4 Tips Menangkap Layar pada Laptop saat Tombol PrintScreen Rusak

Tips-Menangkap-Layar-Pada-Laptop-Saat-Tombol-PrintScreen-Rusak

Tips menangkap layar bisa Anda lakukan dengan mudah walaupun tombol printscreen rusak. Biasanya menggunakan tombol printscreen bisa menangkap layar laptop dengan cepat dan mudah. Kemudian tangkapan layar dapat terlihat baik dan seperti aslinya. Namun jika tombol itu rusak, berarti Anda harus mencari cara lainnya untuk tetap bisa menangkap layar laptop.

Ada beberapa cara mudah untuk mendapatkan tangkapan layar laptop dengan kualitas baik tanpa repot-repot service keyboard. Apalagi jika ternyata hanya satu tombol yang bermasalah. Hal itu hanya akan membuang uang Anda yang berharga. Maka dari itu, lebih baik mencari cara lain untuk tetap mendapatkan hasil tangkapan layar yang baik.

Jika tombol printscreen Anda memang sering rusak bukan berarti ada masalah pada laptop Anda. Bisa jadi tombol itu terkena debu dibagian dalamnya. Jika bisa membersihkannya dengan benar, maka besar kemungkinan tombol dapat digunakan kembali seperti biasanya. Namun jika tombol belum bisa digunakan Anda bisa mencoba tips menangkap layar dengan praktis dan cepat.

Menangkap Layar dengan Snipping Tool

Salah satu cara menangkap layar yang mudah selain menggunakan tombol printscreen adalah menggunakan snipping tool. Caranya cukup mudah, Anda bisa klik icon windows pada bagian bawah pada tampilan taskbar. Kemudian ketik snipping tool maka secara otomatis akan muncul dengan sendirinya, setelah snipping tool muncul klik new.

Tips menangkap layar dengan tombol snipping tool sangatlah mudah. Untuk mendapatkan gambar terbaik Anda bisa menekan pada area yang dipilih kemudian lepaskan. Tangkapan layar akan otomatis terambil pada area yang sudah dipilih. Terakhir Anda tinggal klik file kemudian pilih save as untuk menyimpan hasil tangkapan layar.  

Tangkapan layar menggunakan snipping tool tidak kalah bagus dengan kualitas tangkapan layar dari tombol printscreen. Sehingga dapat digunakan untuk beragam keperluan Anda. Selain itu ukuran hasil juga tidak terlalu besar, sehingga tidak akan memenuhi memori untuk hasil tangkapan yang berkualitas untuk berbagai macam kebutuhan.

Screenshoot dengan On-Screen Keyboard

Selain snipping tool ada lagi cara lain untuk menangkap layar dengan praktis dan mudah.  Caranya dengan menggunakan On-Screen Keyboard atau biasa disebut keyboard virtual. Caranya juga cukup mudah dilakukan tinggal klik icon pada windows kemudian ketik saja On-Screen Keyboard lalu tekan enter. Caranya sama dengan menggunakan keyboard biasa.

Cara menangkap layar melalui tips menangkap layar saat tombol printscreen rusak tetap bisa dilakukan dengan On-Screen Keyboard. Untuk melihat hasil tangkapan Anda bisa membuka Paint atau Microsoft Office lalu tekan CTRL + V pada keyboard bersamaan. Maka hasilnya akan segera muncul sesuai dengan tangkapan layar yang terlihat sebelumnya.

Namun dalam fitur ini hasil tangkapan layar sesuai dengan apa yang terlihat pada layar. Sehingga gambar keyboard juga akan terlihat jika ditampilkan ditengah. Tinggal bagaimana cara kita menyiasati supaya keyboard tidak terlalu menutupi layar. Posisi keyboard bisa digeser ke kanan atau ke kiri sesuai dengan kehendak kita dalam mengaturnya untuk hasil terbaik.  

Menangkap Layar dengan Bantuan Aplikasi

Apabila Anda ingin menggunakan cara lain untuk mendapatkan tangkapan layar berkualitas. maka bisa menangkap layar dengan bantuan aplikasi pendukung. Melalui internet ada banyak jenis aplikasi untuk menangkap layar asalkan Anda melihat terlebih dahulu seperti apa contoh-contohnya di internet. Tips menangkap layar untuk menggunakan aplikasi juga efektif.

Namun Anda harus mencari informasi lebih lanjut di internet mengenai aplikasi untuk menangkap layar apa saja yang aman dan terpercaya. Pastikan juga bahwa hasil tangkapan berkualitas dan ukuran tidak terlalu besar. Selain itu, jangan memilih aplikasi yang terlalu banyak syarat, apalagi jika harus membayar untuk sekedar menangkap layar laptop.

Tips menangkap layar untuk bantuan aplikasi bisa memberikan dampak baik dan buruk tergantung dari aplikasi yang dipilih. Banyak terdapat pilihan yang ada di internet untuk Anda pilih. Sehingga pemilihan yang tepat harus berdasarkan pertimbangan yang akurat. Supaya hasil terbaik bisa Anda dapatkan dengan lebih mudah nantinya.

Hasil Tangkapan Layar Paling Baik Tetap dari Tombol Printscreen

Tidak dapat dipungkiri bahwa cara screenshoot layar laptop dengan cara paling praktis dengan hasil terbaik tetap menggunakan tombol printscreen. Walaupun ada cara lain dengan hasil yang bagus, namun kualitas dan cara terbaik dari tombol printscreen tetap paling bagus. Maka dari itu, Anda harus menjaga segala perangkat laptop Anda dengan baik.

Banyak cara yang bisa digunakan dalam tips menangkap layar, namun akan lebih baik jika menjaga tombol printscreen agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Supaya hasil terbaik dari laptop Anda tetap dapat dinikmati dan dimanfaatkan dengan baik. Apabila Anda sudah memastikan bahwa tombol benar-benar rusak dan tidak bisa dipakai, maka cobalah bersihkan dan perbaiki.

Tombol printscreen memberikan kualitas tangkapan layar yang paling bagus dengan cara paling mudah. Sehingga ketika rusak harus memikirkan cara lain untuk mengakalinya. Beragam cara untuk menangkap layar seperti menggunakan snipping tool, On-Screen Keyboard atau bantuan aplikasi. Beberapa tips menangkap layar sebagai alternatif ini tentu akan sangat bermanfaat bagi Anda saat tombol printscreen rusak.

Baca Juga   Acer Aspire E5-476G: Laptop Gaming Murah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share