Tutorial Aplikasi Zoom, Aplikasi Video Conference untuk Virtual Meeting

Ditengah wabah Covid-19 saat ini, diterapkan sistem WFH sehingga banyak pekerja yang mencoba tutorial aplikasi Zoom tanpa harus bertatap mula langsung. Aplikasi ini sangat memudahkan para pekerja untuk tetap mengerjakan pekerjaanya dengan baik, serta mengadakan rapat secara virtual.

Tutorial Aplikasi Zoom

Aplikasi Zoom merupakan aplikasi video conference terbaik untuk para karyawan yang sedang WFH. Aplikasi ini sangat bermanfaat dan dapat mensupport perangkat dengan memori penyimpanan terbatas. Zoom bisa digunakan untuk android maupun PC dengan ukuran file yang ringan.

Cara Menggunakan Zoom di PC

PC atau laptop menjadi perangkat penting untuk menunjang pekerjaan. Terutama ditengah pandemi virus saat ini yang mewajibkan Anda untuk tetap dirumah. PC dapat mendukung aplikasi yang lebih lengkap dan banyak, salah satunya aplikasi Zoom. Serta tampilan PC juga lebih lebar sehingga meeting bisa berjalan dengan lancar dan jelas. Jika Anda belum mempunyai aplikasi ini, Anda bisa menginstallnya dengan mengikuti tutorial aplikasi Zoom sebagai berikut.

  1. Kunjungi situs zoom.us , dan lakukan registrasi menggunakan akun email.
  2. Pada menu utama, pilih Mu profile, dan isi semua data diri Anda dengan lengkap, termasuk personal meeting ID untuk mengundah peserta meeting.
  3. Salin ID meeting tersebut dan bagikan ke peserta yang ingin Anda undang untuk meeting. Semua peserta meeting tidak perlu mempunyai akun Zoom.
  4. Tutorial aplikasi Zoom selanjutnya peserta harus mengklik ID tersebut, agar bisa bergabung dengan video conference yang Anda adakan.
  5. Setelah semua peserta sudah hadir, Anda bisa memulai meeting tanpa harus bertatap muka.

Cara Menggunakan Zoom di Android

Agar meeting lebih praktis, cepat dan mudah, Anda bisa menggunakan perangkat android. Karena aplikasi Zoom sudah mendukung sistem konsol untuk android. Anda bisa menginstall aplikasi tersebut dan digunakan untuk mengadakan video conference bersama karyawan ditengah wabah covid 19 saat ini. Tutorial aplikasi Zoom untuk perangkat android yaitu:

  1. Buka aplikasi playstore dan cari aplikasi Zoom, install pada perangkat Anda.
  2. Lakukan sign up dengan akun facebook atau email yang masih aktif.
  3. Pilih menu setting dan pilih personal meeting ID untuk mengundang karyawan yang mengikuti meeting.
  4. Share ID tersebut ke semua karyawan agar bisa diklik dan bergabung secara otomatis.
  5. Saat semua karyawan yang diundang sudah hadir, Anda bisa memulai meeting secara virtual menggunakan Zoom.

Cara Bergabung ke Meeting

Selain menggunakan aplikasi Zoom, Anda juga harus mengetahui cara bergabung atau join ke meeting tersebut. Anda bisa memperhatikan tutorial aplikasi Zoom untuk join meeting agar bisa bergabung dan mengikuti meeting dengan baik bersama karyawan lain. Sebelum bisa join, Anda harus mempunyai aplikasi Zoom pada PC atau android.

Jika aplikasi Zoom sudah terpasang, Anda bisa mengikuti langkah berikut untuk join instant meeting.

  1. Buka aplikasi Zoom yang sudah diinstall. Untuk sekedar join, Anda tidak perlu membuat akun pada aplikasi Zoom.
  2. Pilih join meeting pada jendela yang sudah ada dalam aplikasi. Saat ada orang lain yang mengirimkan ID meeting ke Anda, maka secara otomatis muncul jendela konfirmasi kehadiran tersebut.
  3. Isi ID meeting sesuai video conference yang ingin Anda ikuti. Dan Anda akan langsung diarahkan pada meeting tersebut.

Cara Mengatur Jadwal Meeting

Jika Anda ingin mengadakan pertemuan virtual, Anda harus mengatur jadwal meeting terlebih dahulu. Anda bsisa menentukan jadwal meeting kapan saja dengan tutorial aplikasi zoom. Pastikan jadwal tersebut sesuai dengan jam kerja atau operasional agar semua karyawan yang diundang bisa hadir. Untuk mengatur jadwal meeting video conference tersebut bisa dilakukan dengan cara berikut.

  1. Sign in ke aplikasi Zoom melalui PC atau android.
  2. Pilih menu bergambar kalender, dan setting meeting sesuai kebutuhan.
  3. Anda harus mengatur tanggal meeting, topik pembicaraan meeting, audio, video serta kalender yang digunakan selama meeting.
  4. Pilih menu schedule untuk mendapatkan ID meeting. ID meeting tersebut bisa dishare ke semua karyawan yang Anda undang dalam meeting.

Cara Menjalankan Meeting tanpa Video

Selain digunakan untuk mengadakan video conference, aplikasi Zoom juga menyediakan layanan meeting tanpa video. Anda bisa melakukan meeting hanya melalui suara atau audio saja. Aplikasi Zoom menyediakan beberapa pilihan untuk memulai meeting sesuai kebutuhan Anda. Tutorial aplikasi Zoom untuk memulai rapat adalah sebagai berikut.

  1. Masuk ke aplikasi Zoom Anda dan pilih menu start with no video.
  2. Anda bisa memilih audio conference untuk meeting dengan audio dan tanpa membagikan konten Serta menu Share screen untuk membagikan konten melalui audio.
  3. Pilih invite others untuk mengundang peserta untuk bergabung dengan meeting tanpa audio.

Fungsi utama aplikasi Zoom adalah untuk mengadakan meeting secara virtual. Aplikasi ini mempunyai fitur yang canggih dan dapat memuat 100 peserta dalam sekali meeting, serta dilengkapi dengan fitur dropbox untuk berbagai dokumen. Bagi Anda yang belum mengetahui aplikasi ini, Anda bisa mempraktikkan tutorial aplikasi Zoom di atas.

Baca Juga : 4 Cara Download Video Youtube

Baca Juga   Cara Mendownload Video Facebook Melalui HP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share