3 Tips Menulis Artikel Blog Agar Pembaca Tidak Bosan

Tips menulis artikel blog diperlukan seorang blogger untuk bisa menghasilkan hasil tulisan yang baik pada blognya. Biasanya ini akan menjadi sebuah pertanyaan umum bagi para blogger yang baru saja merintis untuk membuat tulisan dalam sebuah blog. Hal ini wajar, karena memang gampang-gampang susah untuk bisa menghasilkan sebuah tulisan yang bagus.

Tips menulis artikel blog

Kunci utama dari membuat sebuah artikel dalam blog sebenarnya ialah, seorang blogger harus mampu memposisikan dirinya sebagai sahabat bagi pembacanya. Tulisannya harus tertata seolah dia sedang bercerita pada pembacanya secara langsung. Pemilihan katapun harus sesuai dan umum digunakan.  Hal ini berguna untuk menghindari salah tafsir pada pembaca.

Saat ini, menjadi seorang penulis blogger bisa dibilang sudah bukan lagi sebagai penghasil uang tambahan. Karena buktinya, beberapa blogger sukses bahkan bisa menggantungkan kebutuhan hidupnya dari menjadi seorang blogger. Tentu saja, sebelum mereka bisa menjadi seorang blogger yang sukses ada beberapa trik tertentu yang digunakan.

Salah satu trik yang mereka gunakan ialah trik penulisan artikel untuk mengisi blog-nya. Karena, menulis artikel untuk sebuah blog berbeda halnya dengan menulis biasa. Tantangannya adalah Anda harus mampu membaca topik apa yang sedang trend dan digemari oleh Masyarakat. Selain itu, ada beberapa tips menulis artikel blog yang lainnya.

Membuat Artikel dengan Topik dan Penulisan yang Tepat

Tips menulis artikel blog yang pertama ialah dengan memilih topik artikel yang tepat untuk di tulis. Dalam memilih sebuah topik seorang penulis memang harus cerdik dalam memperhatikan situasi sekitar dan mendapatkan topik apa yang tengah hangat di masyarakat. Mengapa harus mencari topik yang sedang hangat?

Topik yang sedang hangat dan banyak diperbincangkan memiliki kemungkinan besar untuk dicari oleh banyak orang di google. Sehingga kemungkinan blog Anda akan dikunjungi menjadi lebih besar. Selain itu, usahakan menggunakan bahasa akrab. Yakni bahasa yang digunakan seolah sedang mengobrol dengan teman akrab.

Namun, jangan lupa untuk tetap memperhatikan kaidah bahasa yang berlaku dalam bahasa tersebut. Jika Anda jarang berbicara menggunakan bahasa Indonesia, atau memiliki bahasa Indonesia yang kurang fasih, kuncinya ialah terus mencoba dan berlatih. Hingga nanti, jumlah kosakata Anda akan bertambah dengan sendirinya.

Ketika Anda telah memutuskan mengambil topik apa, pastikan membaca-baca terlebih dahulu materinya. Karena jika Anda menulis materi yang kurang dipahami, biasanya bahasa yang digunakan sering menjadi kurang nyambung dan kurang enak untuk dibaca. Untuk itu penguasaan topik dalam membuat konten itu sangat penting.

Libatkan Pembaca dalam Artikel

Tips menulis artikel blog yang kedua ialah dengan melibatkan pembaca dalam artikel. Hal yang dimaksudkan ialah, Anda harus pandai menyapa dan menggugah perasaan orang yang membaca artikel yang telah diposting dalam blog Anda. Akan lebih baik lagi jika Anda memiliki nama panggilan tersendiri bagi para pembaca blog Anda.

Misalkan saja, dalam setiap artikel yang ditulis, Anda memanggil pembaca dengan sebutan sobat, bunda, sob, dan panggilan akrab lainnya. Biasanya pembaca akan lebih tersanjung dan nyaman ketika membaca artikel yang Anda buat. Jika Anda hanya terfokus membahas “saya, saya” biasanya pembaca akan malas membacanya.

Pilih Kalimat yang Tepat

Meskipun menulis dengan menggunakan panggilan akrab, tidak baik jika Anda terlalu banyak basa basi dalam artikel. Jika pembahasan memang dituntun panjang, usahakan isi artikel full dengan informasi yang sesuai dengan judul. Hindari terlalu banyak menggunakan kalimat seperti “demikian artikel yang saya buat” dan sebagainya.

Terkadang tips menulis artikel blog tips menulis artikel yang satu ini seringkali diabaikan karena mengejar jumlah kata yang ditargetkan. Demi memenuhi jumlah kata yang ditargetkan, biasanya justru malah menjadi ngaco karena terlalu banyak kalimat tidak penting yang disisipkan ke dalam artikel.

Selain itu, dalam penggunaan gaya bahasa pun harus yang mudah dimengerti oleh pembaca. Karena dalam menulis sebuah artikel, tujuan utamanya ialah menyampaikan informasi kepada pembaca. Jika bahasanya saja sulit untuk dimengerti, bagaimana bisa tujuan dari pembuatan artikel tersebut bisa tercapai.

Mungkin muncul pertanyaan di benak Anda, seperti apa contoh kosakata yang mudah dimengerti? Anda bisa menggunakan bahasa sederhana yang biasa digunakan sehari-hari. Jangan menggunakan istilah-istilah yang maknanya kemungkinan tidak diketahui oleh banyak orang. Dengan begitu, pembaca akan lebih nyaman ketika membaca artikel yang telah Anda tulis.

Hindari Paragraf yang Terlalu Panjang

Ketika Anda menulis sebuah artikel, pastikan untuk tidak menulis paragraf yang terlalu panjang. Hal ini karena pembaca biasanya kurang nyaman dengan paragraf, yang terlalu panjang seperti ini. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menggunakan sub judul atau headling untuk membuat paragraf menjadi lebih tertata dan lebih pendek.

Penggunaan sub judul atau sub headling ini juga bisa membuat isi artikel yang Anda tulis menjadi lebih terarah, dan pembahasan tidak melebar terlalu luas ke sana kemari. Sehingga isi artikel akan lebih fokus pada pada judul. Silahkan mencoba sendiri dan mengikuti tips menulis artikel blog ini dengan baik.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Untuk Pemula 100% Mudah Dipahami

Baca Juga   Cara Diet Cepat dan Sehat Menurunkan Berat Badan 100% Alami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share