15+ Text Editor Bahasa Pemrograman (IDE Programming)

Bahasa Pemrograman adalah sejumlah perintah atau intruksi (bisa satu intruksi maupun banyak) yang digunakan untuk menjalankan fungsi dan tugas tertentu yang untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Bahasa pemrograman sering juga disebut sebagai bahasa komputer dikarenakan memag dijalankan oleh komputer. Selain bahasa komputer, sering juga disebut sebagai koding (Coding), kode (code) atau listing program (source code). Untuk belajar pemrograman bisanya menggunakan text editor bahasa pemrograman atau dikenal dengan IDE pemgoraman sesuai bahasa yang dibutuhkan.

Orang yang menulis atau membuat pemrograman biasanya dikenal dengan Programmer, atau juga Coder (penulis koding), sedangkan kegiatan menulis bahasa pemrograman biasanya di kenal dengan istilah Ngoding, Mrogram, Programing dll. Sedangkan baris bahsa pemrograan yang ditulis oleh Programmer saat Ngoding dikenal sebagai Program, source code dan listing program.

Untuk mempelajari atau belajar bahasa pemrograman biasanya kita perlu berbagai peralatan berupa editor atau tempat untuk menulis bahasa pemrograman. Pada umumnya setiap bahasa pemrograman memiliki IDE khusus dan juga ada IDE atau text editor untuk beberapa bahasa pemrograman sekaligus.

Text Editor Bahasa Pemrograman Terbaik

Text Editor Bahasa Pemrograman Terbaik

Disini saya akan memberikan beberapa text editor bahasa pemrograman yang dapat kalian gunakan sesuai kebutuhan. Pada artikel ini saya membedakan setiap bahasa pemrograman dan IDE-nya agar kalian dengan mudah memahaminya.

Agar text editor berjalan sempurna, pastikan kalian telah membaca syarat dan mengetahui minimal sepsifikasi komputer yang dibutuhkan oleh aplikasi IDE. Tujuannya adalah agar pada saat menjalankan program tidak mengalami crash pada aplikasi atau tidak responding.

Text Edtor Bahasa Pemrograman C/C++

Bagi kalian yang ingin mengetahui IDE untuk bahasa C dan C++ berikut ini saya sajikan. Semoga bisa membantu tean teman semua. Text editor bahasa pemrograman C dan C++ sesuai dengan yang sering digunakan.

Dev C++

Sesuai namanya, tentu aplikasi IDE tang satu ini memang difokuskan untuk pemrograman C dan C++. Aplikasi ini adalah gratis untuk diinstall. Dev C++ ringan untuk dijalankan pada komputer dengan minimum 2 GB RAM.

Dev C++ salah sati IDE C++ yang populer dikalangan programmer. Namun juga perlu diketahui bahwa aplikasi ini terakhir kali di update pada November 2016 silam, sehingga perlu Anda pikirkan untuk memilihnya.

Eclipse

Eclipse adalah salah satu IDE yang multi flatform dan menjadikannya sebagai IDE untuk banyak bahasa pemrograman sekaligus. Eclipse ini bukan hanya untuk C atau C++ tetapi juga berlaku untuk Jawa, PHP dan Android. Aplikasi ini rutin update setiap tahunnya. So, tidak ada keraguan lagi untuk penggunaan eclipse, selain itu gratis untuk digunakan oelh siapapun.

Sistem yang dibutuhkan untuk menjalankan Eclipse:

  • Minimal 2 GB RAM
  • Minimal 1 Gb ruang penyimpanan

Sedangkan sistem yang direkomendasikan admin adalah:

  • 4GB RAM dengan penyimpanan SSD
  • 8GB RAM untuk penyimpanan HDD
  • Prosesor intel generasi 8 (boleh i3, i3 atau i7)
Baca Juga   Deteksi Wajah Secara Realtime Menggunakan Matlab

Untuk cara menginstal sangatlah mudah:

  • Silahkan download aplikasi Eclipse melalui link diatas. Lalu jika sudah selesai silahkan diinstall
  • Pada saat menginstall silahkan pilih Paket C/C++ atau bahasa pemrograman yang diinginan
  • Jangan lupa untuk mengklik tombol persetujuan penggunaan, jika selesai silahkan tutup installernya dan buka aplikasinya
  • Jika tidak menemukan icon/shortcut di dekstop Anda bisa menambahkannya sendiri melalui start menu lalu seret ke dekstop atau gunakan fitur pencarian windows.

NetBeans

Jika mendengar kata NetBeans mungkin banyak orang mengingat Jawa, ya betul. NetBeans pada awalnya adalah IDE untuk java, namun seiring perkembangan teknologi, kini NetBeans dapat digunakan untuk IDE pemrograman C/C++.

Sesifikasi minimal yang diperlukan:

  • 2 GB RAM untuk komputer 32 bit dan 4 GB RAM untuk 64 bit
  • 6 GB penyimpanan

Sedang untuk performa yang bagus Anda membutuhkan minimal 4 GB RAM untuk penyimpanan SSD atau 8 GB RAM untuk HDD.

Visual Studio Code

Visual studio code merupakan multiflatform IDE buatan Microsoft. Selain gratis IDE ini juga open source dan tersedia untuk Windows maupun Linux. Visual studio code bisa digunakan untuk banyak bahasa pemrograman sekaligus.

Pada umumnya VSCode ini lebih banyak digunakan pada editor web programing seperti PHP, JavaScript dan lain sebagainya.

Agar berjalan sempurna, aplikasi ini membutuhkan setidaknya dengan spesifikasi berikut:

  • 2 GB RAM
  • 1 GB penyimpanan

Untuk rekomendasi sama seperti pada bagian Eclipse yang sudah saya bahasa diatas. Perlu diingat, spesifikasi yang saya tampilkan bisa saja berbeda dengan situs resminya.

CLion

CLion adalah IDE C++ buatan JetBrains. Berbeda dengan IDE yang sudah kita bahasa sebelumnya, IDE ini adalah berbayar. Namun kalian tetap bisa menggunaknnya secara gratis.

Spesifikasi minimum yang diutuhkan :

  • 4 GB RAM/ 2 GB free RAM
  • 5 GB penyimpanan
  • Resolusi HD

Sedangkan rekomendasi spesifikasinya adalah:

  • 8 GB RAM
  • SSD penyimpanan
  • Full HD

Visual Studio

Visual Studio adalah editor andalan buatan Microsoft. Aplikasi ini tentu sangat powerfull dalam hal debugging. Visual Studio pada dasarnya IDE yang berbayar, namun kita bisa menikmatinya secara gratis dengan memilih paket Community.

Visual Studio mendukung banyak sekali bahsa pemrograman diantaranya C, C++, Visual Basic, Jawa, Python, Android dan masih banyak lagi.

Tidak disarankan bagi kalian yang punya spesifikasi komputer yang pasa pasan, karena Visual studio membutuhkan resource yang besar agar bekerja dengan bagus.

Adapun spesifikasi minimum yang dibutuhkan Visual Studio adalah

  • 4 GB RAM dengan SSD penyimpanan atau 8 GB RAM untuk HDD
  • Prosesor dengan kecepatan 1,8 Ghz
  • 50 GB penyimpanan hanya jika menginstal Visual studio atau jika Full membutuhkan 210 GB – 500 GB penyimpanan.
  • Pastinya dengan sistem operasi terbaru ya teman teman, baik itu Win 7, 8, 10 intinya yang terbaru.
  • Resolusi HD

Saya kira cukup ya untuk IDE C/C++, biar tidak terlalu panjang kita lanjut untuk bahasa pemrograman yang lain.

IDE atau Text Editor Pemrograman Jawa

Jawa adalah bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan. Jawa juga digunakan dalam bahasa pemrograman android. Daripada bingung berikut ini langsung saja saya tuliskna beberapa IDE untuk Pemrograman Jawa.

Baca Juga   Membuat Emoticon Senyum Menggunakan C++ OpenGL

Perlu kalian ketahui, setiap IDE atau ingin berhubungan dengan Jawa untuk terlebih dahulu menginstall Jawa dan JDK (Jawa Development Kit) sebelum menginstal IDEnya.

IDE yang populer untuk pemrograman java adalah Eclipse, NetBeans, Visual Studio Code. Namun ketiga IDE ini sudah saya jelaskan sedikit pada segmen sebelumnya sehingga saya kira tidak perlu bertele tele saya jelaskan lagi.

Selanjutnya saya tinggal menambahi IDE yang lain yang cocok untuk pemrograman Jawa

IntelliJ IDEA

IntelliJ IDEA adalah salah satu IDE buatan JetBrains yang difokuskan untuk text editor bahasa pemrograman Jawa. IDE ini juga bisa digunakan untuk pemrograman android.

Pada dasarnya IntelliJ IDEA adalah aplikasi berbayar, namun bisa kalian nikmati secara bebas dengan menginstall paket IntelliJ IDEA Community yang memang disediakan secara gratis.

Minimun spesifikasi yang dibutuhkan:

  • 2 GB free RAM / 4 GB RAM
  • 5 GB penyimpanan

Jika ingin performa bagus, silahkan menggunakan spesifikasi 4 GB RAM dengan SSD atau 8 GB RAM untuk HDD.

Masih banyak IDE lain yang bisa digunakan untuk Jawa seperti BlueJ, DrJava, JCreator dan masih banyak lagi. Namun saya kira sudah cukup mewakili.

IDE atau Text Editor untuk Python

Python adalah salah satu bahasa pemrograman tigkat tinggi yang pesat perkembanganya. Bagi Anda yang ingin mencari tahu text editor yang diunakan untuk pemrograman Python langsung saja simak penjelasannya dibawah.

Beberapa IDE yang sudah kita bahas sebelumnya sudah support untuk Python diantaranya VSCode dan Visual Studio.

IDLE Python

IDLE adalah text editor bawaan Python. Jika teman teman menginstal Python maka secara otomatis sudah termasuk didalamya IDLE Python.

Namun bagi kalian yang ingin IDE yang bagus bisa mengginstal text editor lain.

Wings IDE

Wings IDE adalah salah satu text editor bahasa pemrograman untuk Python yang bagus menurut penulis sendiri. Selain itu juga ringat dijalankan. Wings IDE difokuskan untuk bahasa pemrograman Python. IDE ini adalah gratis untuk digunakan.

Adapun minimum spesifikasi yang dibutuhkan adalah

  • 2 GB RAM
  • 5 GB penyimpanan

Untuk performa yang bagus, admin rekomendasikan menggunakan 4 GB RAM dengan penyimpanan SSD atau 8 GB RAM untuk HDD.

PyCharm

PyCharm adalah IDE Python buatan JetBrains. IDE yang satu ini bagus untuk digunakan karena meang pebuatnya terkenal profesional. PyCharm adalah aplikasi berbayar, namun bisa digunakan secara gratis dengan menginstal versi PyCharm Community.

Adapun minimum spesifikasi yang diperlukan adalah:

  • 2 GB RAM
  • 5 GB penyimpanan

Namun, untuk hasil yang maksimal direkomendasikan menggunakan 4 GB RAM untuk SSD dan * GB RAM untuk HDD.

Adapun IDE Python yang lain masih banyak tersedia yang bisa kalian gunakan diantaranya PyDev.

Text Editor untuk PHP, JavaScript, HTML, CSS (Web Programming)

PHP, Javascript, HTML, CSS, XML dan sejenisnya yang dikategorikan kedalam Web Programming memiliki IDE yang hampur sama karena memang sama sama digunakan untuk Web.

Karena itu saya membuat sub pembahasan sekaligus untuk web programming. Ya, kita tahu disaat ini semua serba online, tentu membutuhkan yang namnya website.

Langsung saja kita bahas apa saja Ide atau text editor bahasa pemrograman untuk keperluan Web Programing.

Sebelumnya beberapa IDE yang sudah kita bahasa sebelumnya juga mendukung untuk Web Programming, diantaranya, VSCode, Eclipse, Visual Studio. Selanjutnya text editor lain adalah sebagai berikut:

Baca Juga   Membuat Data Karyawan Menggunakan Web di PHP

Notepad++

Notepad++ adalah text editor yang sederhana tapi tangguh. Rata rata web programmer ketika belajar pasti pernah menggunakan text editor yang satu ini.

Notepad++ ini punya kelebihan yaitu aplikasinya sangat ringan dengan besar file sekitar 5 Mb saja. Selain itu text editor ini mampu membuat jenis file pemrograman apa saja seperti C++, C, java, Python, PHP dll. Caranya adalah ketka menyimpan file kita tinggal menambahkan ekstensi yang diinginkan.

Sublime Text

Sublime text adalah editor gratis selanjutnya yang banyak digunakan untuk Web Programming. Sublime text sangat bagus karena mudah dalam penggunaan seperti akses berkas ketika sedang membuat file.

Kita juga dengan mudah menyusun struktor aplikasi web yang diinginkan. Sublime text juga ringan utuk dijalankan bahkan dikomputer dengan RAM 2 GB sekalipun.

Atom Editor

Atom adalah aplikasi editor selanjutnya yang banyak digunakan dalam web programming. Bentuk dan struktur hampir sama dengan sublime text.

Kita dengan mudah menyusun dan merangkai struktur aplikasi yang kita inginkan. Tampilan yang ramah serta aplikasi yang ringan digunakan. Selain itu Atom adalah aplikasi gratis yang bisa digunakan oleh siapa saja.

Adobe Dreamweaver

Dreamweaver adalah IDE untuk web programming yang bagus dan powerfull. Disini kita bisa melihat langsung bentuk tampilan web yang kita buat.

Namun perlu Anda ketahui bahwa untuk mendapatkan Dreamweaver Anda harus membeli lisensinya terlebih dahulu.

Dreamweaver juga ringan untuk dijalankan. Namun spesifikasi yang direkomendasikan adalah 4 GB RAM agar berjalan dengan lancar.

IDE untuk Bahasa Pemrograman Ruby

Ruby adalah salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berasalh dari jepang. Bagi Anda yang ingin tahu IDE atau text editor bahasa pemrograman Ruby adalah sebagai berikut.

Beberapa IDE yang sudah kita bahasa sebelumnya juga support dan mendukung bahasa Pemrograman Ruby diantaranya VSCode, Sublime Text, Atom, juga Notepad++.

RubyMine

RubyMine adalah IDE atau text editor bahasa pemrograman Ruby yang dibuat oleh JetBrains. IDE ini adalah salah satu IDE yang populer setelah IDE yang disebutkan diatas.

Untuk memiliki IDE ini kalian harus membelinya $8,90 untuk penggunaan personal. Namun Anda juga bisa mendapatkannya secara gratis dengan kategori pelajar dan developer open source.

Kesimpulan

Saya kira ulasan tentang Text editor bahasa pemrograman bisa kita simpulkan. Yang perlu diketahui adalah memilih IDE yang pas dan nyaman untuk kita serta cocok dengan spesifikasi komputer yang kita miliki.

Dari penjelasan kita diatas bisa kita simpulkan beberapa IDE yang digunakan untuk bahasa Pemrograman serta bahasa yang didukung:

  • DevC++ (C?C++)
  • Eclipse (Jawa, C, C++, PHP, XML, JavaScript)
  • VSCode (C, C++, Jawa, JavaScript, PHP, Python, Ruby, Go, dll)
  • CLion (C/C++)
  • NetBeans (java, C, C++)
  • Visual Studio (C. C++, VB, Python, PHP, Android)
  • IntelliJ IDEA (java, Kotin, Android)
  • IDLE Python (Python)
  • Wings IDE (Python)
  • PyCharm (Python)
  • Notepad++ (Multi Support)
  • Sublime Text (PHP, JavaScript, HTML, CSS, Python, Ruby dll)
  • Atom (PHP, JavaScript, HTML, CSS, Python, Ruby, Go dll)
  • Dreamweaver (PHP, JavaScript, XML, HTML, CSS)
  • RubyMine (Ruby)

Tentu semua daftar diatas belumlah lengkap. Kita tahu begitu banyak bahasa pemrograman didunia ini dan belum dimuat di artikel ini. Semoga kedepannya tetap kita muat dan update berkala agar tetap memnuhi sebagai sumber belajar kita bersama.

Sebagai penulis tentu saya membutuhkan saran dan kritik dari teman teman pembaca mengenai topik ini bilamana punya pendapat dan saran membangun demi kebaikan bersama.

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share