama Rencana Bank BRI

Tabungan pendidikan anak juga bisa disiapkan melalui Britama Rencana Bank BRI. Britama Rencana menawarkan setoran bulanan mulai dari Rp.100.000,- hingga Rp.5.000.000,- dengan jangka waktu simpanan mulai dari 1 sampai 20 tahun.

Berbeda dengan produk tabungan sebelumnya, dana tabungan Britama Rencana bisa dicairkan kapan saja tanpa dikenakan biaya. Manfaat lainnya adalah diberikan perlindungan asuransi dengan nilai pertanggungan hingga Rp 1 miliar.

6. Tabungan Pendidikan CIMB Niaga

Tabungan pendidikan dari Bank CIMB Niaga menawarkan suku bunga tinggi hingga 4,85 persen. Setoran awal dan setoran bulanan mulai dari Rp.100.000,-. Adapun simpanan mulai dari 3 sampai 10 tahun. Nasabah bisa memantau saldo dan mutasi rekening melalui layanan CIMB Clicks, Go Mobile dan Phone Banking.

Demikianlah paparan mengenai tabungan pendidikan yang perlu untuk dipersiapkan sejak dini agar masa depan anak terjamin. Pilihlah jenis bank yang sesuai dengan kondisi Anda supaya tercipta kelancaran.

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share