7 Tips Aman Belanja Online Jauh Dari Penipu

Aman Belanja Online – Tidak bisa dipungkiri apabila di era zaman digital seperti sekarang ini, masyarakat yang ada di dunia termasuk di Indonesia lebih memilih berbelanja online jika dibandingkan berbelanja offline dikarenakan mempunyai banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan 11 saja ketika kalian berbelanja online, maka kalian tinggal diam di rumah sambil memegangi HP dan selanjutnya kalian tinggal mencari produk. Namun ada kalanya, belanja online bagi para pembeli akan dihadapkan dengan penjual nakal ataupun penipu nakal dan oleh karena itu maka alangkah baiknya Kalian membaca tips aman belanja online agar jauh dari penipu di bawah ini.

Sedikitnya ada 7 tips aman belanja online jauh dari penipu yang akan kami bahas pada artikel kali ini dan bertujuan supaya aktivitas jual beli online kalian lebih nyaman dan juga aman dan dijauhkan dari orang yang tidak bertanggung jawab yang mempunyai niat buruk untuk mengambil keuntungan Semata. Memang setiap hal dipastikan ada negatif dan positif termasuk salah satunya belanja online dimana untuk hal positif dipastikan sangat banyak seperti kalian tidak harus mengantri saat berbelanja, tidak harus kepanasan, tidak harus terlebih dahulu pergi ke pasar atau Mall di mana kalian tinggal duduk manis dan memilih barang yang akan dibeli.

Namun pastinya, dibalik kelebihan belanja online terdapat kekurangan atau hal negatif yang memang pernah dirasakan bagi kalian yang suka sekali belanja online di antaranya adalah tindak pidana penipuan online, barang yang kalian beli tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, terkadang mendapatkan zonk dan juga KW. Maka oleh karena itu, silakan mengikuti langkah dibawah ini agar kalian bisa nyaman dan aman saat berbelanja online.

Tips Aman Belanja Online

Seperti dikutip dari berbagai sumber di internet di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa kalian lakukan supaya aman dan juga nyaman di saat berbelanja online ataupun bertransaksi di beberapa toko online sebut saja toko online shopee, toko online Bukalapak, toko online Tokopedia, toko online jd.id, toko online blibli, dan beberapa toko online lainnya termasuk Lazada.

Melihat status dan reputasi seller

Hal pertama yang harus kalian lakukan ketika ingin berbelanja online yaitu mengetahui reputasi dari si penjual atau seller di mana dengan melihat reputasi dari penjual maka hal ini menjadi background utama apabila penjual adalah penjual amanah sehingga kalian pun akan terhindar dari tindak pidana penipuan.

Misalnya saja ketika kalian akan berbelanja di shopee maka untuk seller yang sudah resmi akan ada tanda khusus dari shopee dan hal ini bisa menjadi acuan untuk kalian.

Belanja di situs online terpercaya

Selanjutnya sangat direkomendasikan ketika kalian ingin membeli barang apapun maka silakan Pilihlah situs online yang memang terpercaya atau toko e-commerce ya memang sudah mendapatkan banyak bebek yang bagus dan salah satunya nya, kalian bisa berbelanja di shopee dan Tokopedia.

Cek detail pada pesanan dan deskripsi

Sebelum kalian melakukan check-out membeli barang di salah satu seller, maka alangkah baiknya kalian terlebih dahulu melakukan pengecekan dengan detail terhadap pesanan yang akan kalian beli dan juga membaca deskripsi dari barang yang akan dibeli Apakah sudah sesuai dengan apa yang kalian inginkan dan pastinya Jangan tergoda dengan harga murah dan apabila memang dijual murah maka kalian tinggal melihat feedback atau review dari yang sudah mau beli apakah bagus atau banyak minus.

Baca Juga   Syarat Memperoleh Bantuan Facebook UKM di Indonesia 2020

Membayar dengan aman

Apabila kalian akan membayar produk menggunakan rekening bank Maka jangan sampai memberikan nomor rekening apapun kepada salam dan jangan sampai membayar di luar toko online tempat jualan sealer seperti membayar melalui WhatsApp ataupun media sosial dikarenakan ketika kalian tertipu maka nantinya kalian tidak akan bisa melakukan laporan kepada toko online tersebut karena kalian sudah melakukan transaksi di luar toko.

Selanjutnya untuk kalian yang membayar dengan menggunakan rekening bank maka harus hati-hati masukkan password tim dan sebagainya supaya tidak ada orang yang menggunakan dan berbuat jahat.

Menggunakan rekening bersama

Apabila kalian membeli barang di media sosial seperti Facebook ataupun forum maka gunakanlah rekening bersama dari seseorang yang memang dipercaya pada grup ataupun forum tersebut dikarenakan hal ini bisa meminimalisir aksi penipuan yang memang sudah sangat akut sekarang ini.

Menghindari pemakaian wi-fi publik

Ketika kalian ingin berbelanja online maka yang harus kalian perhatikan yaitu jangan sampai menggunakan wi-fi publik dikarenakan sangat tidak aman dan disarankan menggunakan wi-fi rumah atau menggunakan paket data.

Menyimpan bukti transaksi

Selanjutnya langkah supaya kalian terhindar dari aksi penipuan online dan juga berbelanja nyaman dan juga aman maka sangat direkomendasikan untuk menyimpan bukti transaksi dikarenakan bisa menjadi senjata ketika kalian menjadi korban tindak pidana penipuan online.

Itulah 7 tips aman belanja online jauh dari penipu yang bisa kalian coba di rumah dan pastinya dengan berbelanja online tersebut, apapun bisa kalian beli dengan harga terjangkau dikarenakan banyak promo yang diberikan di toko e-commerce dan walaupun begitu, kalian pun harus tetap waspada dikarenakan banyak penipu berkeliaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share