6 Tips Sehat Kerja Depan Komputer Yang Jarang Diketahui

6 Tips Sehat Kerja Depan Komputer Yang Jarang Diketahui – Saat ini sudah jamannya bekerja di depan laptop bagi semua orang. Tak hanya untuk para pekerja kantoran saja, namun bahkan banyak juga para freelancer yang harus selalu duduk di depan laptop dan PC komputer mereka selama seharian penuh. Namun, walaupun ada resiko yang harus ditanggung, anda sebaiknya mengetahui Tips Sehat Kerja Depan Komputer yang akan kami bahas pada penjelasan kali ini.

Tips Sehat Kerja Depan Komputer bisa anda lakukan terutama bagi anda yang memang harus menghabiskan banyak waktu di depan PC atau laptop. Minimnya aktivitas untuk bergerak, hal ini terkadang membuat mata menjadi lelah jika harus secara terus menerus menatap di depan layar laptop selama seharian penuh. Akibatnya, jika tidak tahu bagaimana cara untuk mengatasinya, hal ini menyebabkan datangnya banyak permasalahan bagi kesehatan mereka.

Khusus untuk mereka yang kegiatannya selalu bekerja di depan laptop selama seharian penuh, maka akan lebih baik jika Anda harus lebih bisa untuk menyesuaikan kegiatan Anda dengan baik. Agar nantinya Anda bisa terhindar dari masalah kesehatan, misalnya saja seperti permasalahan di bagian mata, sendi, dan sakit punggung.

Tips Sehat Kerja Depan Komputer

Nah, di bawah ini adalah tips sehat untuk Anda jika Anda selalu bekerja di depan laptop sepanjang hari, antara lain:

Aturlah Jarak Pandang dengan Layar Laptop

Anda harus bisa mengatur jarak pandang mata Anda terhadap layar laptop yang Anda gunakan. Bila nanti jarak pandangnya tidak seimbang, hal ini akan membuat terjadinya permasalahan pada mata dan juga persendian. Misalnya saja dapat berisiko mengalami masalah pada sakit leher, sakit bahu, dan bisa mengalami mata kering.

Baca Juga   Cara Mengobati Penyakit Batu Ginjal

Perbanyak Minum Air Putih

Tidak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh Anda saja. Namun, dengan mengkonsumsi air putih yang cukup ini akan membuat kelembaban kulit Anda bisa menjadi lebih terjaga. Di samping itu, dengan mengkonsumsi air putih yang banyak inilah yang nantinya akan membuat Anda harus sering pergi ke kamar kecil. Otomatis, secara tidak sadar hal ini sama saja telah membantu Anda untuk menggerakkan tubuh Anda selain harus duduk terus dan berada di depan laptop Anda.

Nyalakan Alarm Setiap 1 Jam Sekali

Luangkan waktu Anda sedikit saja untuk menggerakkan tubuh Anda tersebut sesekali mungkin. Hal yang seperti ini penting sekali dan sangat Anda butuhkan agar otot bisa diregangkan dan aliran darah pun juga bisa berjalan lebih lancar. Maka dari itulah, biasakan untuk menyalakan alarm setiap 1 atau 2 jam sekali saja. Anda tidak harus melakukan kegiatan yang sulit.

Cukup buat aktivitas seperti mengelilingi ruangan kerja Anda atau menuruni tangga secukupnya. Otomatis hal ini akan membuat otot mata Anda menjadi lebih rileks dan tidak tegang.

Berjalan Kaki atau Naik Tangga

Bila Anda merupakan orang kantoran yang pekerjaannya berada di gedung yang bertingkat tinggi, maka sebaiknya turun saja 2 lantai sebelum Anda ke dalam ruangan Anda tersebut. Selanjutnya, naik lagi 2 lantai untuk kembali ke ruangan Anda tersebut memakai tangga. Selain itu, Anda juga bisa memilih tempat parkir yang sedikit jauh. Sehingga, ada kesempatan untuk Anda untuk melakukan aktivitas dengan cara berjalan kaki.

Aturlah Tampilan Layarnya

Memang benar jika sering bekerja di depan laptop dan menatap layar monitornya itu dapat mengakibatkan terjadinya mata minus. Maka dari itulah, sebaiknya atur juga besaran dari ukuran layar laptop Anda. Jangan terlalu terang dan jangan terlalu kecil. Karena itu bisa membuat mata menjadi lelah dan menyebabkan terjadinya sakit kepala.

Baca Juga   Cara Alami Menyembuhkan Mata Rabun

Sesekali Berkedip

Langkah ini cukup sederhana dan dapat menghindari terjadinya permasalahan pada mata Anda jika Anda bekerja di depan laptop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share