Mengenal Teknik Biopsi Testis Terupdate 2021

Mengenal Teknik Biopsi Testis Terupdate 2021 –  Biopsi testis proses pengambilan sedikit sampel jaringan testis, yang kemudian dikirim untuk pemeriksaan mikroskopis untuk mencari bukti penyakit atau patologi yang terjadi dalam testis. Biopsi testis sendiri, dapat dilakukan dalam 2 cara, yaitu biopsi perkutan testis yaitu dilakukan melalui kulit, tidak ada sayatan dan Biopsi bedah terbuka. Bagi anda yang ingin lebih dalam mengetahuinya, maka silahkan membaca penjelasan kami tentang Teknik Biopsi Testis Terupdate 2021 berikut ini.

Teknik Biopsi Testis adalah sebuah teknik pengambilan sample dar jaringan testi dengan beberapa cara seperti Biopsi perkutan tidak perlu sayatan atau jahitan. Sebuah jarum dimasukkan melalui kulit skrotum ke testis dan sampel jaringan diambil ke dalam jarum suntik yang melekat pada jarum. Hal ini juga disebut biopsi jarum.

Teknik Biopsi Testis

Sebuah variasi dari biopsi perkutan adalah biopsi jarum inti, di mana musim semi dimuat jarum yang digunakan untuk menarik keluar ‘silinder sel’. Dalam metode ini, sampel yang lebih besar dari jaringan diperoleh dibandingkan dengan biopsi jarum halus.

Biopsi bedah terbuka dilakukan dengan proses sayatan bedah di kulit skrotum dan memperoleh sampel jaringan testis, diikuti oleh penutupan sayatan menggunakan jahitan.

Tujuan Biopsi Testis

Biopsi testis umumnya dilakukan untuk tujuan berikut, yaitu:

  1. Investigasi penyebab infertilitas pria setelah melakukan tes lain seperti analisis semen dan tes hormonal
  2. Konfirmasi terjadinya spermatogenesis normal pada pria dengan azoospermia obstruktif sebelum merencanakan koreksi bedah untuk meringankan obstruksi di vas deferens. Dalam azoospermia obstruktif, testis memproduksi sperma, tetapi mereka tidak dapat mencapai air mani karena obstruksi pada tubulus melakukan disebut vas deferens.
  3. Ekstraksi sperma pria dengan azoospermia non-obstruktif. Dalam azoospermia non-obstruktif, bebera
  4. Investigasi penyebab infertilitas pria setelah melakukan tes lain seperti analisis semen dan tes hormonal
  5. Konfirmasi terjadinya spermatogenesis normal pada pria dengan azoospermia obstruktif sebelum merencanakan koreksi bedah untuk meringankan obstruksi di vas deferens. Dalam azoospermia obstruktif, testis memproduksi sperma, tetapi mereka tidak dapat mencapai air mani karena obstruksi pada tubulus melakukan disebut vas deferens.
  6. Ekstraksi sperma pria dengan azoospermia non-obstruktif. Dalam azoospermia non-obstruktif, beberapa sperma dapat diproduksi oleh testis tetapi tidak muncul dalam air mani tanpa adanya halangan apapun. sperma yang diekstrak kemudian digunakan untuk fertilisasi in vitro. Sebuah bagian dari sampel biopsi diperoleh untuk prosedur ini juga dikirim untuk pemeriksaan mikroskopis.
  7. Untuk mengevaluasi pria infertil dengan faktor risiko untuk kanker testis, seperti yang dengan testis yang tidak turun atau disembunyikan (cryptorchidism) di mana testis absen dari lokasi normal dalam skrotum, keganasan testis sebelumnya atau atrofi testis. Namun, tes ini biasanya tidak digunakan untuk diagnosis kanker testis karena dapat mengakibatkan penyebaran kanker.
Baca Juga   6 Manfaat Minyak Jarak Untuk Kulit Patut Dicoba

Persiapan Biopsi Testis

Prosedur biopsi testis membutuhkan persiapan minim. pasien harus mendiskusikan dengan dokter mengenai obat biasa atau over-the-counter bahwa ia mungkin menggunakan. Beberapa hal ini harus dihentikan sebelum dan selama prosedur seperti yang disarankan oleh dokter. Ini termasuk orang-orang yang dapat menyebabkan perdarahan seperti pengencer darah seperti heparin dan warfarin, dan obat anti-inflamasi nonsteroid seperti ibuprofen dan aspirin.

Dalam hal prosedur sedang dilakukan di bawah anestesi umum, pasien harus tetap berpuasa selama minimal selama 8 jam sebelum tes. Selain itu, jika obat penenang telah diresepkan untuk dibawa di rumah malam sebelumnya, disarankan untuk tidak berkendara diri sendiri untuk operasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share